Pengetahuan

Mengenal Karakteristik Senapan AK Buatan Russia dan Senapan M Buatan America

Selama beberapa dekade terakhir ini, para pencinta senjata di seluruh belahan dunia saling memperdebatkan tentang senapan serbu mana yang lebih baik di dunia. Kali ini fokus kepada dua senjata senapan dari dua negara besar yaitu Rusia dan Amerika. Ma

Abdul Rahim Tanjung7 Oktober 2021

Senapan yang ada di belahan dunia ini memiliki ciri khasnya. Bentuknya berupa model, keunggulan, kelemahan atau kecepatan dalam melemparkan peluru di dalam senapan. Di dunia terdapat dua negara sebagai pemasok senjata senapan, yaitu Rusia dan Amerika.

Rusia memiliki jenis senapan AK mulai dari

  • tipe AK
  • tipe AKC
  • tipe AKM
  • tipe AKMC
  • dan masih banyak tipe lain.

Sementara Amerika memiliki jenis senapan M mulai dari

  • tipe M-4
  • tipe M-14 Sopmod
  • tipe Titan-308 Long
  • dan masih ada tipe lainnya.

 

Kelebihan dan Kekurangan Senapan AK Made in Russia

senjata AK-47
Sumber: Kalaschnikow - 60 terrorbars I www.bing.com

AK adalah senjata terbaik dalam masalh perawatan senjata maupun pengunaan di medan perang. Senapan AK merupakan senapan yang sangat bagus yang diproduksi oleh negara Rusia. Senapan AK dapat mengeluarkan tembakkan dari ribuan amunisi yang dimilikinya. Selain itu, senapan AK dapat mengganti laras serta suku cadang dengan yang baru. Itu merupakan fitur yang sangat bagus yang dimiliki senapan AK.

Walaupun sudah kuno, tetapi senapan AK tetap bagus di dalam medan pertempuran. Pada saat yang sama, senapan AK pasti tidak akan direkomendasikan. Terutama senapan AK yang sudah berumur tua. Pasukan massal memaki senjata ini karena andal, dapat dibawa ke rawa-rawa untuk menyerang musuh. Kelebihan lain terletak dari sistem mekanisme karena dapat beroperasi dalam lumpur. 

Senapan AK dipilih apabila digunakan di hutan, rawa, atau daerah pegunungan. Prajurit khusus akan membawa senapan AK ke tempat  berlumpur, karena dirancang untuk adaptif. Walau dilindas oleh truk berkali-kali, AK masih bisa digunakan kembali. Hal itu menjadi bahan pertimbangan dan mustahil dapat dilakukan oleh senjata jenis lain.

Seorang prajurit dapat dipersenjatai dengan senapan AK dan bisa bertarung dengan senjata tersebut. Bahkan setelah digunakan puluhan tahun, senapan AK tetap akan menghasilkan tembakan yang bagus. Senjata tersebut dibuat sekali untuk selamanya. Berbeda dengan senjaya buatan negara lain membutuhkan perawatan yang konstan atau berkelanjutan. Hal itu dikarenakan senapan AK terbuat dari baja dan lebih berat bobotnya.

Kelebihan dan Kekurangan Senapan M Made in America

sENAPAN m-16
Sumber: Sekilas Tentang Senapan Serbu SS1 - M Series I www.maritimnews.com

Senapan M merupakan senjata terbaik untuk digunakan pada operasi di wilayah perkotaan. Senapan M ini memiliki tembakan yang akurat, rendah rekoil dalam aksi pertempurannya. Seorang prajurit bisa menyesuaikan penggunaan senapan M sesuai dengan keinginannya. Senapan serbu M tinggi akurasi dan ergonomi, rendah rekoil, dan nyaman digunakan

Seorang prajurit dapat mengatur ulang senapan M dengan cara yang di inginkan. Selain itu, pemicu bisa  lebih halusm yang berdampak pada peningkatan kemampuan dalam menembaknya. Senapan M bisa dipasang optik dan gawai terbaik. Dan mampu melakukan tembakan pada titik target yang sama setelah  200 - 300 kali tembakan. 

Kerataan peluru senapan M (seberapa jauh peluru akan jatuh pada jarak tertentu) lebih tinggi daripada peluru AK. Khususnya pada saat menembak dari jauh (250 - 300 meter). Senapan M memiliki bobot yang lebih ringan karena senapan ini terbuat dari alumunium. Senapan M hanya beroperasi secara efektif di tangan seorang prajurit terlatih.

Kelemahan senapan M adalah tidak bisa digunakan di medan tempur yang rumit. Senjata ini dibuat khusus untuk area medan pertempuran perkotaan. Selain itu, senapan M bisa terbakar setelah 200 - 300 tembakan secara berturutan. Makanya senapan ini tidak disarankan untuk perperangan di medan tempur yang rumit.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait