Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Mahasiswa Baru Wajib Tahu "Mengapa Harus Teknik Metalurgi? - Part 1"

Universitas yang berada di Indonesia beberapa diantaranya memiliki program studi atau departemen teknik metalurgi. Program studi atau departemen teknik metalurgi sering menjadi bagian diantara salah satu program studi atau departemen yang menjadi favorit di kalangan calon mahasiswa baru. Apakah pilihan para calon mahasiswa baru yang memilih ini sudah matang atau belum akan dilihat saat perkembangan nya di kampus tersebut apabila diterima atau lolos. Lalu, apakah para calon ini sudah mendapat gambaran luas tentang teknik sipil? Jika belum, kuy lanjut bacaannya ... !!!

Metalurgi adalah salah satu bidang ilmu dan teknik bahan yang mempelajari tentang perilaku fisika dan kimia dari unsur-unsur logam, senyawa-senyawa antar logam, dan paduan-paduan logam yang disebut aloi atau lakur. Pendidikan sarjana program studi Teknik Metalurgi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam menentukan dan merekayasa, memproses pembuatan dan mengendalikan sifat – sifat material logam maupun non logam. Kurikulum yang berlaku pada Teknik Metalurgi mengacu kepada permasalahan yang terkait dengan metalurgi dan desain material, proses pembentukan material, selanjutnya ditujukan secara spesifik untuk kebutuhan industri.

Selain itu, capaian yang harusnya didapat oleh para mahasiswa teknik metalurgi adalah:

1. Mengetahui tentang bagaimana cara memisahkan mineral berharga dari mineral pengotornya di dalam bijih hasil penambangan agar siap untuk diekstraksi secara teknis dan ekonomis. Termasuk dalam proses tersebut misalnya pencucian batubara, pengambilan logam berharga dan memurnikannya menjadi logam murni, misalnya emas, perak, timah, tembaga, aluminium.

2. Mengetahui bagaimana cara memadukan logam dengan unsur lain untuk membentuk paduan logam, misalnya baja, besi cor, paduan aluminium, kuningan, paduan nikel, superalloy.

3. Mengetahui bagaimana cara pembentukan logam serta memperbaiki struktur mikro paduan logam melalui perlakuan panas untuk mendapatkan sifat-sifat yang diperlukan dalam aplikasi.

4. Mengetahui bagaimana hubungan antara struktur mikro dengan sifat logam dan paduannya, misalnya pengaruh partikel karbida terhadap kekuatan dan ketahanan korosi baja.

Untuk memberikan bekal pengetahuan praktek di bidang industri nya, maka selama masa perkuliahan sebaiknya mahasiswa teknik metalurgi melakukan kunjungan ke perusahan yang bergerak dalam bidang industri. Bersambung...!!!

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Abdul

Universitas Teknologi Sumbawa

Sumbawa Besar

“1 kata dapat merobek 1 jiwa, 1 kalimat dapat mematahkan +1000 jiwa”