Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

10 Fakta Api Abadi Asian Games 2018

Sebuah catatan Perjalanan Api Abadi Asian Games 2018

Sekitar 3 minggu lagi Pagelaran olahraga akbar tingkat Asia akan segera dimulai. Asian Games 2018 akan digelar di kota Jakarta dan Kota Palembang. Pembukaan Asian Games 2018 dijadwalkan sehari setelah proklamir kemerdekaan Indonesia yang ke-73, yakni tanggal 18 Agustus 2018. Pembukaan Asian Games 2018 dilakukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta.

Kompetisi Asian Games selalu diterangi dengan sebuah api yang menandakan dimulainya kompetisi. Api yang digunakan bukanlah sembarang api, melainkan api abadi yang diambil langsung dari New Delhi, India. Hal ini karena negara yang sangat identik dengan film-film Bollywood ini menjadi negara pertama yang terpilih sebagai tuan rumah Asian Games pada tahun 1951.

Api abadi Asian Games tidak boleh mati sampai tiba di Indonesia. Oleh karena itu diperlukan perlakuan khusus untuk mendatangkannya ke Indonesia. Sesampainya di Indonesia, api abadi dari India disatukan dengan api abadi dari Mrapen, Jawa Tengah. Mrapen merupakan destinasi wisata dimana kita bisa melihat api abadi yang tidak dapat padam sejak puluhan tahun lalu.

Berikut ini adalah Fakta-fakta terkait api abadi yang digunakan untuk Asian Games 2018:

1. Api obor abadi dari India

Api ini diambil dari lokasi api abadi Asian Games di Stadion Nasional Dhyan Chand di New Delhi, India. Api obor diserahkan di India secara simbolik oleh Presiden Indian Olympic Council (IOC) kepada ketua komite penyelenggaa Asian Games Indonesia, Eric Thohir. Api abadi dari India merupakan lambang semangat yang terus menyala demi menjaga kebersamaan dan persahabatan serta semangat untuk berprestasi.

2. Dibawa menggunakan pesawat, tak boleh mati

Api obor dijaga agar tetap menyala saat terbang dari India ke Indonesia menggunakan pesawat Boeing 737 400 milik TNI (AU). Agar tidak mati, api abadi dibawa dengan alat khusus yaitu tinder box yang berbahan bakar gas. Sehingga jika bahan bakarnya hampir habis bisa langsung diberi lagi agar tidak mati.

3. Dikawal 5 pesawat tempur

Sebanyak lima pesawat tempur T-50 Golden milik TNI (AU) mengawal pesawat yang membawa api abadi Asian Games.

Setibanya di bandara Adi sutjipto, api obor dibawa turun oleh Susi Susanti yang merupakan peraih medali emas olimpiade 1992. Kemudian diserahkan ke kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Yuyu sutisna. Api Asian Games dibawa menuju Museum Pusat Angkatan Udara Mandala Yogyakarta.

4. Api Abadi Mrapen sering digunakan pada agenda nasional

Api Abadi dari India disatukan dengan Api Abadi Mrapen pada 18 Juli 2018 di candi Prambanan. Api Abadi Mrapen merupakan fenomena alam yang muncul dari perut bumi karena adanya faktor gas alam yang keluar.

Beberapa agenda nasional seperti Pesta Olahraga Internasional Ganefo yang dilaksanakan pada 1 November 1963, Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI 23 Agustus 1996, menggunakan api abadi dari Mrapen untuk obornya

5. Digunakan oleh umat Budha

Umat Budha menggunakan api abadi Mrapen untuk obor yang dipakai saat upacara Hari Raya Waisak.

6. Pernah menjadi milik warga

Sebelum dibeli oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Tengah pada 2012 lalu, lokasi objek wisata Api Abadi Mrapen ini ternyata sempat dimiliki oleh warga, di mana masyarakat berkerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Grobogan.

7. Legenda munculnya api abadi Mrapen

Menurut legenda, api abadi ini mulai muncul ketika Sunan Kalijaga, sang pemimpin Demak, mengalahkan Majapahit untuk mencari mata air demi prajuritnya yang kelelahan. Sunan Kalijaga menancapkan tongkatnya ke tanah dan kemudian dari tanah itu keluar pi yang sampai saat ini tidak dapat padam.

8. Api Abadi Mrapen dekat dengan sumber air

Karena tancapan pertama tidak mengeluarkan air, Sunan Kalijaga kembali menancapkan tongkatnya ke tanah tidak jauh dari tancapan pertama dan mengeluarkan sumber air. Sumber air tersebut bernama Sendang Dudo dengan kedalaman 2 meter.

9. Dikirab keliling Indonesia

Api Obor Asian Games 2018 akan dikirab mengelilingi 54 Kabupaten dan kota di Indonesia. Dimulai dari Yogyakarta-Semarang hingga sampai di Gelora Bung Karno.

10. Dibawa menyelam di Raja Ampat

Api Asian Games 2018 dibawa menyelam oleh istri Kapolri Tito Karnavian, Tri Suswanti Karnavian. Lokasi penyelaman dilakukan di perairan Pianemo, Raja Ampat, Papua Barat.

Itu dia Fakta-fakta terkait Api Abadi yang digunakan pada Asian Games 2018, semoga menambah semangat kita untuk turut mensukseskan Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta-Palembang.

.

Sumber :

Detik.com

Intisari.grid.id

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Airunisa

“Just try”