Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Ini Nih Daftar 24 Best Software Untuk Desain 3D GRATIS !!!!

Bagi kamu yang doyan banget sama desain 3D atau membutuhkan software untuk memulai project kamu. Ini nih 24 aplikasi terbaik gratis alias tidak perlu beli ataupun repot-repot untuk crack atau hacking.

Banyak website yang menyediakan software 3D modeling gratis dan berbayar. Masing-masing software tiga dimensi menyediakan fitur berbeda, menyesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Misal untuk desain arsitektur, animasi, game, atau desain industrial.

Karena itu, memilih software 3D modeling yang tepat adalah langkah penting sebelum mulai membuat model tiga dimensi yang diinginkan. Salah pilih software bisa jadi model tiga dimensi yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tapi tergantung dengan skill atau kemampuan desainer nya sendiri juga sih.

Bagi kalian yang sudah mengenal banyak perangkat lunak untuk desain 3D dan hanya membutuhkan deskripsi singkat tentang spesifikasi dan file format, kalian bisa langsung scrool ke paling bawah untuk link download nya juga ya.

Ini lah daftar 24 software 3D design yang bisa kalian gunakan semudah mungkin sesuai kemampuan dan kebutuhan kalian.

1. 3D Slash

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2015/07/3D-Slash-Lightsaber.png

3D Slash dipuji sebagai alat pemodelan 3D termudah di pasar. Antarmukanya yang unik dan menawarkan pengalaman yang intuitif dan menawan menggunakan seperangkat tool, dan pengguna dapat membuat model dengan "memotong kubus".

Dalam konteks teknologi 3D yang berkembang cepat, 3D Slash mempunyai misi untuk membuat aplikasi kreasi 3D yang dapat diakses oleh semua orang. 3D Slash terintegrasi dengan banyak pemain kunci dalam ekosistem 3D dan memperluas jangkauan kemitraannya. 3D Slash melihat permasalahan yang kuat yang digunakan untuk berbagai penggunaan, termasuk pemikiran desain, prototipe, pemodelan skala, dan hiburan digital. Aplikasi ini juga digunakan sebagai alat pendidikan oleh komunitas guru STEM (Science Technology Engineering Math) yang terus berkembang.

Aplikasi ini menggunakan alur kerja pembangunan blok seperti yang suka banget dengan game Minecraft. Pro modeling 3D biasanya akan menikmati program ini hanya untuk bermain, pendekatan langsung.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? 3D Slash juga dapat digunakan untuk mengimpor file STL yang ada dan memberi mereka tampilan piksel yang keren atau memodifikasinya hanya dengan beberapa klik.

2. Bforartist

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2017/08/B-for-Artists.jpg

Satu keluhan yang sering terdengar berkaitan dengan Blender adalah bahwa perangkat lunak pemodelan 3D yaitu sangat sulit diakses untuk pemula. Antarmuka penggunanya berantakan dengan entri ganda, ia menggunakan tombol mouse berlawanan secara intuitif dan sangat bergantung pada hotkey. Masukkan komunitas Blender. Tidak seperti perangkat lunak pemodelan 3D komersial, program ini benar-benar open source, sehingga masyarakat bebas untuk mengatasi masalah ini dengan mengembangkan garpu.

Bforartists hanyalah jawaban atas banyak keluhan terkait antarmuka pengguna Blender. Perangkat lunak desain 3D gratis ini menawarkan fitur-set yang sama seperti Blender.  Ini juga berarti Bforartist membaca dan menulis file Blender.

Hal pertama yang akan Anda perhatikan adalah bahwa Bforartist memiliki tema yang lebih mudah dibaca, ini karena pengembang memilih font baru dan meningkatkan skema warna untuk kontras yang lebih tinggi.

Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa UI Blender terlihat terlalu ramai? Di Bforartists, antarmuka pengguna telah dibersihkan. Singkatnya, pengembang perangkat lunak desain 3D gratis ini menghapus lebih dari 300 entri ganda dari menu. Menu-menu ini dalam banyak kasus salinan tab di sisi kiri ke viewport.

Perubahan paling penting yang diperkenalkan Bforartists adalah perubahan 180 derajat dalam filosofi alur kerja yang akan membuat perangkat lunak pemodelan 3D ini lebih mudah diakses oleh penggemar dan profesional yang sampai sekarang menjauh dari Blender. Ini karena alur kerja Blender terpusat menggunakan banyak hotkey yang harus diingat oleh pengguna jika ingin bekerja dengan cepat dan efisien. Sementara ini mungkin diterima oleh desainer 3D profesional yang bekerja dengan Blender setiap hari dan memiliki kesempatan untuk membiasakan diri dengan alat mereka. Namun, ini adalah masalah besar bagi mereka yang hanya sesekali perlu model 3D untuk pekerjaan mereka atau ingin mempelajari program yang dibutuhkan berbulan-bulan untuk membangun memori otot yang diperlukan untuk bekerja secara efektif. Untuk membuat segalanya lebih buruk, di Blender banyak alat yang sering dibutuhkan, membutuhkan sebanyak 4 tombol! Di sisi lain bergantung pada antarmuka pengguna yang cukup jelas dan intuitif. Lebih dari 100 alat yang hanya dapat diakses melalui hotkeys di Blender sekarang memiliki entri menu di Bforartists.

