Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Program Studi Teknik Mesin Terbaik Asal Kampus Indonesia Yang Mendunia

Teknik Mesin merupakan program studi atau jurusan atau departemen yang sudah sangat tua seiring berkembangnya jurusan-jurusan lain di Indonesia. Wajar saja sekarang ini Teknik Mesin menjadi salah satu jurusan terfavorit di Indonesia. Hal itu dikarenakan sudah banyaknya karya yang dihasilkan secara nyata. Lalu kampus mana saja di Indonesia yang memiliki program studi teknik sipil terbaik? ayo lanjutkan membacanya...!!!

Indonesia memiliki banyak sekali tersebar kampus dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari kampus yang berstatus negeri maupun swasta. Terdapat banyak jenis jurusan yang ada di masing-masing kampus tersebut. Bahkan dibeberapa kampus memiliki jurusan yang terbaik salah satunya adalah Teknik Mesin. Lalu kampus mana sajakah yang memiliki jurusan Teknik Mesin terbaik di Indonesia:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menunjukkan kualitas pendidikannya di bidang keteknikan dengan mendapatkan akreditasi internasional yaitu  Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET). Terdapat 4 program studi yang mendapatkan akreditasi dari ABET yang diantaranya adalah program studi Teknik Mesin.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi salah satu kampus di Indonesia yang memiliki akreditasi berskala internasional, yaitu Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN). Diantara jurusan yang terakreditasi oleh ASIIN adalah jurusan Teknik Mesin yang terakreditasi pada tahun 2017.

3. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia memiliki departemen teknik mesin yang sudah terakreditasi oleh Asean University Network (AUN) pada tahun 2008 dan menjadi Program Studi yang pertama di UI dan di Indonesia yang memperoleh akreditasi Internasional. Departemen Teknik Mesin Universitas Indonesia juga telah berhasil memperoleh sertifikasi internasional dalam Manajemen Mutu ISO 9001:2000 sebagai wujud komitmen dalam pengelolaan manajemen yang berkualitas demi kualitas akademik yang baik dan kepuasan stakeholder.

4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) telah mengantongi sertifikat dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) pada program studi Teknik Mesin pada tahun 2018.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret menjadi bagian yang memiliki program studi teknik mesin yang terakreditasi secara internasional oleh ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) pada tahun 2018.

6. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro memiliki program studi yang telah terakreditasi internasional salah satunya adalah program studi teknik mesin. Pencapaian ini diberikan oleh lembaga akreditasi internasional ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

Itulah ke-6 kampus Indonesia dengan jurusan teknik mesin yang telah mendunia sejak awal tahun 2000-an dan bahkan ada yang baru mendapatkannya dan ada juga yang sedang mempersiapkannya.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Abdul

Universitas Teknologi Sumbawa

Sumbawa Besar

“1 kata dapat merobek 1 jiwa, 1 kalimat dapat mematahkan +1000 jiwa”