Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Mengenal Lebih Dekat Teknologi Canggih Milik NASA

NASA merupakan Badan Penerbangan dan Antariksa yang memiliki tanggung jawab atas program luar angkasa Amerika Serikat dan penelitian umum luar angkasa jangka panjang. Dalam menjalankan tugasnya selama diluar angkasa terdapat teknologi canggih yang membantu untuk mempermudah pekerjaan mereka dengan Robot LADDE.

LADEE, diucapkan seperti "laddie" adalah misi robot yang akan mengorbit bulan untuk mengumpulkan informasi terperinci tentang atmosfer bulan, kondisi di dekat permukaan dan pengaruh lingkungan pada debu bulan. Pemahaman menyeluruh tentang karakteristik ini akan membahas ketidaktahuan yang sudah lama ada, dan membantu para ilmuwan memahami badan planet lain juga.

Pemahaman menyeluruh tentang karakteristik ini dari tetangga terdekat kita akan membantu para peneliti dalam memahami badan lain yang ada di tata surya, seperti asteroid besar, Merkurius, dan bulan planet luar.

Wahana ruang angkasa, atau tubuh, pesawat ruang angkasa umum LADEE, berinovasi dari desain khusus dan beralih ke rancangan multi guna dan produksi lini perakitan, yang secara drastis dapat mengurangi biaya pengembangan pesawat ruang angkasa, seperti yang dilakukan Ford Model T untuk mobil. NASA Ames Research Center telah merancang, mengembangkan, membangun, dan menguji pesawat ruang angkasa dan mengatur operasai untuk menyelesaikan misi.

Pesawat ruang angkasa LADEE akan diluncurkan pada kendaraan Minotaur V selama periode peluncuran lima hari yang akan dibuka pada 6 September 2013. Misi LADEE dibagi menjadi fase misi: Peluncuran, Pendakian, Aktivasi dan Checkout, Phase Orbits, Lunar Orbit Insertion, Commissioning, Science, dan Decommissioning.

Setelah diluncurkan, LADEE akan memasuki serangkaian fase orbit, yang memungkinkan pesawat ruang angkasa untuk tiba di bulan pada waktu dan fase yang tepat. Pendekatan ini mengakomodasi setiap dispersi dalam injeksi peluncuran Minotaur V.

Kedatangan LADEE di bulan tergantung pada tanggal peluncuran. Pesawat ruang angkasa akan mendekati bulan dari tepi terdepan, bergerak di belakang bulan dari pandangan Bumi, dan kemudian muncul kembali dan melakukan manuver Penalaran Orbit selama tiga menit. Ini akan menempatkan LADEE di orbit elips retrograde elips dengan periode orbital sekitar 24 jam.

Serangkaian manuver kemudian dilakukan untuk mengurangi orbit menjadi hampir melingkar dengan ketinggian 156 mil (250 kilometer). Fase Sains 100 hari dilakukan di orbit yang akan bervariasi antara 20–60 kilometer karena medan gravitasi "kental" bulan. Selama Fase Sains, bulan akan berputar lebih dari tiga kali di bawah orbit LADEE.

Setelah Fase Sains, periode dekomisioning direncanakan, di mana ketinggian akan dikelola turun ke ketinggian lebih rendah, setelah itu pesawat ruang angkasa akan mempengaruhi permukaan bulan.

Peluncuran Terjadwal: 6 September 2013, 11:27 siang EDT

Situs peluncuran: Fasilitas Penerbangan Wallops, Va.

Peluncuran kendaraan: Minotaur V Durasi misi: Sekitar 160 hari (30 hari untuk bepergian ke bulan, 30 hari untuk checkout dan 100 hari untuk operasi sains)

Massa: Sekitar 844 pound (383 kilogram)

Daya: Sekitar 295 Watt

Di atas kapal:

  • Ultraviolet dan Spektrometer Cahaya Terlihat
  • Spektrometer Massa Netral
  • Percobaan Lunar Dust
  • Demonstrasi Komunikasi Laser Lunar

NASA Ames Research Centre di Silicon Valley merancang, mengembangkan, membangun dan menguji pesawat ruang angkasa dan akan mengelola misi sains 100 hari. Setelah peluncuran, Ames akan mengendalikan pesawat ruang angkasa dan menjalankan operasi misi.

Direktorat Misi Sains NASA di Washington mendanai misi LADEE. Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, Greenbelt, Md. Mengelola peralatan sains dan demonstrasi teknologi, pusat operasi sains, dan menyediakan dukungan misi secara keseluruhan. Wallops bertanggung jawab untuk meluncurkan integrasi kendaraan, meluncurkan layanan dan operasi. Pusat Penerbangan Antariksa Marshall NASA, Huntsville, Ala., Mengelola LADEE di dalam Lunar Quest Program Office.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

M. Afffandi

Politeknik Negeri Bengkalis

Riau-Indonesia

“"Dream, Plan, Do It"”