Di sisi lain, ini berarti bahwa jika Anda sudah akrab dengan hotkey Blender, maka Anda mungkin bingung dengan hotkey yang baru di awal. Anda juga harus menyadari dampak lain dari perubahan ini dalam pikiran. Menggunakan tutorial Blender standar akan menjadi sedikit usaha, karena Anda harus menerjemahkan antara dua versi perangkat lunak pemodelan 3D saat Anda bekerja melalui materi. Untungnya, para pengembang Bforartists juga memikirkan masalah ini dan menulis ulang dan kadang-kadang bahkan memperbaiki dokumentasi asli Blender.

Terlebih lagi, Bforartis memperhitungkan berbagai tugas yang dapat digunakan oleh perangkat lunak pemodelan 3D. Oleh karena itu, ia menggunakan satu set pandangan pra-konfigurasi untuk pemodelan 3D, editing UV, compositing dan banyak lagi. Dan tooltipnya juga telah diperbaiki.

Bforartists mengoreksi satu masalah yang menjengkelkan bagi pengguna Blender pertama kali: "Klik Kanan untuk Memilih". Blender harus menjadi satu-satunya program di alam semesta yang dikenal untuk menggunakan pengaturan seperti ini yang bertentangan dengan cara pengguna menggunakan Klik-Kiri untuk memilih objek.

Pengguna perangkat lunak desain 3D gratis ini dapat menyesuaikan program lebih lanjut agar sesuai dengan alur kerja mereka. Menu dapat dikonfigurasi. Alat menggunakan ikon untuk mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menggulir antarmuka pengguna, jika Anda lebih suka membaca nama alat, Anda dapat mengaktifkannya.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Bforartist diarahkan untuk seniman dan penggemar independen yang ingin menggunakan Blender, tetapi takut oleh antarmuka pengguna yang tidak dapat diakses.

3. Blender

Ini nih aplikasi yang baru di sindir di atas.

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2016/05/UV-Unwrapping-and-Texture-Painting-in-Blender-Tutorial-1.jpg

Blender biasanya digunakan oleh kelas profesional, perangkat lunak pemodelan 3D gratis yang komprehensif dan benar-benar open-source. Terlepas dari fungsi pemodelan 3D yang ada di inti program, itu juga dilengkapi modul yang didedikasikan untuk tugas-tugas yang sangat khusus. Misalnya, Blender dapat digunakan sebagai sculpting suite 3D yang sebanding dengan program industri lain seperti Mudbox atau Sculptris.

Blender juga merupakan alat yang sangat bagus untuk produksi efek visual bagi animator. Untuk memberikan contoh, pelacak gerakan kamera terintegrasi menghilangkan kebutuhan untuk beralih ke program lain. Kalian hanya cukup memuat rekaman mentah ke dalam program dan kemudian melacaknya secara manual atau otomatis. Berkat Blender API Python, program ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan proyek. Namun, kekayaan fitur ini menjadikan Blender salah satu perangkat lunak pemodelan 3D gratis yang lebih menantang untuk dikuasai. Jika kalian merasa bahwa sangat sulit menguasai Blender, cobalah Bforartists. Ini adalah garpu Blender, yang mencoba membuat perangkat lunak desain 3D gratis lebih mudah diakses untuk pemula.

4. Clara.io

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2017/06/Claraio-1284x787.png

Clara.io adalah perangkat lunak pemodelan 3D gratis yang berjalan di sebagian besar peramban modern. Semua alat atau fitur pemodelan yang kalian butuhkan dalam situasi yang paling umum: ekstrusi, beveling, pemotongan, dan perulangan. Mengingat bahwa kemampuan rendernya dipasok oleh V-Ray, perangkat lunak desain 3D gratis ini melampaui harapan untuk suite berbasis browser. Untuk konteks, V-Ray adalah mesin render yang merupakan bagian dari banyak program 3D desktop profesional.

Menggunakan standar WebGL, Clara.io memungkinkan Anda untuk menanamkan model 3D Anda ke situs web. Fitur ini mencakup kemungkinan bahwa pengunjung secara interaktif memanipulasi properti standar dari model 3D, seperti skala atau ketebalan. Dalam versi gratisnya, perangkat lunak desain 3D gratis ini hadir dengan penyimpanan cloud sebesar 5GB. Seperti yang bisa diharapkan, versi berbayar membawa kalian lebih banyak penyimpanan cloud, adegan pribadi tak terbatas dan waktu rendering.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Karena Clara.io berjalan di cloud, itu adalah alat yang sempurna untuk kolaborasi pada proyek-proyek animasi 3D yang rumit. Menampilkan animasi keyframe dasar, itu bahkan pilihan yang tepat untuk membuat film animasi.

5. Daz3D

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2017/09/Daz3D-e1523523612413.png

Daz3D adalah perangkat lunak pemodelan 3D yang terutama ditujukan untuk penggemar 3D desain. Itu berarti alat ini membutuhkan beberapa jalan pintas untuk memudahkan alur kerja. Kalian dapat membeli model yang siap di pasar dan menarik. Sebagai alternatif, kalian dapat memulai dengan salah satu model standar dan memodifikasinya sesuai keinginan. Seperti program serupa, Daz3D memiliki sejumlah alat untuk menyesuaikan setiap aspek dari model dasar, seperti pembuatan, ukuran, dan panjang anggota badan. Setelah selesai menata rambut dengan potongan rambut, dan mendandani kreasi, kalian dapat mengatur adegan-adegan rumit dengan benda-benda dari properti yang mencakup banyak genre.

