Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

10 Alasan Logis Kenapa Bahasa PHP Banyak Digandrungi Developer dan Pebisnis

Sebagai salah satu bahasa pemrograman terpopuler, PHP memiliki banyak keuntungan bagi developer dan pebisnis. Dari semua itu, diantaranya adalah fleksibilitasnya tinggi

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman terpopuler sampai saat ini. Bahasa ini bisa digunakan berbarengan dengan HTML untuk pembuatan website. Kemudahan akses dan pengaturan membuat adalah sebagian dari keuntungan yang dimiliki oleh PHP.

Sekitar 83% layanan website di seluruh dunia menggunakan bahasa ini dengan jumlah lebih dari 1.000 website.Facebook, Yahoo dan WordPress adalah segelintir saja aplikasi dari bahasa PHP. Dari situ sudah terlihat bahwa masih menjadi primadona bagi pada develoment. Hal ini tak lepas dari kemudahan pengguna dan fitur-fitur menarik.

Apa saja fitur-fitur yang membuat bahasa PHP banyak digemari oleh banyak programmer?

1. Merupakan bahasa open source

goeventz.com

Kelebihan pertama dari bahasa PHP adalah dapat diakses secara gratis oleh developer. Berkat fitur open source, developer bisa belajar tentang kode skrip dengan mudah. Dengan demikian pemakai nggak perlu mengeluarkan uang lebih untuk bisa menggunakan PHP.

Berkat open source, para developer terbantu untuk menambahkan fungsi baru yang harus muncul dan tanpa biaya,

2. Mudah digunakan

pexels.com/@cottonbro

Kelebihan kedua adalah mudah penggunannya karena sintaks yang tersedia cukup jelas dan dapat dikembangkan oleh developer. Termasuk juga dokumentasi komprehensif tentang fungsi yang terintegrasi dengan distribusi inti. Fitur ini juga memberikan kemudahan untuk pengembangan web-related apps.

3. Upgrade PHP lebih mudah

pexels.com/@goumbik

Berkat decoding sintaks yang mudah, memudahkan untuk mengubah kode PHP. Dengan kata lain, pengembangan website dengan PHP jadi lebih mudah dan memakan waktu singkat. Karakteristik PHP bisa membantu mengubah situs web jadi aplikasi yang canggih.

Jadi developer memiliki kemudahan untuk adaptif dengan cepat dalam tren pasar saat ini. Serta pengeluaran untuk pivot dapat ditekan karena menggunakna bahasa PHP.

4. Sumber untuk belajar PHP sangat berlimpah

pexels.com/@negativespace

Orang mau belajar PHP karena memiliki banyak sumber referensi baik secara online maupun offline. Yang lebih menguntungkan lagi adalah kamu bisa belajar lewat komunitas PHP. Adanya komunitas dapat membantu belajar dan saling berbagi pengetahuan.

5. Hemat biaya

pexels.com/@divinetechygirl

Belajar bahasa PHP nggak ada biaya lisensi untuk belajar, semua informasi sudah banyak bertebaran di mana-mana. Bahkan beberapa contoh kode saja bisa didapatkan secara gratis di internet. Salah satunya bisa dapat dengan gabung forum komunitas PHP.

6. Dapat mengurangi waktu untuk pengembangan web

pexels.com/@divinetechygirl

Kode dalam PHP dapat digunakan untuk pengembangan sebuah web, dan merupakan bahasa pemrograman berbasis objek. Pemakaian kembali kode skrip membantu menhemat banyak waktu. Selain itu, developer memiliki berbagai kerangka untuk dipilih dalam pengembangan web seperti Laravel, WordPress dan Symfony.

PHP sengaja dioptimalkan untuk pembuatan aplikasi web dengan cepat. Dengan memiliki fungsi bawaan seperti mengakses GET dan POST dan bekerja dengan HTML dan URL.

7. Fleksibilitas tinggi dan integrasi yang sederhana

pexels.com/@markusspiske

Bahasa PHP sangat kompatibel dengan berbagai platform seperti Linux, Windows dan MacOs. Diluar itu, ia sangat mendukung dalam berbagai server dan basis data seperti MongoDB dan MySQL. Dengan kata lain PHP adalah bahasa yang dapat eksis lintas platform.

Walau sangat kompatibel dengan HTML, ia juga sangat efisien jika digabungkan dengan XML, JavaScrip dan bahasa pemrograman lainnya. Nggak ada masalah pada tampilan browser karena semua skrip dikompilasi di sisi server.

8. Dapat membantu web hosting

pexels.com/@negativespace

Secara umum, kemasan hosting mencakup dukungan bahasa PHP dengan biaya minim yang melibatkan free web host plans atau keterjangkauan dalam kebutuhan sumber daya tak terbatas. Bermacam layanan web hosting secara efisien kompatibel dengan bahasa PHP di layanan website host mereka.

Fleksibilitas ini membuat bahasa PHP menjadi incaran para developer di seluruh dunia. Ini juga membuatnya menjadi penyedia layanan jaw-dropping hosting.

9. Disukai oleh pebisnis karena mampu mempertahankan pelanggan

pexels.com/@vladbagacian

Secara umum, perhatian manusia berkisar 6-8 detik, jika selama waktu tersebut website nggak bisa muncul maka pengguna akan berpaling ke website lain setelah googling. Inilah yang menjadi dasar penggunaan PHP karena waktu penyelesaian lebih cepat. Alasan inilah mengapa bahasa PHP mudah penggunaan dan lebih cepat dari bahasa pemrograman lainnya dalam masalah pengembangan web.

Kode pada PHP mudah diaplikasikan pada HTML dan developer bisa mengubah kode web statis menjadi dinamis. Dengan kata lain adalah penggabungan kode PHP di dalam HTML. Inilah yang membuat PHP sangat digemari oleh pebisnis.

10. Pengembangan web lebih cepat dengan PHP

pexels.com/@hiteshchoudhary

Umumnya pengembangan web dengan PHP lebih cepat jika dibandingan dengan bahasa pemrograman lainnya. Perangkat lunak yang rumit dapat diselesaikan secara mudah dengan PHP. Tentu menjadi keuntungan bagi para developer dan perusahaan karena ngirit waktu.

Pantesan aja PHP punya banyak penggemar? Keuntungannya aja banyak banget.

Sumber : biz4group.com | d5creation.com | stfalcon.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”