Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Kenapa Lo Harus (BANGET) Kuliah di Jurusan Teknik ?

Teknik merupakan jurusan yang sangat banyak diminati, karena banyak diminati proses masuk jurusan teknik juga begitu sulit

Pada saat masih duduk dibangku sekolahan, kalian pasti sering cerita ke teman sekelas nantinya kamu bakalan mau melanjutkan perkuliahan dikampus tujuan pilahan kamu pastinya dan mau mendaftar masuk ke kampus tersebut , selain di sibukkan memilih kampus mana yang harus kamu pilih, ada hal yang harus kamu lakukan yaitu memilih jurusan apa pada saat mengisi form pendaftaran !  Seakan-akan pilihan tentang jurusan ini akan berpengaruh banget terhadap hidup kalian kedepan setelah lulus nantinya, udah kayak pilihan hidup mati deh pokoknya 😀.

Alasan kenapa milih jurusan kuliah itu segitu pentingnya. Karena melalui jurusan itulah nanti masa depan kalian akan menentukan arah kalian lebih terencana dengan baik. Mau ngapain nantinya setelah lulus ?, mau kerja jadi apa setelah ini ?, dan terutama apakah sesuai dengan minat kamu nantinya !

Salah satu jurusan yang harus banget kalian pertimbangin sebaik mungkin, adalah Jurusan Teknik. Bagi kebanyakannya, Anak IPA lebih berpeluang besar untuk masuk Jurusan Teknik dan apalagi bagi kalian lulusan SMK alangkah baiknya melanjutkan ke Jurusan Teknik karena sudah memiliki skill pada saat masih duduk di bangku sekolahan.

Berikut beberapa alasan kenapa lo harus banget kuliah di jurusan Teknik! Wajib disimak 😊

1. Masih jadi favorit dan prestige

Kalian bisa tanya ke siapa aja dan ke mana aja, pasti banyak anak – anak yang duduk dikelas 3 saat ini ingin mengambil jurusan teknik ketika masuk kuliah. Kenapa bisa begitu? Karena jurusan teknik dianggap sebagai salah satu jurusan yang favorit dan prestige.

Apalagi khusus kalian lulusan SMK, pasti tau gimana susahnya mempelajari ilmu teknik dan udah pasti diperlukan otak yang encer. Sehingga bagi kalian sangat cocok untuk melanjutkan di jurusan teknik. Masuk jurusan teknik selalu dihadapi cobaan yang begitu berat.

Sehingga nggak semua orang bisa dengan gampang memiliki gelar sarjana teknik, apalagi dari universitas ternama yang ada di Indonesia. Belum lagi lulusan teknik biasanya dicari oleh perusahaan – perusahaan besar. Dengan masuk jurusan teknik, lo bisa dengan bangga pamer ke om tante lo yang suka kepo. "Kuliahnya jurusan apa?", "Teknik, Om!" pasti jawabannya, "Waaaaahhhh hebat banget kamu!" karena apa, Teknik itu dikenal dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi sehingga tidak sembarangan orang bisa lolos di teknik.

2. Ilmu dan terapannya luas

Bidang teknik itu mencakup seluruh bagian yang ada di bumi ini. Baik dari banyak ilmu teknik yang dipelajari serta penerapannya di kehidupan sehari-hari. Contohnya dari teknik mesin, teknik industri, hingga creative digital design yang sekarang sedang digandrungi oleh anak-anak sekolahan yang baru lulus. Dan yang terpenting adalah bukan hanya sekedar teori ilmu teknik yang diajarkan, tapi nanti ada juga proyek-proyek yang pastinya akan membantu membentuk pola pikir kalian menjadi lebih analitis dan ke result oriented.  Kalian juga akan diajarkan mengenai hal-hal yang krusial dan penting banget dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya nih ya, di Teknik Industri, Kalian akan belajar dari mulai merancang produk, sampai ke manajemen industrinya sedangkan di Teknik Mesin dimana kalian akan belajar mulai dari penerapan desain hingga ke pengembangan produknya dan masih banyak lagi ilmu teknik yang lainnya. Maka dari itu, banyak yang beranggapan kalau anak teknik itu mampu dalam banyak hal. Ibarat kata dari benerin mesin mobil, televisi sampai kalau butuh benerin listrik yang dicari pasti anak teknik. Sebab anak teknik itu selalu bisa diandalkan.

3. Lapangan pekerjaan terbuka lebar

Salah satu hal yang jadi pertimbangan kalian dalam memilih jurusan kuliah pasti adalah, "nanti cari kerjanya gimana, gampang nggak?" Nah ini dia salah satu keuntungan memilih jurusan teknik. Seperti yang dibahas sebelumnya, jurusan teknik itu ilmu dan terapannya sangat luas jadi pilihan industrinya pun sangat luas, dimulai dari teknologi, listrik hingga infrastruktur. Belum lagi biasanya lulusan teknik banyak dicari oleh perusahaan – perusahaan besar mulai dari perusahaan listrik, komunikasi hingga teknologi. Jadi selama dunia ini terus bergerak maju dan perkembangan pembangunan, industri, dan teknologi nggak akan pernah berhenti, dunia akan selalu ngebutuhin profesional-profesional di bidang teknik.

4. Kuat, logis, dan "Tahan Banting"

Anak teknik udah nggak diraguin punya mental dan fisik yang kuat. Kenapa? Karena mereka akan menjalani yang namanya mata kuliah yang sangat mengolah otak, praktikum yang berat, laporan dan tugas kuliah yang kayaknya nggak pernah habis. Kedengarannya serem ya? Tapi menyenangkan ! Semua itu akan membantu kalian menjadi orang yang bisa survive di segala macam kondisi dan menjadi karakter yang kuat dengan pemikiran yang logis, analitis dan cepat, dan bisa ngambil keputusan di saat-saat terdesak.

5. Daya saingnya tinggi

Gelar sarjana teknik bisa menjadi poin plus ketika melamar kerja di bidang yang kalian mau karena selain soft skill, hard skill pun turut dilatih di masa perkuliahan sehingga banyak perusahaan yang menganggap bahwa lulusan teknik mempunyai kualitas serta kualifikasi yang baik, menjadi seorang tenaga kerja yang siap kerja dan mempunyai daya saing yang tinggi. Apalagi kalau kalian termasuk anak yang aktif selama kuliah baik dalam kelas maupun organisasi. Bakal jadi nilai plus banget!

6. Calon sukses

Ada pepatah yang bilang, anak teknik tuh pilihannya dua. Kalo nggak sukses, ya sukses banget. Tssaahh. Yha, walaupun hal itu memang balik lagi ke diri kita masing-masing, tapi kuliah di jurusan teknik bisa jadi salah satu bekal menuju kesuksesan. Seperti yang udah dijelaskan di atas, ilmu serta pelatihan yang di dapat dari kuliah jurusan teknik dapat membantu kalian untuk bersaing dengan profesional lainnya, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Apalagi kalau kalian kuliah teknik di kampus yang dapat mendukung kalian menjadi seorang profesional, misalnya di universitas yang terintegrasi dengan sistem di luar negeri.

Nah, mulai sekarang coba deh mempertimbangkan masuk jurusan teknik, apalagi di universitas yang menawarkan program teknik terbaik yang bisa membantu kita jadi work ready dan world ready engineer. Good luck guuuys!

Source : Provoke

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

M. Afffandi

Politeknik Negeri Bengkalis

Riau-Indonesia

“"Dream, Plan, Do It"”