Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Jurusan-Jurusan Teknik Paling Banyak Diminati

Saat masih duduk di bangku sekolahan pernah terbayang mau lanjut kemana ? kuliah dikampus mana ? jurusan apa ? semua pasti kalian bayangkan kan.

Apa yang terlintas dalam fikiranmu ketika mendengar kata “Anak Teknik” ? Apakah sekumpulan mahasiswa yang selalu galau dengan tugas? Atau, mahasiswa-mahasiswa penghuni kampus yang suka main sama alat-alat aneh?. Hm..gak ada yang salah sih. Anak teknik emang seru dan terkenal karena keunikanya. Selain itu, anak teknik juga popular berkat prestasi dan prospek kerjanya yang cemerlang. Penghasilan seorang lulusan teknik bisa dibilang tinggi dengan jumlah lowongan pekerjaan yang terus meningkat. Well, kamu tertarik dengan jurusan teknik juga? Waktunya mempertimbangkan beberapa jurusan teknik paling diminati dibawah ini.

Jurusan Petroleum Engineering atau Teknik Perminyakan

Teknik Perminyakan adalah salah satu jurusan di perguruan tinggi yang berfokus kepada tambang minyak, gas, dan panas bumi. Aktifitas dalam jurusan ini meliputi kegiatan pengeboran, eksplorasi, distribusi dan ekonomi migas. Teknik Perminyakan mempelajari bagaimana menambang fluida (cairan dan gas). Teknik perminyakan juga mempelajari sistem yang berhubungan dengan bangunan rig lepas pantai yang sering digunakan dalam eksplorasi minyak lepas pantai dan juga teknologi pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi. Konon, lulusan jurusan teknik ini punya pendapatan terbesar.

Jurusan Computer Engineering atau Teknik Komputer

Kebanyakan orang berfikir teknik computer itu akan buat atau Cuma ngotak atik komputer. Padahal tak sesedarhana itu. Seorang mahasiswa teknik computer juga harus lihai dalam masalah analisa, tes devices dan bahkan pemrograman. Sehingga sebenarnya anak teknik computer itu punya paket lengkap skill.

Jurusan Chemical Engineering atau Teknik Kimia

Keberadaan dan penggunaan bahan kimia sudah terlanjur mendarah daging. Dari plastik, kebutuhan sehari-hari dan obat-obatan telah banyak diproduksi dari bahan kimia. Nah, kelayakan dan proses pembuatan ini menjadi tanggung jawab anak teknik kimia. Jadi wajar kalau mereka digaji mahal !

Jurusan Civil Engineering atau Teknik Sipil

Dulu sih keberadaan gedung-gedung pencakar langit itu langka. Tapi tidak lagi sekarang. Yap, pembangunan infrastruktur semakin gencar dan merata. Banyak ahli teknik sipil yang ditunggu karyanya. Tak Cuma mempastikan bahwa design bangunan bagus, namun juga harus aman dan tidak merusak lingkungan.

Jurusan Electrical Engineering atau Elektronika Industri

Nih, anak teknik yang bakal ahli dalam bidang kelistrikan dan instalasi. Di Teknik Elektronika Industri ada beberapa materi pokok yang akan di pelajari. Mulai Dari elektronika umum (Mulai dari komponen komponen yang di gunakan beserta fungsinya,Cara Mendesign Layout Pcb, hingga cara mencetak Pcb), mikrokontroler dan juga mikroprocessor, pneumatic dan juga plc, programing berbasis komputer, sampai dengan pemrosesan sinyal. Wah banyak juga ya

Jurusan Teknik Informatika

Jurusan IT masih masuk dalam candidat war loh di dunia kerja. Artinya apa? Jumlah pekerja belum sebanyak lowongan pekerjaan. Banyak perusahaan kesusahan mencari programmer dan rela menggaji mahal. Hal ini terjadi lantaran tingkat kesulitan. Jika tak passion dan tak bertekad, banyak lulusan IT tapi belum mahir dalam menuliskan code.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

M. Afffandi

Politeknik Negeri Bengkalis

Riau-Indonesia

“"Dream, Plan, Do It"”