Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Untuk Pertama Kali, Indonesia Memiliki Lembaga Akreditas Internasional Khusus Program Studi Teknik

Sudah sejak lama pendidikan teknik di Indonesia memiliki capaian akreditasi nya masing-masing. Mulai dari skala nasional maupun internasional. Yang kita ketahui untuk skala nasional ada BAN-PT, sedangkan untuk skala internasional ada ABET, JABEE, AUN-QA, dan lainnya. Lantas ada yang beda lagi di Indonesia dari lembaga akreditasinya, mari kita simak...!!!

Sejak tahun 2015, mulai dilakukan proses pembentukan lembaga akreditasi internasional khusus bidang keteknikan di Indonesia. Namun, akhirnya capaian tersebut berhasil dan terbentuklah lembaga akreditasi internasional milik Indonesia dengan nama Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). Lembaga akreditasi ini memiliki tujuannya yaitu untuk memberikan jaminan terlaksananya program pendidikan berbasis hasil seperti tenaga profesional keteknikan berkualitas tinggi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Direktur Jenderal Kelembagaan dan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI), Patdono Soewignjo mengungkapkan bahwa peran dari lembaga ini begitu sangat penting, sehingga nantinya dibutuhkan tenaga keteknikan yang berkompeten dan diakui nasional serta internasional. IABEE ini adalah sebuah proyek kerjasama teknis antara Badan Kerjasama Internasional Jepang (JICA) dengan KEMENRISTEKDIKTI sejak 2014 lalu. Saat ini lebih kurang 2500 prodi keteknikan ada di Indonesia, IABEE telah menyusun beberapa kriteria dan instrumen akreditasi untuk 30 prodi seperti teknik sipil, teknik elektro dan teknik industri. Sementara dari 2500 prodi teknik yang ada, baru 5 prodi dari 3 kampus besar yang terakreditasi A.

Ketua umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Hermanto Dardak sangat menyambut baik kehadiran dari IABEE. Hal itu agar lahir lulusan prodi teknik Indonesia berstandar dunia dan IABEE akan menjadi salah satu standar kualitas di kampus-kampus yang membuka prodi keteknikan. Dengan adanya IABEE juga Indonesia ke depannya akan memiliki lebih banyak akses dalam jaringan profesional dunia.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Abdul

Universitas Teknologi Sumbawa

Sumbawa Besar

“1 kata dapat merobek 1 jiwa, 1 kalimat dapat mematahkan +1000 jiwa”