Selain itu, Daz3D dimuat dengan alat untuk animasi 3D. Data tangkapan gerak yang dapat diedit agar sesuai dengan kebutuhan hanyalah salah satu dari banyak kemungkinan yang ditawarkan perangkat lunak desain 3D gratis ini. Alat dalang menampilkan pose yang berbeda sebagai simpul dalam kisi yang memungkinkan pengguna menganimasikan model mereka dengan menggeser tetikusnya di antara simpul-simpul ini. Kalian juga dapat menetapkan pose yang berbeda di timeline dan program akan menghasilkan gerakan secara otomatis. Dengan kata lain, animasi 3D tidak pernah semudah ini dibandingkan dengan program ini.

Hal terbaik tentang peranti lunak desain 3D ini adalah kalian dapat mengunduhnya secara gratis. Juga perlu disebutkan bahwa Daz3D menawarkan Marketplace Konten 3D di mana kalian dapat membeli dan menjual model, pose, dan properti Anda.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Daz3D adalah alat yang luar biasa untuk membuat model 3D manusia dan karakter humanoid yang realistis. Alat animasi 3D bawaan membantu kalian menampilkan kreasi untuk gambar diam atau bahkan film animasi yang rumit.

6. DesignSpark Mechanical

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2017/08/DesignSpark_New.png

Pendekatan pemodelan berbasis gerakan dari perangkat lunak desain 3D gratis ini memungkinkan bahkan bagi pemula untuk membuat geometri kompleks. DesignSpark sangat cocok untuk mendesain perangkat elektronik. Alat impor PCB memungkinkan pengguna perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini untuk membuat lampiran di sekitar representasi akurat dari papan sirkuit. Perpustakaan bagian terintegrasi DesignSpark yang menghilangkan kebutuhan lain untuk menarik barang pokok sendiri. lebih dari 45.000 bagian termasuk penutup aplikasi dan memungkinkan kalian untuk memesan komponen yang digunakan dalam desain dengan cepat dan nyaman.

Secara umum, perangkat lunak desain 3D dasar tersedia secara gratis. Namun, pengguna dapat membeli add-on untuk memperluas fungsionalitas. Misalnya, menggambar dalam 2D ​​membutuhkan addon dan begitu juga dukungan untuk iges, dan file langkah.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? DesignSpark adalah alat pemodelan 3D yang dapat digunakan untuk teknik dan bahkan arsitektur. Namun, itu sama kuatnya untuk mendesain model 3D untuk pencetakan 3D.

7. Doodle 3D Transform

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2017/08/3Doodle-Transform.jpg

Doodle 3D Transform dibuat oleh pencipta Doodle 3D, pena 3D pertama. Ini adalah alat desain online untuk pencetakan 3D dengan tata letak 2D-ke-3D split-screen. Hebatnya, ini memungkinkan kalian mengubah gambar 2D menjadi desain 3D. Pemilik printer 3D dapat menggunakan WiFi-Box khusus untuk mencetak langsung dari Transform ke printer 3D mereka. "Scan-and-trace" memungkinkan kalian untuk mengambil foto di tablet dan menggunakannya sebagai titik awal. Perangkat lunak desain 3D gratis ini secara otomatis membuat garis besar pada bentuk yang difoto. Selain itu, kalian dapat mengunduh gambar dari web sebagai titik awal untuk gambar dan desain.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Ini adalah perangkat lunak desain 3D yang bagus untuk pendidikan: Pemodelan 3D dibuat sangat mudah dengan perangkat lunak ini. Meskipun ada satu kelemahan. Namun, versi gratisnya dibatasi ketika menyimpan dan mengekspor file dan jika kalian ingin lebih banyak pilihan, kalian harus membayar.

8. Fractal Lab

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2017/08/FractalLab.png

FractalLab adalah program berbasis WebGL yang didedikasikan untuk pemodelan 3D fraktal. Perangkat lunak pemodelan 3D gratis memungkinkan kalian memilih berbagai jenis fraktal. Ide dasarnya adalah sebagai berikut, kalian menempatkan batasan yang berbeda pada objek, seperti skala, tingkat detail atau kelancaran. Terlebih lagi, program ini memiliki opsi untuk texturing, kontrol kamera dan bayangan. Menimbang bahwa ini adalah perangkat lunak desain 3D gratis, sangat luar biasa jika komprehensif kalian dapat mengendalikan objek dan pemandangan.

Untuk membuat fraktal baru dari awal, pengguna perlu pengetahuan yang solid tentang matematika. Setiap orang juga dapat menikmati fraktal yang disediakan di perpustakaan fraktal dari perangkat lunak desain 3D gratis untuk menyesuaikannya sesuai keinginan dan mengeksplorasi objek.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Buat ilustrasi menakjubkan yang akan menarik pandangan kalian untuk menjelajahi detail terkecil.

9. FreeCAD

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2015/07/FreeCAD_extraction.png

FreeCAD adalah perangkat lunak pemodelan 3D gratis parametrik yang dapat dikustomisasi, open source, dan dapat disesuaikan. Parametrik berarti kalian dapat mendefinisikan batasan dan parameter untuk desain yang memungkinkan kembali ke riwayat pengeditan dan memodifikasinya dengan mengubah nilainya.

