Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Mahasiswa TEKNIK Wajib Tahu: 12 Website Rekomendasi Untuk Kamu Dalam Menyelesaikan Skripsi

Untuk menyelesaikan pendidikan disebuah universitas,mahasiswa akhir diwajibkan untuk membuat Skripsi dalam satu semester. Namun sering terjadi kendala dalam menemukan teori pendukung dan referensi.

Mahasiswa tingkat pasti gak pernah jauh-jauh dari skripsi. Proses dalam mengerjakan skripsi yang mampu menguras waktu, tenaga dan pikirian dalam memperoleh data pada penelitian tentulah sangat menjenuhkan. Dan kadang bikin kamu merasa putus asa.Sumber data penelitian yang kurang membuat skripsi mengalami hambatan. Tapi tenang. Sekarang ini sudah banyak situs yang menyediakan referensi data dan informasi lengkap nan terpercaya kok. Situs-situs ini dijamin bikin skripsi kamu jadi terasa mudah dan cepat kelar!

1. Academia.edu

Academia.edu adalah situs jejaring sosial bagiakademisi. Platform ini dapat digunakan untuk berbagi dokumen, memantau dampaknya,dan mengikuti penelitian dalam bidangtertentu. Academia.edu adalah solusi bagi mereka yang membutuhkan hasil penelitian untuk dijadikan referensi tanpa batasan akses atau gerakan akses terbuka,untuk menanggapi segala kebutuhan yang dirasakan dalam ilmu untuk mengembangkan ilmu penelitian.

Academia.edu juga juga merupakan salah satu situs yang sangat sering digunakan oleh mayoritas mahasiswa dalam mencari sumber referensi. Academia banyak memuat tentang penelitian-penelitian yang dilakukan oleh orang lain. Layanannya yang mirip seperti sosial media memungkinkan kamu untuk berkomentar memberikan saran.

2. Google Scholar

Google Scholar adalah platform yang memungkinkan para pengguna malakukan pencarian materi-materi untuk menunjang pembelajaran baik  berupa teks dalam berbagai format publikasi. Google Scholar Diluncurkan pada tahun 2004, indeks Google Scholar mencakup jurnal-jurnal online dari publikasi ilmiah. Google Scholar memiliki beberapa fitur yang dapat dengan mudah dalam mencari literatur akademis secara luas. Dengan fitur tersebut, seseorang dapat mencari panduan dan referensi  di seluruh bidang ilmu  pada satu tempat seperti makalah peer-reviewed, thesis, buku, abstrak, dan artikel, dari penerbit akademis, komunitas profesional, pusat data pracetak, universitas, maupun organisasi akademis lainnya.

Google Scholar akan membantu untuk menemukan penelitian yang sesuai dengan bidang masing-masing dari seluruh penelitian akademis yang ada. Google Scholar bertujuan menyusun artikel seperti yang dilakukan peneliti, dengan memperhatikan kelengkapan teks setiap artikel, penulis, publikasi yang menampilkan artikel, dan frekuensi penggunaan kutipan artikel dalam literatur akademis la innya. Hasil paling relevan akan selalu muncul pada halaman pertama.

3. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) adalah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan yang berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan menjadi pusat bagi seluruh perpustakaan di Indonesia yang berkedudukan di ibu kota negara. Untuk mengunjungi Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional tersebut berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11, Jakarta. Perlu diketahui, untuk sebagian besar perkantorannya berada di Jalan Salemba Raya No. 28A.

Perpustakaan Nasional berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Situs ini merupakan layanan milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia memiliki jurnal-jurnal ilmiah yang kamu butuhkan dan bisa didownload secara gratis. Untuk bisa men-download jurnalnya, kamu harus mendaftar menjadi anggota terlebih dahulu melalui website yang disediakan.

4. Indonesian Publication Index

Indonesian Publication Index adalah sebuah platform untuk melakukan penelusuran, indeksasi, abstraksi, monitoring, dan untuk peningkatan standar kualitas dari publikasi ilmiah yang ada di Indonesia.

Indonesian Publication Index ini hampir sama dengan Google Scholar maupun Microsoft Academic. Namun, Indonesian Public Index ini menyediakan publikasi ilmiah dalam bahasa Indonesia. Khusus buat kamu yang kesulitan dalam memahami bahasa Inggris, situs ini bisa menjadi alternatif buat kamu.

5. Research Gate

ResearchGate adalah sebuah situs web jejaring sosial gratis dan merupakan alat kolaborasi bagi para ilmuwan sains dari segala jenis bidang sains. Situs ini telah menyediakan berbagai aplikasi web, termasuk fitur pencarian semantik (mencari seluruh abstrak), berbagi file, berbagi database publikasi, forum diskusi, diskusi metodologi, grup, dan berbagai aplikasi lainnya. Sejak Mei 2008, ResearchGate telah banyak digunakan oleh lebih dari 1,400,000 ilmuwan dari 196 negara yang ada diseluruh dunia.

