Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Renovasi Masjid Istiqlal: Yang Terbesar Ke-3 Di Dunia

Siapa sih yang tidak tahu masjid istiqlal? Ternyata kabarnya masjid istiqlal ini akan dilakukan renovasi oleh Kementerian PUPR. Masjid istiqlal yang dimiliki Indonesia ini memiliki daya tampung sekitar 250.000 jamaah. Sebab dari itulah masjid istiqlal adalah masjid ke-3 terbesar di dunia. Lalu bagian-bagian apa sajakah yang akan dilakukan renovasi? mari disimak!

Renovasi yang akan dilakukan pada masjid istiqlal tidaklah dilakukan secara besar-besaran. Karena, masjid istiqlal merupakan salah satu cagar budaya. Maka dari itu bentuk secara fisik yang ada sekarang tidak lah diubah, melainkan hanya akan di percantik saja. Renovasi masjid istiqlal meliputi:

1. Penataan kawasan

2. Arsitektur

3. Interior

4. Renovasi sistem mekanikal, elektrikal dan plumbing (MEP)

5. sign

Selain mempercantik bentuk arsitektur nantinya akan dilakukan penerapan teknologi, peningkatan keamanan, kenyamanan dan lain sebagainya. Terdapat tiga zona yang akan menjadi fokus penataan dan rencana renovasi masjid istiqlal yaitu:

1. Zona utama sebagai area kegiatan masjid dan kegiatan sosial.

2. Zona pendukung sebagai penunjang pedestrian berupa taman dan plaza publik

3. Zona publik

Sudah sewajar nya sebagian titik di lokasi masjid istiqlal dilakukan perawatan atau renovasi sepenuhnya apabila terdapat bagian yang mulai menunjukkan kerusakan atau sejenisnya. Dikarenakan hal itu untuk membuat para jamaah yang hadir di masjid istiqlal menjadi nyaman dan aman.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Abdul

Universitas Teknologi Sumbawa

Sumbawa Besar

“1 kata dapat merobek 1 jiwa, 1 kalimat dapat mematahkan +1000 jiwa”