Secara umum, khalayak utama FreeCAD adalah komunitas CAD. Jadi, jika kalian sudah tahu perangkat lunak CAD lainnya, kalian akan mempelajarinya dalam waktu singkat. Namun, jika kalian baru memulai dengan CAD, kompleksitas FreeCAD dapat terasa luar biasa pada awalnya. Meskipun demikian, itu pasti layak untuk dipertahankan, karena akan dihargai dengan serangkaian fitur luar biasa yang tidak memiliki persamaan di antara program CAD gratis. Secara khusus, perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini memiliki arsitektur modular yang memungkinkan plugin dimuat ke dalam program inti. Kalian dapat melakukan operasi canggih seperti analisis berat badan sendiri atau menyimulasikan gerakan robot dan masih banyak lagi.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Mengingat set fitur yang kaya, FreeCAD dapat digunakan dalam banyak alur kerja rekayasa dan arsitektur. Terlebih lagi, karena dapat menghasilkan, menampilkan dan mengedit G-code, ini adalah solusi lengkap sempurna untuk pencetakan 3D.

10. Fusion 360

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2016/05/Rahkshi_-_Lego-1284x783.jpg

Autodesk Fusion 360 menggabungkan langkah-langkah berbeda dari proses pengembangan produk ke dalam perangkat lunak pemodelan 3D tunggal. Di sisi pemodelan yang tepat kalian memiliki alat-alat seperti pemodelan dan pemodelan bentuk bebas, pemodelan padat dan pemodelan parametrik. Untuk kebutuhan teknik, kalian dapat memanfaatkan simulasi canggih, seperti analisis integritas struktural atau pemodelan perakitan. Sama menakjubkannya adalah kemampuan program untuk membuat bagian menggunakan toolpath CNC atau pencetakan 3D, menjadikannya pisau tentara Swiss yang benar untuk diproduksi.

Perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini memiliki keunggulan tambahan oleh fitur kolaboratif yang luas yang memungkinkan tim besar untuk bekerja secara bersamaan di bagian dan mengelola versi file. Autodesk Fusion 360 tersedia secara gratis untuk penggunaan non-komersial selama satu tahun penuh. Pelajar dan pendidik bahkan dapat mengajukan permohonan lisensi 3 tahun gratis.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Autodesk Fusion 360 adalah pilihan yang sangat baik untuk desain teknik rumit yang menjadi wawasan tim besar. Fitur fabrikasi membuat program ini menjadi alat yang ideal untuk memproduksi dan menguji prototipe dengan cepat.

11. Houdini

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2017/08/Houdini.png

Houdini adalah perangkat lunak pemodelan 3D gratis prosedural yang dirancang berbasis simpul. Demikian pula untuk pemodelan parametrik, teknik ini memungkinkan kalian untuk mengubah seluruh model dengan mengubah parameter individu (node). Fitur ini sama-sama memungkinkan pengguna untuk menggunakan kembali objek dan membuat program menonjol dari pesaing seperti 3DS Max.

Namun, alasan lain mengapa peranti lunak desain 3D gratis ini adalah favorit industri, adalah bahwa ini termasuk efek partikel yang rumit seperti cairan dll. Meskipun versi gratis Houdini memiliki semua fitur dari produk komersial, itu dilengkapi dengan beberapa keterbatasan yang kalian harus perhatikan yaitu hanya dapat merender hingga resolusi 1280 ✕ 720 px, penyaji pihak ketiga tidak diaktifkan dan setiap gambar yang ditampilkan akan menampilkan logo Houdini.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Pendekatan pemodelan prosedural dari Houdini memungkinkan kalian dengan cepat menghasilkan geometri kompleks pada tingkat kualitas yang konstan. Dari peta tekstur yang dipahat dengan cermat hingga berbagai koridor pesawat ruang angkasa, hampir semuanya dapat dihasilkan secara efisien. Itu sebabnya sihir parametrik Houdini adalah alat populer untuk pengembangan game dan animasi 3D.

12. Inventor

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2016/05/20130409rclfig1.jpg

Dengan Autodesk Inventor kalian mendapatkan kemampuan pengembangan produk yang sangat profesional yang terdiri dari alat-alat untuk desain mekanik 3D, simulasi, dan dokumentasi. Pada dasarnya, Inventor membawa alat pemodelan parametrik yang kuat ke meja kerja, berarti kalian dapat menentukan batasan dan parameter untuk desain. Nilai-nilai ini dapat diubah nanti dalam proyek, memungkinkan kalian untuk membentuk kembali seluruh desain untuk mengadaptasikannya. Inventor melampaui apa yang dapat ditawarkan oleh sebagian besar perangkat lunak pemodelan 3D gratis lainnya. Untuk memberikan hanya satu contoh, bahasa pemrograman iLogic-nya memungkinkan pengguna untuk "mengkodekan" rakitan kompleks dan membuat menu sehingga mudah untuk mengubahnya.