Khusus buat kamu, situs ini rekomendasi buat kamu yang penasaran dengan penelitian yang  ada  seluruh dunia, Research Gate tempatnya. Di situs ini kamu bisa bebas untuk bertanya dan mengajukan pendapat melalui forum yang telah disediakan. Asyik bukan  bisa sharing ilmu dari berbagai dunia?

6. Science Direct

ScienceDirect adalah situs web yang menyediakan akses berlangganan ke pusat informasi data untuk penelitian  secara ilmiah dan  ilmu medis. Situs ini memiliki lebih dari 12 juta konten dari 3.500 jurnal akademik dan 34.000 buku elektronik yang telah diterbitkan. Pada laman ScienceDirect ini, jurnal-jurnalnya telah dikelompokkan menjadi empat bagian utama: Physical Sciences and Engineering, Life Sciences, Health Sciences, dan Social Sciences and Humanities. Selain itu, Abstrak pada sebuah artikel tersedia secara gratis, akan tetapi akses jurnal lengkapnya membutuhkan akun berlangganan atau berbayar untuk setiap unduhan.

7. Open Library

Open Library merupakan situs raksasa yang melibatkan seluruh penggunanya untuk ikut berpartisipasi.  Open Library ini juga bersifat Internet Archive yang merupakan perpustakaan digital yang memiliki misi untuk memberikan akses secara universal untuk semua ilmu pengetahuan.  Mudah bukan ?, kamu bisa mengakses jurnal maupun e-book gratis yang bisa kamu baca kapanpun dan dimanapun tanpa koneksi internet.

8. Wiley Online Library

Wiley Online Library memiliki lebih dari enam juta artikel, 1.500 jurnal, 18.000 buku online dan ratusan referensi yang bisa kamu akses gratis untuk penelitian kamu.

9. Library Genesis

Library Genesis merupakan sebuah mesin pencari artikel ilmiah dan buku yang menggratiskan akses dari konten berbayar. Library Genesis ini menyimpan berkas PDF dari portal web ScienceDirect.

Dengan Library Genesis dapat ditemukan berbagai macam buku-buku digital berformat pdf, mobi, hingga ePub ada pada Library Genesis. Akan tetap situs ini memiliki kekurangan, yaitu harus lebih spesifik atau khusus dalam menulis keyword agar langsung dapat menemukan yang dicari, karena filter yang digunakan dalam situs ini cenderung tidak akurat saat di-download.

10. Microsoft Academic

Di mesin pencari google itu terdapat begitu banyak situs yang menyediakan referensi untuk penelitian yang sedang dikerjakan, Namun, diantara sekian banyak situs tersebut salah satu situs yang wajib untuk dikunjungi oleh mereka yang aktif di bidang penelitian, khususnya bagi mereka yang sedang mengerjakan thesis atau skripsi, yang harus disertasi ataupun aktivitas penelitian lainnya adalah situsnya Microsoft Academic Search.

Berbeda dengan google scholar yang lebih terfokus pada paper dan karya ilmiah, maka Microsoft Academic Search memberikan pelayanan yang lebih lengkap meliputi jadwal CfP (Call For Paper) dari sejumlah konferensi / seminar terkenal, Co Author Graph, Citation Graph, Daftar Jurnal kelas atas dll. Sungguh lengkap bukan ?Melalui kelengkapan pelayanan tersebut, maka dari itu situs microsoft ini cocok untuk dijadikan sebagai portal utama dalam menunjang aktivitas akademik / ilmiah.

11. Eureka Pendidikan

Berbeda dengan situs lainnya yang menyediakan jurnal ilmiah, maka Eureka Pendidikan merupakan situs yang memuat artikel berisi pendapat para ahli dalam bentuk opini. Untuk mendapatkan artikel yang kamu inginkan dari situs ini, kamu harus mendapatkan izin terlebih dahulu terhadap penulis aslinya untuk menggunakan artikel mereka sebagai penunjang penelitian kalian.

12. Project Gutenberg

Project  Gutenberg telah  menyediakan 49.000 judul buku dari berbagai subjek dari sastra, fabel, sejarah, sampai sains di Project Gutenberg. Project Gutenberg sendiri merupakan situs yang telah dikembangkan oleh Michael Hart ini sudah ada sejak tahun 1971 lalu.

Jadi, masih mengeluh soal skripsi?

Source : seputarkuliah.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

M. Afffandi

Politeknik Negeri Bengkalis

Riau-Indonesia

“"Dream, Plan, Do It"”