Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Setahun Diluncurkan, Kini Google Lens Klaim Mampu Kenali Miliaran Benda

Google Lens mengklaim saat ini telah mampu mengenali miliaran jenis benda. Hal ini meningkat drastis dibandingkan dengan setahun yang lalu saat pertama ia diluncurkan. Pada tahun 2017 lalu, fitur ini diluncurkan hanya dalam bentuk fitur tambahan di Photos dan Assistant. Di mana fitur tersebut, baru bisa mengenali sekitar 250 ribu barang saja.

Penambahan jumlah barang yang bisa dikenali itu dikarenakan Google yang berhasil ‘melatih’ Google Lens untuk bisa membaca label dari sebuah produk. Dari situlah, kemudian fitur ini bisa memberi sebuah nama terhadap produk yang ada di dalam gambar.

Selain itu, Google Lens juga telah mendapatkan lebih banyak data jika foto tersebut diambil dengan menggunakan ponsel, seperti lokasi produk dan lainnya.

Di dalam postingan blognya, Google pun menyebutkan bahwa Google Lens kini lebih dapat diandalkan dibandingkan versi yang sebelumnya, sebagaimana dikutip dari DetikInet Jumat (21/12/2018).

Sementara itu, angka 1 miliar produk yang diklaim oleh Google sendiri berasal dari produk yang tersedia di Google Shopping. Jadi, barang-barang yang tak bisa dibeli tentu saja tidak masuk ke dalam daftar tersebut.

Fitur baru lainnya adalah Lens bisa mengenali orang, jaringan WiFi di suatu tempat, memasukkan kontak orang dari kartu nama ke dalam ponsel, dan bentuk geometri.

Fitur yang terhubung secara otomatis dengan jaringan WiFi ini pertama dipamerkan pada I/2017. Cara kerjanya adalah dengan ‘membaca’ label pada router yang ada.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

BISMA VERDYA ADHIKA

Bogor Agricultural University

Madiun

“menjadi manusia yang berguna dimanapun saya berada”