Selain itu, perangkat lunak desain 3D gratis ini mendukung AnyCAD bahkan memungkinkan berkolaborasi dengan alat CAD dari pesaing. Tanpa terjemahan antara format file, asosiasi yang rumit antara komponen tetap berlaku dan tidak perlu dikonfigurasikan lagi. Autodesk menawarkan versi gratis kepada pelajar.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Autodesk Inventor diarahkan pada tim insinyur yang perlu berkolaborasi dalam proyek berskala besar. Contoh berikut mengilustrasikan kecanggihan Inventor: Salah satu teknologi cerdas yang melengkapi strategi desain tradisional adalah generator bentuk yang memungkinkan pengguna menentukan volume bagian dan lokasi di mana kekuatan akan diterapkan. Ini kemudian menghasilkan bagian yang kuat, namun ringan.

13. MagicaVoxel

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2017/06/MagicaVoxel.png

Jika kalian suka Minecraft, tetapi suka pemodelan 3D, maka Anda harus mencoba MagicaVoxel. Dalam perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini kalian harus mengumpulkan dan menggabungkan kembali kubus-kubus kecil (dijuluki "voxels") untuk menciptakan model 3D pixel yang bagus. Meskipun benar bahwa ini terdengar sangat mirip dengan 3D Slash, tetapi perangkat yang tersedia dalam perangkat lunak desain 3D gratis ini lebih canggih. Pengguna dapat mengeksploitasi palet warna besar (didefinisikan khusus atau preset), pemodelan yang sebenarnya dilakukan menggunakan array besar sikat 3D dan pola. Perbedaan utama lainnya adalah perender yang memungkinkan untuk efek lanjutan, seperti materi memancarkan HDR.

Meskipun demikian, perlu waktu untuk terbiasa dengan alat yang cukup tidak lazim di MagicaVoxel. Dalam perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini kalian memilih antara mode yang hanya memengaruhi permukaan mesh, menembus volumenya, atau hanya memanipulasi lapisan pilih dari mesh. Berbekal alat ini, pengguna berpengalaman dapat bekerja dengan kecepatan yang hampir setara dengan perangkat lunak desain 3D gratis tradisional. Keuntungan dari teknik ini adalah kalian tidak perlu menggabungkan desain voxel yang rumit dengan voxel, sebagai gantinya, kalian dapat membuat sketsa dengan cepat dan efisien.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Model yang kalian buat di MagicaVoxel adalah aset 3D yang hebat untuk game atau seni untuk desain grafis dan animasi 3D yang membutuhkan kesenangan piksel yang unik.

14. MakeHuman

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2017/06/MakeHuman.png

Mirip dengan Poser dalam konsepnya, MakeHuman adalah alat pembuatan karakter gratis yang dimulai sebagai plugin untuk Blender. Pengguna membuat model 3D realistis manusia menggunakan penggeser yang mengontrol properti umum seperti usia, jenis kelamin dan berat, hingga ke fitur terbaik seperti bentuk wajah atau panjang anggota badan. Pada dasarnya, perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini memungkinkan kalian untuk secara harfiah menyesuaikan karakter sampai ke ujung rambut.

Jika kalian tidak ingin model yang tetap "telanjang", kalian dapat memilih dari berbagai pakaian yang akan meminjamkan karakter tambahan real. Perangkat lunak desain 3D gratis ini juga menawarkan menu tali-temali karakter yang membuat kreasi kalian mudah disesuaikan dengan berbagai aplikasi. Sebagai alternatif, serangkaian file tangkapan gerak yang telah direkam sebelumnya memungkinkan kalian melihat model 3D dalam bentuk aksi.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Model 3D yang dibuat di MakeHuman adalah mesh dasar yang hebat yang dapat disempurnakan dalam alat pahat 3D seperti Sculptris. Aplikasi lain yang mungkin sebagai pengembangan game 3D dan film animasi 3D.

15. MashMixer

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2015/12/MeshMixer-revisited-0041-1284x729.png

Meshmixer adalah perangkat lunak pemodelan 3D gratis kedua yang diterbitkan oleh Autodesk. Meshmixer membawa banyak alat praktis ke meja kerja yang membantu mencetak 3D dari desain kalian. Misalnya, mudah untuk menghemat waktu dan bahan cetak dengan melubangi file 3D. Selain itu, kalian dapat memeriksa stabilitas file dengan rangkaian alat analisis canggih namun mudah digunakan oleh Meshmixer.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Meshmixer adalah pilihan yang sangat baik ketika harus menyiapkan file STL untuk pencetakan 3D. Di antara banyak fitur yang dirancang secara matang  yang secara otomatis menghitung pengaturan paling efisien untuk pengukuran printer 3D kalian. Dan banyak lagi!

16. OnShape

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2017/05/ea877cecc389a0b7f5c4f8752747ddb145df5b08-1284x722.jpg

OnShape adalah kelas teknis CAD yang dikembangkan oleh mantan anggota staf Solidworks. Ini lebih dari perangkat lunak pemodelan 3D gratis. Demikian pula untuk Fusion 360, ia berusaha mengintegrasikan seluruh alur kerja rekayasa ke dalam satu program, dari desain awal hingga pengujian. Dalam hal fungsi CAD tradisional, kalian mendapatkan kekuatan penuh dari model parametrik yang di inginkan.

