Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Begini Cara Elegan dan Pintar Membuat Prank ala Mahasiswa MIT

Mahasiswa MIT mempunyai cara unik dalam mengekspresikan candaan mereka, mereka mampu membuat candaan atau prank yang tidak meninggalkan sisi kejeniusan mereka.

Apa yang kamu pikirkan tentang mahasiswa MIT? Pastinya kamu berpikir, mereka adalah orang yang serius, sangat pintar, suka mengerjakan proyek di lab, serius di depan laptopnya,suka belajar, dan banyak hal lainnya. Namun mereka juga bisa bercanda dan membuat prank dan Prank mereka berbeda dengan prank para youtuber sekarang. Setelah membaca artikel ini kamu akan paham betapa jenius mereka dalam membuat prank dan seberapa anehnya hasil karya prank mereka.

Mahasiswa MIT adalah Mahasiswa-mahasiswa yang merupakan anak-anak terpilih dari seluruh dunia yang akan dididik untuk menjadi seorang engineer (Insinyur) dan inventor ulung. Banyak penemuan dari  Alumnus MIT yang mengubah dunia menuju kemajuan peradaban dan zaman. Mereka dididik agar menjadi pintar, kreatif, inovatif dan berjiwa sosial. Kreatifitas, kepintaran mereka bukan hanya terlihat dari hasil penemuan mereka, bahan ajar matakuliah mereka atau matakuliah mereka saja tetapi juga cara mereka membuat prank. Mereka menamakan kegiatan prank mereka dengan nama “MIT Hack’s”

MIT Hack’s merupakan sebuah kegiatan yang telah dilakukan setiap tahunnya, kegiatan prank ini dilakukan setiap tahunnya dan biasanya dilakukan untuk memperingati peristiwa atau hari raya tertentu dalam tahun itu. Kata “Hack” disini merujuk pada sebuah kegiatan yang dilakukan di luar batas normal, menguji batasan kemampuan, pikiran dan imajinasi, buka untuk kepentingan akademik dan hanya sebagai hiburan. Bagi mahasiswa MIT awalnya kata “Hack” merujuk pada kegiatan-kegiatan untuk menghidar sejenak dari aktivitas belajar, termasuk jalan-jalan, berbincang dengan teman, bermain dan termasuk didalamnya mempertunjukan prank. Namun sejak 1980-an MIT Hack merupakan kegiatan prank diluar batas normal yang merupakan hasil kreativitas mahasiswa.

Berbeda dengan prank youtuber yang aneh dan cenderung menghasilkan “barisan sakit hati” akibat prank mereka yang tidak jelas. Prank mahasiswa MIT cenderung lebih elegan, kreatif, sangat berkelas, mampu menghibur dan tidak menyakiti orang lain. Bahkan prank mereka sulit ditiru oleh mahasiswa institut lain. Sewaktu Internet belum ada mereka dapat membuat proyek prank yang berbeda, elegan, aneh, tidak meniru, dan tidak dapat ditiru.

Dalam melaksanakan MIT Hack, mereka mempunyai etika Hack atau Hacking Ethics yaitu:

-          Memastikan keselamatan diri sendiri, orang lain dan properti yang mereka gunakan. Keselamatan adalah nomor satu

-          Lakukan secara halus, dan dimungkinkantanpa meninggalkan bukti apapun

-          Serangan yang kejam hanya dilakukan orang yang tidak berkompeten

-          Tidak merusak fasilitas kampus. Hubungi pihak kampus jika terdapat kerusakan atau masalah pada bangunan dan fasilitas lain.

-          Dilakukan secara rahasia, tidak boleh dilakukan ditempat yang dilarang oleh pihak kampus.

-          Jangan mabuk saat melakukan hack.

-          Jangan sendirian. Mintalah bantuan Hacker lain untuk menjamin keamanan pada situasi darurat.

-          Kenali batasanmu, mintalah bantuan hacker lain jika kamu tidak mampu melakukan satu atau dua hal, belajarlah dari hacker lain.

-          Pelajarilah cara agar tidak diketahui dan tidak ditangkap. Jika tertangkap terimalah keadaan itu dan bersikaplah kooperatif.

-          Jangan mencuri. Jika kamu memninjam, berikan catatan kecil yang isinya menjanjikan bahwa kanu akan mengembalikan.

-          Jangan menjatuhkan sesuatu apapun dari atas kebawah (Jika dilakukan diatas gedung) tanpa melalui staf ground untuk memastikan tak ada korban terkena barang jatuh.

