Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Mengenal Hacker Dan Jenis Hacker yang ada di Dunia

Hacker atau peretas adalah seseorang yang menerobos masuk ke dalam komputer, biasanya dengan memperoleh akses ke kontrol administratif.

Pada awalnya, hacker pertama kalinya muncul dengan arti positif yaitu untuk menyebut seorang yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik dari pada yang telah dirancang bersama, namun pada akhirnya banyak pihak pihak yang mengatas namakan hacker atas tindakan yang merugikan pihak lain yaitu cracker.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi informasi pergerakan hacker semakin berkembang pesat, setiap hacker membentuk kelompok tertentu untuk melakukan tujuan mereka berikut jenis-jenis hacker yang ada di dunia.

Jenis Jenis Hacker

Hacker dikelompokkan ke dalam lima jenis, berikut ini pembagiannya berdasarkan jenis aktivitas yang dilakukan:

White Hat Hacker

White hat hacker adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada peretas yang secara etis menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer. White Hat secara umum lebih melindungi sebuah sistem daripada melancarkan aksinya, di mana bertentangan dengan Black Hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut.

hacker ini yang memegang teguh standar etika, akses ke sistem komputer dilakukan bukan untuk tujuan yang merugikan, tetapi untuk menguji ketahanan sistem tersebut. Jadi, hacker jenis ini senang mempelajari sistem, bahkan banyak dari mereka yang disewa sebagai konsultan keamanan. White hat hacker inilah adalah hacker yang sebenarnya atau "good hacker".

Black Hat Hacker

Black Hat Hacker adalah orang yang mencoba untuk menemukan kerentanan keamanan komputer dan mengeksploitasinya untuk keuntungan finansial pribadi atau alasan jahat lainnya. Ini berbeda dari hacker topi putih, yang merupakan spesialis keamanan yang dipekerjakan untuk menggunakan metode peretasan untuk menemukan celah keamanan yang mungkin dieksploitasi oleh Black Hat Hacker dapat menyebabkan kerusakan besar pada pengguna komputer individu dan organisasi besar dengan mencuri informasi keuangan pribadi, mengorbankan keamanan sistem utama, atau mematikan atau mengubah fungsi situs web dan jaringan, Hacker jenis ini disebut juga sebagai cracker.

Grey Hat HaCker

Grey Hat Hacker adalah seseorang yang mungkin melanggar standar atau prinsip etika, tetapi tanpa niat jahat yang dianggap sebagai peretas topi hitam. Grey Hat Hacker dapat terlibat dalam praktik yang tampaknya kurang dari sepenuhnya di atas papan, tetapi sering beroperasi untuk kebaikan bersama. Grey Hat Hacker mewakili jalan tengah antara Black Hat Hacker dan White Hat Hacker, yang beroperasi atas nama mereka yang mempertahankan sistem aman, dan Blackhat yang bertindak jahat untuk mengeksploitasi kerentanan dalam sistem.

Script Kiddie Hacker

Script Kiddie Hacker adalah istilah merendahkan yang digunakan untuk menyebut peretas yang tidak serius yang diyakini menolak prinsip-prinsip etika yang dipegang oleh peretas profesional, yang meliputi pencarian pengetahuan, penghargaan terhadap keterampilan, dan motif pendidikan mandiri. Script kiddies mengambil alih sebagian besar metode peretasan untuk mendapatkan keterampilan hacking dengan cepat. Mereka tidak terlalu memikirkan atau menghabiskan waktu untuk mendapatkan pengetahuan komputer, tetapi mendidik diri mereka sendiri dengan cara yang cepat untuk hanya belajar minimal. Script kiddies dapat menggunakan program peretasan yang ditulis oleh peretas lain karena mereka sering tidak memiliki keterampilan untuk menulis sendiri.

Script kiddies mencoba menyerang sistem dan jaringan komputer, dan merusak situs web. Meskipun mereka dianggap tidak berpengalaman dan belum matang, script kiddies dapat menimbulkan kerusakan komputer sebanyak peretas profesional dan dapat dikenakan tuntutan kriminal yang sama seperti rekan-rekan mereka yang lebih tua dan lebih cerdas.

Hacktivist Hacker

Hacktivist Hacker adalah secara umum bisa diartikan sebagai perpaduan antara hacker dan aktivis. Orang-orang yang melakukan aktivitas hacktivisme biasa disebut Hacktivist. Jenis hacker ini menggunakan kemampuannya untuk menyebarkan pesan–pesan tertentu (politik, agama, ideologi, dll). Mereka melakukan website deface untuk menampilkan pesan mereka di website korban.

Mungkin itu beberapa jenis hacker yang kita ketahui pada umumnya, keberadaan hacker antara ada dan tiada diantara kita.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

M. Afffandi

Politeknik Negeri Bengkalis

Riau-Indonesia

“"Dream, Plan, Do It"”