Kemudian dalam alur kerja, perangkat lunak desain 3D gratis ini menampilkan rakitan uji dari banyak desain bagian yang kompleks yang dapat dieksplorasi secara detail menggunakan animasi. Fitur ini memungkinkan kalian untuk menemukan masalah bahkan sebelum satu bagian dunia nyata dibuat. Namun kekuatan lain terletak pada kemampuan kolaborasi komprehensif OnShape. Manajemen pengguna proyek memungkinkan kalian melacak pengeditan setiap anggota tim dan mengelola tim menggunakan versi. Untuk alasan ini, perangkat lunak desain 3D ini dikirimkan sebagai layanan cloud. Berbagai macam aplikasi memperluas kegunaan perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini dengan simulasi, CAM, rendering, dan banyak lagi.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? OnShape adalah solusi mengesankan untuk teknik yang bersaing dalam beberapa hal, Autodesk's Fusion 360.

17. OpenSCAD

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2016/05/Captura-de-pantalla-2013-10-08-18.09.29-1284x803.png

OpenSCAD membuat kalian mendefinisikan dimensi bentuk primitif dalam kode. Kemudian Anda mengumpulkan mereka bersama-sama menggunakan operasi boolean untuk membentuk satu model 3D yang solid. Pendekatan ini untuk pemodelan 3D memungkinkan tingkat presisi yang lebih tinggi dan mencegah banyak kesalahan.

Diakui, butuh beberapa saat bagi para pemula untuk membungkus tangan mereka dengan konsep ini. Namun, keunggulannya akan membuatnya berharga bagi kalian! Banyak perangkat lunak desain 3D gratis lainnya dapat mendorong ke suatu sudut karena kalian tidak dapat membatalkan perubahan yang di buat pada mesh. OpenSCAD tidak memiliki masalah ini dan desain tidak menurun seiring waktu, karena mesh 3D dihasilkan lagi setiap kali kalian mengkompilasi file kode.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Perangkat lunak desain 3D ini adalah pilihan yang sangat baik untuk desain teknis dan pemodelan parametrik. Karena fragmen kode dapat digunakan kembali untuk proyek selanjutnya, alur kerjanya bisa sangat cepat, setelah kalian menguasai program tentunya. Sama mudahnya menghasilkan objek 3D serupa tetapi dimensi yang berbeda, karena kalian dapat kembali dan mengubah nilai-nilai ini dalam kode.

18. SculptGL

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2016/10/Bildschirmfoto-2016-10-11-um-16.34.04.png

SculptGL adalah pilihan ideal. Berdasarkan WebGL, ini berjalan tanpa kerumitan di sebagian besar browser modern. Meskipun perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini hanya mencakup beberapa sikat dasar yang meniru efek alat pahat dunia nyata, kalian dapat mencapai hasil yang mengesankan. Dengan mengaktifkan opsi simetri yang menghemat waktu pemodelan 3D dan memastikan kalian mendapatkan hasil yang konsisten untuk fitur yang disusun (wajah, anggota badan dll.)

Meskipun SculptrisGL adalah perangkat lunak desain 3D gratis, ia memiliki beberapa fitur yang mengesankan untuk ditawarkan. Menerapkan dinamis pengubah topologi kalian yang dapat membagi model 3D untuk membuat detail yang lebih rumit. Sebagai aturan praktis, disaat ingin mulai memblokir fitur-fitur besar (lengan, kepala, anggota badan) dan bekerja dengan cara menurunkan skala ke rincian yang lebih halus (bekas luka, kerutan). Mungkin berguna untuk mengimpor mesh basis generik untuk menghemat waktu. Perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini tidak mengharuskan kalian untuk mendaftar.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? SculptGL adalah hak untuk membuat karakter 3D yang tampak realistis yang dapat digunakan dalam animasi 3D atau sebagai aset 3D dalam pengembangan game.

19. Sculptris

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2016/10/barry-croucher-A6.jpg

Sculptris adalah program sculpting 3D yang tersedia gratis dari penerbit perangkat lunak komersial ZBrush. Seperti dalam program yang serupa, ide dasarnya adalah bekerja dengan mesh dasar menggunakan seperangkat sikat yang meniru efek alat pahat dunia nyata. Juga, kalian dapat menggunakan perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini untuk melukis tekstur langsung ke mesh.

Sangat mudah untuk mengambil teknik dasar Sculptris. Kalian tidak boleh mencoba membuat model resolusi tinggi langsung dari awal. Sebagai gantinya, mulailah dengan mendefinisikan siluet (lengan, kepala, anggota badan) dalam sikat yang sangat luas. Dari sana Anda dapat beralih ke sikat yang lebih kecil dalam perangkat lunak desain 3D gratis ini dan menambahkan tingkat detail yang lebih detail selangkah demi selangkah. Pertama-tama tentukan ukuran-ukuran menengah, seperti otot, jari-jari, dll. Selanjutnya, turun ke detail-detail rumit seperti kerutan atau bekas luka dengan menggunakan kuas yang lebih halus. Tapi, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Sculptris untuk membuat karakter 3D yang tampak realistis yang dapat digunakan dalam animasi 3D atau sebagai aset 3D dalam pengembangan game.

