Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

10 Keterampilan untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Para ahli memperkirakan bahwa pada tahun 2020, dunia akan memasuki era Industrial 4.0. Di era ini, banyak robot canggih, superkomputer, kendaraan otonom, pencetakan 3D dan mengoptimalkan fungsi otak manusia dengan bantuan pengeditan genetik dan pengembangan teknologi neuroteknologi akan muncul.

Ini mungkin terlihat rumit dan mengejutkan, tetapi ini tidak berarti bahwa tidak ada kerugian yang disebabkan oleh revolusi industri. Mengacu pada hasil Forum Internasional tahunan tentang Penguasaan Revolusi Industri Keempat di 2016, Revolusi Industri 4.0 akan menyebabkan gangguan atau kegagalan tidak hanya di sektor bisnis, tetapi juga di pasar tenaga kerja.

Ini berarti bahwa banyak jenis pekerjaan akan hilang dan diganti dengan fungsi robot atau kecerdasan buatan. Kerja manusia tidak mengesampingkan kemungkinan menemukan jenis pekerjaan baru yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya, jadi revolusi ini mau tidak mau mengharuskan kita untuk lebih mengembangkan keterampilan yang mungkin berguna dan mampu di masa depan. Jadi, keterampilan apa yang dibutuhkan untuk memerangi revolusi industri 4.0? Inilah jawabannya!

1. Pemecahan masalah yang komprehensif

Pemecahan masalah yang komprehensif di sini adalah kemampuan untuk memecahkan masalah yang kompleks, dimulai dengan mengidentifikasi, mendefinisikan elemen-elemen utama dari suatu masalah, mempertimbangkan berbagai kemungkinan sebagai solusi, mengambil tindakan / tindakan untuk menyelesaikan masalah dan menemukan pelajaran yang dapat dipelajari untuk menyelesaikan masalah.

2. Berpikir kritis

Berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir secara rasional, kognitif, dan merumuskan strategi yang akan meningkatkan kemungkinan hasil yang diharapkan. Berpikir kritis juga bisa disebut berpikir dengan tujuan yang jelas, beralasan, dan berorientasi pada tujuan.

3. Kreativitas

Kreativitas atau kreativitas adalah kemampuan dan kemampuan untuk terus berinovasi, menemukan sesuatu yang unik dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Kreativitas di sini juga bisa diartikan sebagai pengembangan dari sesuatu yang sudah ada, sehingga bisa lebih baik.

4. Mengelola orang

Mengelola orang adalah kemampuan untuk secara terencana dan efektif mengatur, mengarahkan dan menggunakan sumber daya manusia.

5. Koordinasi dengan orang lain

Kemampuan untuk bersatu atau bekerja dengan orang lain di luar tim.

6. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional atau kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengatur, mengevaluasi, menerima, dan mengendalikan emosi diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

7. Penghakiman dan pengambilan keputusan

Penghakiman dan pengambilan keputusan adalah kemampuan untuk menarik kesimpulan tentang situasi saat ini dan kemampuan untuk membuat keputusan dalam kondisi apa pun, termasuk di bawah tekanan.

8. Orientasi layanan

Orientasi layanan adalah keinginan untuk membantu dan melayani orang lain sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dengan fokus pada layanan, kami akan selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada pelanggan kami, tanpa menunggu evaluasi sederhana.

9. Negosiasi

Kemampuan untuk berbicara, bernegosiasi dan meyakinkan orang dalam aspek pekerjaan. Secara alami, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk masuk ke dalam perjanjian yang menghasilkan hasil yang diharapkan, tetapi ini dapat dicapai dengan praktik hebat dan persepsi diri.

10. Fleksibilitas kognitif

Fleksibilitas pengetahuan adalah kemampuan untuk secara spontan menggeneralisasi pengetahuan dengan cara yang berbeda, memberikan respons yang mengatur sendiri terhadap persyaratan situasional yang berubah secara radikal.

Sekarang, dalam Revolusi Industri 4.0, Anda membutuhkan sepuluh kemampuan, pastikan semua teknologi Anda sudah siap!

Source: Future of Jobs Reports, World Economic Forum.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

BISMA VERDYA ADHIKA

Bogor Agricultural University

Madiun

“menjadi manusia yang berguna dimanapun saya berada”