Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

10 Tips Untuk Sukses Menjadi Engineer

Sukses merupakan impian semua orang, sukses pula yang memotivasi seseorang untuk bangkit dan terus berjuang untuk mencapai titik kesuksesan, selain itu pula ada banyak cobaan dalam mencapai kesuksesan

Ada banyak bidang yang dapat Anda ambil untuk menjadi seorang Engineer yang sukses dan ada banyak bidang yang harus diselesaikan. Apa pun jalan yang Anda ambil, bagaimanapun, 10 tips berikut akan membantu Anda membangun karier yang sukses.

1. Tentukan Tujuan Anda

Proyek rekayasa yang berhasil tidak terjadi secara kebetulan begitu pula karier teknik yang sukses juga tidak terjadi secara kebetulan. Oleh karena itu, tentukan di mana Anda ingin menjadi Engineer dalam jangka menengah dan panjang. Anda tidak membuat komitmen yang tidak dapat dilanggar saat Anda melakukan ini, tetapi itu akan membantu Anda tetap fokus dan bergerak maju. Selain itu, periksa kemajuan Anda secara berkala untuk mencapai tujuan Anda.

2. Berkomitmenlah pada Pengembangan Profesional Berkelanjutan

Untuk mengikuti perkembangan zaman yang berubah dengan cepat maka anda harus meningkatkan kualitas anda untuk menghadapi , Anda harus terlibat dalam pengembangan profesional berkelanjutan. Dengan kata lain, Anda harus memperoleh keterampilan baru dengan antusias sambil terus mencari peluang pengembangan profesional baru.

3. Bekerja untuk Meningkatkan Softskill

Seperti pada artikel sebelumnya tentang softskill yang harus dimiliki Anak Teknik, dalam mencapai sukses besar softskill merupakan bagian yang tida terpisahkan. Banyak Engineer memfokuskan upaya pengembangan profesional mereka dalam meningkatkan keterampilan teknis mereka. Namum, kalian harus tauxpentingnya soft skill, seperti komunikasi, kerja tim, dan keterampilan presentasi. Anda juga harus meluangkan waktu untuk memperoleh dan meningkatkan keterampilan penting seperti ini.

4. Memahami Bisnis

Orang-orang yang membuat keputusan pada proyek yang Anda kerjakan, kemungkinan besar, melakukannya dari perspektif bisnis. Akibatnya, mereka lebih tertarik pada laba atas investasi dari pada dengan pendekatan inovatif yang Anda ambil untuk memecahkan masalah mereka. Anda tidak harus menjadi orang bisnis, tentu saja, tetapi itu membantu jika Anda memahami apa yang membuat para pengambil keputusan berdetik.

5. Melakukan Perubahan

Kemajuan pesat dalam teknologi dan pemikiran tidak berarti apa-apa dalam bidang teknik, terutama jika Anda terlibat dalam rekayasa perangkat lunak, teknik otomatisasi, dan bidang serupa. Anda harus bersikap fleksibelitas dalam perkembangan yang cepat ini dan sehingga anda tidak pernah terjebak dalam sikap "begitulah cara kami selalu melakukannya". Sebaliknya, selalu fleksibel sehingga Anda siap untuk selalu ditempatkan diposisi manapun itu.

6. Bekerja Keras

Tidak ada orang yang sukses tanpa bekerja kerja keras. Ini berlaku untuk setiap industri dan jenis pekerjaan, termasuk teknik. Seperti yang disampaikan Thomas Edison, penemu hebat. Dia berkata: "Genius adalah satu persen inspirasi dan 99 persen keringat."

7. Tetap Optimis

Teknik sering tentang pemecahan masalah, jadi penting untuk memiliki sikap yang dapat melakukan, optimis. Tentu saja, Anda harus realistis juga, tetapi tetap optimis ketika menghadapi tantangan akan membawa Anda jauh.

8. Identifikasi Model Peran dan Mentor

Anda dapat belajar banyak dari model peran dan mentor untuk membantu Anda mengembangkan karir Anda lebih jauh. Ini bisa menjadi insinyur terbaik di perusahaan tempat Anda bekerja, misalnya. Anda dapat memformalkan hubungan mentoring, tetapi tidak harus formal. Sebaliknya, Anda dapat berbicara dengan mereka, mengajukan pertanyaan, bekerja pada tim atau proyek yang juga terlibat dengan mereka, dll. Anda juga dapat mencari inspirasi dari model peran di luar perusahaan Anda, termasuk para pemimpin industri. Ketika melakukan ini, jangan hanya melihat karya rekayasa besar yang mereka lakukan, tetapi juga bagaimana mereka menjadi sukses.

9. Tetap Fleksibel

Teknik adalah bidang yang sangat luas dengan banyak peluang. Anda harus tetap berpikiran terbuka, karena itu, tentang kemana karir Anda akan membawa Anda. Bahkan, Anda bisa melakukan peran pekerjaan dalam 10 tahun yang bahkan tidak ada saat ini. Juga, industri yang mungkin tidak pernah Anda pertimbangkan dapat memberi Anda peluang yang signifikan. Poin di atas mengatakan Anda harus menentukan tujuan Anda, tetapi Anda harus tetap fleksibel dalam implementasinya.

10. Fokus Pada Jangka Panjang

Anda bisa menjadi insinyur yang baik dalam waktu yang relatif singkat, tetapi keberhasilan nyata (yaitu mencapai tujuan yang Anda identifikasi pada poin sebelumnya di atas) membutuhkan waktu. Anda harus melihatnya sebagai maraton, bukan lari cepat.

Apa pun tahapan yang Anda tempuh dalam karir Anda, 10 kiat di atas akan membantu Anda lebih dekat dengan kesuksesan yang ingin Anda capai.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

M. Afffandi

Politeknik Negeri Bengkalis

Riau-Indonesia

“"Dream, Plan, Do It"”