20. SketchUp

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2015/04/SketchUp.png

SketchUp sederhana untuk dipelajari, tetapi perangkat lunak pemodelan 3D gratis yang komprehensif yang fitur alat canggih yang cocok untuk desain yang rumit dan menempatkan kalian ke kontrol penuh dari setiap detail dari desain kalian. Sebaliknya, SketchUp hadir dengan kurva belajar yang curam. Setelah kalian mengatasinya, kalian akan dihargai dengan alat CAD yang sangat baik. Perangkat lunak desain 3D gratis ini memungkinkan pengguna untuk dengan cepat membuat sketsa bentuk desain mereka relatif terhadap bentuk yang ada. Pendekatan intuitif dan membuat desain kompleks dengan tuning yang cukup mudah.

Selain itu, SketchUp telah menyiapkan repositori sendiri sekitar 2,2 juta model 3D. Di sini, kalian dapat menemukan pohon, rumah, dll. Untuk mengisi ilustrasi arsitektur. Jika itu tidak cukup untuk meyakinkan nilai SketchUp, komunitas pengguna yang berdedikasi terus-menerus menulis plugin yang memperluas fungsionalitas dari perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini. Sebagian besar ekstensi ini tersedia secara gratis.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? SketchUp bukan hanya pilihan yang sangat baik untuk mewujudkan proyek pencetakan 3D, tetapi juga merupakan tambahan yang bagus untuk animasi 3D dan alur kerja desain grafis kalian.

21. Terragen

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2017/08/Terragen-1284x550.jpg

Terragen adalah program yang berpusat pada desain dan rendering lanskap fotorealistik. Tekstur ini dihasilkan menggunakan sistem shader yang kuat dan memungkinkan untuk manipulasi tekstur dan permukaan yang canggih. Menggunakan sistem simpul prosedural, pengguna memiliki kontrol penuh atas kreasinya, hingga ke kerikil terakhir. Selain itu, perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini memungkinkan kalian mengisi adegan dengan beragam pohon, batu, dan properti lainnya untuk meningkatkan realisme secara keseluruhan.

Kontrol yang komprehensif dari fenomena atmosfer, seperti awan volumetrik, kabut, langit, matahari, dan bintang, membuat lanskap menjadi hidup. Kalian dapat membangun seluruh planet di dalam perangkat lunak pemodelan 3D ini. Seperti yang bisa diharapkan dari solusi profesional, perangkat lunak desain 3D gratis ini memiliki kemampuan untuk mengimpor file DEM dari bentang alam dunia nyata yang dapat berguna saat melakukan visualisasi. Tidak mengherankan, versi gratis Terragen memiliki sejumlah batasan dalam hal ukuran render maksimum dan properti lainnya.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Terragen adalah tambahan yang tak ternilai untuk proyek-proyek yang menyerukan bentang alam yang realistis. Ini sering digunakan dalam aplikasi komersial high-profile seperti visualisasi arsitektur, animasi 3D, efek visual dan pengembangan game.

22. TinkerCAD

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2016/02/Best-3D-printing-software-for-beginners-Tinkercad.png

Meskipun TinkerCAD dapat menurunkan penghalang masuk ke CAD, itu tidak berarti hasilnya sepele. Awalnya, kalian memulai dengan pilihan bentuk dasar yang ditarik ke dalam workplane. Di sana, kalian mengubah ukuran dan posisinya. Perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini memiliki fitur alat dasar untuk melakukan operasi boolean. Ini berarti kalian dapat membuat objek yang kompleks dengan menambahkan atau mengurangkan bentuk sederhana sehingga semua orang dapat bekerja dengan TinkerCAD!

Menggunakan generator merupakan bentuk yang bagus, perangkat lunak desain 3D gratis ini memungkinkan kalian untuk membuat desain yang rumit tanpa usaha. Ini pada dasarnya adalah makro yang menentukan properti dari banyak bagian, seperti roda gigi atau tangga. Karena kalian tidak perlu khawatir tentang seluk-beluk operasi boolean dan sejenisnya, fitur ini bahkan cocok untuk pemula.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Desain yang dibuat di TinkerCAD cocok untuk pencetakan 3D dan hingga tingkat tertentu bahkan pembuatan prototipe yang cepat. Jika memerlukan lebih banyak fungsionalitas teknis, lihat FreeCAD atau Fusion 360.

23. Vectary

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2017/08/Vectary-1284x666.png

Vectary adalah alat pemodelan 3D online yang memungkinkan kalian untuk membuat, berbagi, dan menyesuaikan desain 3D. Intinya, Vectary adalah kombinasi pemodelan mesh standar, pemodelan subdivisi, dan plugin parametrik. Dibangun dari awal untuk membuat pemodelan 3D mudah digunakan untuk pemula dan juga dapat berguna untuk profesional.

Hebatnya, perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini berbasis browser, jadi tidak perlu mengunduh dan menginstal. Dimulai dengan tutorial yang mudah, lalu memungkinkan kalian untuk memulai perancangan dan pemodelan 3D. Model disimpan secara otomatis di cloud dan juga dapat dibagikan dengan teman dan kolega. Kalian juga dapat menyesuaikan ribuan model 3D yang ada yang tersedia di cloud Vectory.

Perangkat lunak desain 3D gratis ini juga memiliki kemungkinan untuk menambahkan plugin (desain 3D parametrik, shader kompleks, opsi ekspor); juga, perangkat lunak berbasis Slovakia untuk membuka API-nya yang memungkinkan pengguna untuk membuat plugin mereka sendiri.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Vectary adalah perangkat lunak hebat untuk merancang model 3D canggih dengan cepat. Namun, bersiaplah untuk menemukan beberapa gundukan di jalan, karena perangkat lunak desain 3D gratis ini saat ini kemungkinan masih dalam versi beta.