-          Berbagilah pengalaman dan kemampuan hack kamu kepada Hackers lain.

Berikut adalah prank kreatif karya mahasiswa MIT dari masa ke masa:

Menaikkan Chasis mobil Ford diatas bekas asrama mahasiswa angkatan 1893 (Class of 1893) pada tahun 1926

Menaikkan mobil yang bagian atapnya dicoret dengan tulisan “Tech2Hell” diatas asrama angkatan 1893 pada tahun 1936

Cara ngangkatnya gini

Untuk memperingati tragedi 9/11 yang kelima pada tahun 2006 maka mereka memarkirkan Mobil pemadam kebakaran di atap Great Dome untuk menghormati para petugas pemadam yang bekerja keras waktu itu. Dilengkapi dengan manekin Anjing Dalmatian dan dilengkapi dengan selang air karet.

Pada acara Inagurasi Presiden MIT keenam Susan Hockfield, para hacker membuat mural uang 10000 dollar yang terdapat wajah sang presiden, Mural ini ada dikantor perbendaharaan MIT. Tahun 2005

PAra hacker berhasil memarkirkan mobil polisi kampus MIT di atap gedung Great Dome, di Tahun 1994. Mereka melakukannya dengan cara membongkar satu persatu bagian lalu  dinaikkan ke kubah Great Dome. Setelah dinaikkan lalu dipasang satu-persatu. Mereka juga menambahkan Manekin yang berbaju polisi kampus, menambahkan pistol mainan dan sekotak donat yang kosong. Hal ini mengejutkan semua orang di MIT saat itu.

Pada perayaan Halloween tahun 1964, para hacker membuat kejutan dengan membuat Great Dome menjadi Labu Halloween yang sangat besar (Great Pumpkin). Selain itu perayaan Halloween di tahun 1994 para hacker mendesain bagian eksterior gedung MIT press bookstore (Toko Buku percetakan MIT) yang sedang direnovasi dengan Labu Halloween.

Tahun 1964

Tahun 1994

Ada juga Boneka Papier yang merupakan boneka salju yang nangkring diatas MIT Great Dome di tahun 1987

Saat perayaan Natal di tahun 1990

Saat film Star Wars muncul di tahun 1999, mereka membuat Great Dome menjadi sebuah karakter Star Wars yaitu R2-D2.

Untuk mengapresiasi salah satu Alumni MIT yaitu Buzz Aldrin (MIT 1963) yang pada tahun 1969 bersama Neil Armstrong berhasil mendarat di Bulan untuk pertama kalinya dalam sejarah dunia. Para hacker dengan kreativitas mereka dan didukung teknologi yang ada mereka membuat bagian depan gedung Green Building menjadi sebuah display yang menampilkan huruf 11.

Karena kecintaan mereka terhadap klub bisbol Boston Red Sox yang saat itu berlaga di turnamen World Series, para hacker yang merupakan fans klub itu menampilkan kata "SOX" pada display bagian depan gedung Green Buillding. kemudian oleh para hacker pendukung tim Mets membuat display menampilkan angka 2 yang menandakan Boston telah kalah dari Mets, dilakukan tahun 1968.

Diatas Lobby 7, para Hacker membuat dan menggantungkan pesawat kertas raksasa yang panjangnya 16 kaki dan lebar sayap 7,5 kaki. Ini dlakukan sebagai penyambutan turnamen pesawat kertas (Paper Airplane Contest) yang dilakukan Institut Aeronautika dan Astronautika Amerika (America Institute of Aeronautics and Astronautics) tahun 1998.

Pada tahun 1990, MIT memanggil seorang seniman Mags Harries untuk mendesain Stratton Student Center. Saat itu terdapat sebuah kerangka besi yang tergantung yang merupakan prototipe hasil karya Mags dan dilabeli dengan nama "Sculpture Testing" yang digantung diatas Atrium Student Center. Hacker berhasil membuat sebuah boneka burung yang dibuat dengan kerangka rancangan Mags.

Tahun 1993, para hacker membuat mural uang 10000 dollar amerika di tembok depan kantor perbendaharaan MIT.

Tahun 1979 , dua tim Hacker yang berbeda secara bersamaan memasang Dua banner di atap MIT Great Dome, yang pertama memasang Banner bertuliskan sebuah quote terakhir dari Edgar Allan Poe dan Banner dibawahnya bertuliskan "Cambridge Tool Co". Tulisan kedua ditujukan untuk MIT sendiri.

