Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

10 Akun Youtube Ini Bisa Kamu Jadikan Referensi Belajar Kimia

YouTube merupakan platform yang menyediakan berbagai konten menarik. Khususnya untuk belajar kimia, ada kok YouTube yang membahas kimia secara menarik dan asyik.

Kimia merupakan salah satu mata kuliah yang mayoritas mahasiswa teknik akan dapatkan. Setidaknya mempelajari dasar-dasar kimia seperti ikatan ion, proses oksidasi sampai belajar katalis.

Dahulu, untuk belajar kimia harus melakukan berbagai percobaan dan membeli peralatan lab yang tentu saja mahal. Berkat internet, kita dapat mengakses informasi tentang kimia dengan mudah. Tentu saja memudahkan kita sebagai mahasiswa dan profesional yang terlibat.

Apalagi sekarang jadi lebih baik dengan adanya YouTube. Pengen cari informasi, orang-orang pasti larinya ke YouTube. Apalagi kalau mau cari materi kuliah, tinggal cari aja di YouTube.

1. Periodic Videos

Periodic Videos sudah aktif sejak tahun 2008 dan diprakasai oleh Sir Martyn Poliakoff, Profesor dari Universitas Nottingham. Dari beberapa daftar putar, terdapat pembahasan pada setiap elemen dari tabel periodik secara berurutan. Konten-kontennya dikemas dengan sederhana dan cocok untuk belajar dasar-dasar kmia.

2. CAMERA (Chemistry At Manchester Explains Research Advances)

Pada mulanya, CAMERA (Chemistry At Manchester Explains Research Advances) adalah kumpulan dokumentasi proyek mahasiswa kimia dari Universitas Manchester. Walau dokumentasi, akun ini menyajikan konten tentang penelitian kimia modern dan penerapan praktis sehari-hari.

3. LearnChemE

Kanal LearnChemE dikembangkan oleh Universitas Colorado, dan dirancang untuk penonton spesifik. Kanal ini justru menyajikan materi kuliah dan dapat dipakai untuk pembelajaran. Konten yang diberikan sangat teknis di antaranya adalah termodinamika, perpindahan panas dan pemrograman.

4. Tyler DeWitt

Tyler DeWitt adalah seorang guru SMA untuk pelajaran kimia. Ia juga memiliki gelar doktor karena telah menyelesaikan studi mikrobiologi di MIT. Konten-kontennya dikemas sederhana dan cocok bagi kalian yang sedang belajar kimia dari awal.

Mungkin konten dari Tyler hanya mengejarkan dasar dan belum cocok untuk tingkat lanjut. Setidaknya sangat berguna untuk yang mau belajar dasar-dasar kimia.

5. ChemistNATE

Perbedaan dari ChemistNATE daripada yang lainnya adalah penjelasan secara spesifik pada persoalan kimia. Ini cocok bagi yang punya masalah dengan tugas dan materi kuliah, serta pembahasannya dibuat menyeluruh.

6. American Chemical Society

Organisasi ini memiliki tujuan untuk memajukan pendidikan dan penelitian kimia. Yang membuat akun ini berbeda adalah penyajian konten wawancara oleh pelaku industri hingga memproduksi bahan-bahan kimia yang dibutuhkan. Ini tentu saja bagus untuk pelaku industri atau yang terjung di bidang kimia.

7. CEN Online

CEN Online memiliki konten berita tentang kimia dan engineering, sebelas duabelas dengan American Chemical Society. Namun CEN Onlline berfokus pada perkembangan industri kimia dan cocok untuk referensi pengetahuan. Siapa tahu ada yang butuh referensi untuk karya ilmiah?

8. Chemical Bouillon

Chemical Bouillon sedikit unik dari yang lainnya karena menggunakan kimia dan menunjukan bagaimana mereka dapat membuat pola, warna dan reaksi yang menarik secara visual. Jadi pada dasarnya, akun ini menerapkan kimia dalam dunia seni. Sehingga mambuat kimia nggak begitu bosenin.

9. NurdRage

Jika kamu senang bereksperimen, kanal ini bisa jadi tontonan yang wajib. NurdRage menyediakan video tentang membuat termit hingga glow stick ala wota. Apalagi kamu yang lagi kuliah dan seneng bikin-bikin alat, ini bisa jadi referensi kamu.

10. Extractions&Fire

Serupa dengan NurdRage, akun ini juga menyajikan konten ekesperimen tentang kimia. Video-videonya bisa kamu gunakan untuk referensi tugas akhir atau materi pelajaran bagi anak sekolah.

Selain itu, Extraction&Fire memiliki akun lain yang bernama Extraction&Fire2. Pada dasarnya kedua akun ini sama aja, bermain dengan eksperimen dan ledakan akibat reaksi kimia.

Sumber : interestingengineering.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”