24. Wings 3D

Sumber: https://all3dp.com/app/uploads/2017/08/Wing02.jpg

Wings 3D adalah proyek yang dikembangkan sebuah komunitas yang dimulai pada tahun 2001. Ia menemukan keseimbangan yang tepat antara berbagai alat khusus yang memberikan dasar menyeluruh kepada pemodelan 3D untuk para pemula dan tidak membanjiri mereka. Secara khusus, ini berarti antarmuka pengguna perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini sensitif terhadap konteks, yang berarti tergantung pada apa yang kalian pilih, opsi yang berbeda tersedia untuk kalian. Pendekatan intuitif Wings 3D menawarkan pengenalan yang sederhana dan cepat ke kerajinan pemodelan 3D.

Namun, kekuatan utama Wings 3D terletak pada kemampuan subdivisi tingkat lanjutnya. Keunggulan lain dari perangkat lunak desain 3D gratis ini adalah fitur AutoUV-nya, yang memungkinkan Anda untuk mengekspor gambar yang tidak dilipat dari permukaan desain kalian untuk lukisan dan tekstur dalam program pengeditan gambar. Mirip dengan Sculptris, Anda bahkan dapat memberikan 3D sculpting untuk dicoba.

Apa yang bisa saya gunakan untuk perangkat lunak pemodelan 3D gratis ini? Wings 3D adalah pemodel 3D serba guna yang dapat digunakan dalam animasi 3D dan pencetakan 3D.

Sumber: https://all3dp.com/1/free-3d-modeling-software-free-3d-design-software-3d-cad/

Jadi sudah terbayangkan bagaimana canggihnya desain kalian nanti setelah menggunakan software 3D desain ini ?? Tapi alangkah baiknya kita mengenal dulu software yang akan digunakan sesuai kebutuhan dan mudah dipahami agar tidak salah memilih.

Sebenarnya masih banyak banget software atau perangkat lunak Desain 3D yang ada, tapi dalam daftar yang saya pilih masuk dalam kategori gratis dengan batasan fitur ya. Tidak ada yang full version untuk kerja keras ahli dalam membuat sofware tentunya.

Terima kasih telah membaca.

Salam anak teknik !!!

Klik pada nama software untuk download melalui situs resmi !

Software Level Pengguna Format File Sistem Operasi
3D Slash Pemula 3dslash, obj, STL Windows, Mac, Linux, Browser
Bforartists Pro 3ds, dae, fbx, dxf, obj, x, lwo, svg, ply, STL, vrml, vrml97, x3d Windows, Mac, Linux
Blender Pro 3ds, dae, fbx, dxf, obj, x, lwo, svg, ply, STL, vrml, vrml97, x3d Windows, Mac, Linux
Clara.io Menengah 3dm, 3ds, cd, dae, dgn, gf, gdf, gts, igs, kmz, lwo, rws, obj, off, ply, pm, sat, scn, skp, slc, sldprt, stp, STL, x3dv, xaml, vda, vrml, x_t, x, xgl, zpr Browser
Daz3D Menengah obj, fbx, dae, daz Windows, macOS
DesignSpark Mechanical Lanjut rsdoc, dxf, ecad, idf, idb, emn, obj, skp, STL – i(ges, step) Windows
Doodle 3D Transform Pemula obj, STL Browser, Android, iOS
Fractal Lab Pemula png Browser
FreeCAD Lanjut step, iges, obj, STL, dxf, svg, dae, ifc, off, nastran, vrml, fcstd Windows, Mac, Linux
Fusion 360 Pro catpart, dwg, dxf, f3d, igs, obj, pdf, sat, sldprt, stp Windows, Mac
Houdini Pro geo, clip Windows, Mac, Linux
Inventor Pro 3dm, igs, ipt, nx, obj, prt, rvt, sldprt, STL, stp, x_b, xg Windows
MagicaVoxel Menengah 2d, iso, mc, obj, ply, qb slab, vox, xraw Windows, Mac
MakeHuman Menengah dae, fbx, obj, STL Windows, Mac, Linux
MashMixer Menengah amf, mix, obj, off, STL Windows, Mac, Linux
OnShape Pro sat, step, igs, iges, sldprt, STL, 3dm, dae, dfx, dwg, dwt, pdf, x_t, x_b, xxm_txt, ssm_bin Windows, Mac, Linux, Chromebook, iOS & Android
OpenSCAD Lanjut dxf, off, STL Windows, Mac, Linux
SculptGL Pemula obj, ply, sgl, STL Browser
Sculptris Mengengah obj, goz Windows, Mac
SketchUp Lanjut dwg, dxf, 3ds, dae, dem, def, ifc, kmz, STL Windows, Mac
Terragen Lanjut fbx, obj, ter, tgo Windows, Mac, Linux
TinkerCAD Pemula 123dx, 3ds, c4d, mb, obj, svg, STL Browser
Vectary Menengah obj, STL, png Browser
Wings 3D Pemula 3ds, fbx, obj, dae, lwo, wrl, rwx, STL, wrl, x, xml Windows, Mac, Linux

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Hafiz

Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Yogyakarta

“”