Sebuah Hack juga dilakukan di ruang kelas, pada saat sebuah mata kuliah di departemen Fisika akan dimulai, para mahasiswa terkejut karena saat mereka memasuki kelas, mereka mendapat sbeuah handout yang ada di kelas, Handout itu berisi cara membuat pesawat kertas sekaligus dalam handout itu dituliskan waktu untuk presentasi hasil pesawat kertas buatan mahasiswa kepada dosen pengasuh mata kuliah.  dilakukan tahun 1985.

Tahun 1982, 199 kursi dibalikkan dari yang awalnya menghadap papan tulis, dibalik menghadap bagian belakang ruang kelas 2-190. Hacker yang melakukan ini dianggap sangat ambisius dikarenakan 199 buah kursi ini tertanam di lantai dan sebenarnya tidak bisa dibalikkan.

Tahun 1988, Seorang hacker pintar membuat geger mahasiswa yang akan memasuki sebuah kelas, dimana hacker itu menggantungkan beberapa bola raksasa yang digantung berdekatan. Bola-bola yang digantung ini merupakan cara Hacker yang mempraktikkan sebuah ilmu fisika yaitu mengenai momentum dan tumbukan. DItambah lagi ada tulisan di papan tulis yang mungkin persamaan yang menjelaskan tentang Momentum dan  Tumbukan.

Tahun 1948 para Hacker membuat sebuah robot hidroelektrik dari Dipsy Duck ( Voo-Doo Hydroelectric Dipsy Duck). Prototip ini dibuat dengan panjang 12 kaki. hal ini dilakukan dikarenakan beberapa saat setelah itu akan diujicobakan sebuah robot hidroelektrik dengan panjang 250 kaki yang akan dipasang di sungai untuk membangkitkan listrik (Inovasi aneh). dalam gambar, terlihat mereka menuangkan beer ke dalam sebuah alat yang merupakan bagian dari robot ini. saat itu ditemukan juga motor listrik yang berfungsi mengerakan robot ini.

Dalam tradisi MIT, semua mahasiswa tahun pertama atau semester 1 akan djamu makan malam di malam pertama mereka di MIT agar mereka bisa tahu tentang budaya di MIT.  berbagai makanan akan dihidangkan dan setiap tahun berbeda jenis makanan yang disajikan. Untuk Tahun 1993, sang chef menamakan dirinya "kanibal" karena dia memasak sebuah makanan yang campurannya katanya adalah daging manusia dikatakan sang chef sebagai "Perfect Specimen". Hal ini tentunya hanya sebuah lelucon. berdasarkan sumber tidak diberikan penjelasan daging apa yang sebenarnya digunakan.

Ada beberapa hack fenomenal yang pernah dibuat MIT a.l:

1. Meledakkan sebuah balon raksasa di pinggir lapangan yang saat itu sedang berlangsung pertandingan american football antara kampus Harvard dan kampus Yale, dua kampus terbaik dunia yang bergabung dalam Ivy League,  Grup yang beranggotakan kampus terbaik dunia yang berlokasi di Amerika. ini dilakukan tahun 1982. entah bagaimana caranya mereka bisa memasang balon itu, memompanya dan meledakkannya tetapi saat dilakukan investigasi ditemukan detonator dan beberapa komponen elektronik termasuk ditemukan adanya Circuit Breaker /CB atau pemutus daya.

Untuk referensi terkait berita termasuk konstruksi balon ini ini silahkan kllik dan baca beberapa artikel berbahasa Inggris ini:

-  3 historic MIT hacks at the Harvard-Yale football game

The day MIT won the Harvard-Yale game

dan ini videonya

2. Bangunan Green Building yang menjadi arena untuk orang bermain tetris. DImana MIT Green BUilding merupakan gedung departemen ilmu Bumi dan Alam Semesta. 20 April 2012.

ini videonya:

Inilah bentuk kehebatan mahasiswa MIT dari masa ke masa dalam membuat prank atau Hack.

Referensi Artikel:

Buku Institute Historian T. F. Peterson - Nightwork_ A History of Hacks and Pranks at MIT (2011, The MIT Press). download di libgen.io

MIT Hack's Web

MIT Hack's dari WIkipedia

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Dhanang H. L. Rohi

Universitas Nusa Cendana

Kupang NTT

“In God I Trust, and keep Moving Forward”