Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

10 Hal yang Harus Diperhatikan Pemudik Jika Menggunakan Mobil

Mudik dengan mobil memang asyik. Lebih asyik lagi kalau sebelum jalan, mobil sudah dalam kondisi prima.

Menjelang hari raya, para pemudik disibukan dengan berbagai persiapan, khususnya yang membawa mobil sendiri. Agar mudik berjalan dengan lancar maka kendaraan yang digunakan wajib dilakukan pengecekan agar terhindar dari masalah.

Jika punya waktu lebih, bisa ngecek sendiri. Tetapi kalau nggak ada waktu, datang ke bengkel dan minta mekanik untuk mengecek kondisi mobil. Hal ini untuk memastikan mobil dalam keadaan prima selama perjalanan jauh.

1. Ganti oli mobil

Periksa kembali level oli dan kapan terakhir kali ganti oli. Kalau dirasa perlu butuh ganti oli, segera ganti. Karena sewaktu perjalanan jauh dapat memberikan tekanan lebih pada mobil. Fungsi dari oli adalah melumasi komponen mekanik agar gesekan yang ditimbulkan sangat kecil.

Penggantian oli dilakukan setiap 3.000 sampai 5.000 mil. Jika ganti olinya pada kisaran itu, pakai dipstick untuk memeriksa oli dan level pengisian. Seandainya berwarna hitam, berpasor dan dibawah minimum, segera periksa atau bawa ke bengkel.

2. Periksa cairan pada mobil

Cairan mobil yang dimaksud adalah oli, rem, pendingin dan komponen lainnya yang membutuhkan fluida. Dengan memeriksa cairan tersebut dapat menghindari kerusakan yang nggak perlu serta mengurangi resiko kecelakaan.

3. Tekanan udara ban

Ban merupakan bagian dari mobil yang langsung bersentuhan dengan jalan, jika mengabaikan pengecekan resikonya adalah kerusakan ban nggak terhindarkan.

Indikator pencekan ban adalah dengan melihat keterangan yang tertera. Terdapat angka yang menunjukan tekanan maksimum yang bisa diterima, jika kelebihan maka ban meledak. Sebaliknya, jika tekanan udara rendah maka ban jadi lebih panas dan bahan bakar terbuang percuma.

Tekanan udara juga mempengaruhi keausan pada ban. Jika posisi ban terlalu tinggi maka akan aus di tengah-tengah. Jika posisinya terlalu rendah maka ban akan aus di bagian pinggir.  Ada baiknya periksa tekanan ban dengan alat ukur atau datang ke bengkel.

4. Bantalan rem

Rem merupakan hal krusial pada kendaraan. Apabila ditengah perjalanan rem nggak berfungsi, yang ada malah mudik di rumah sakit.

Bantalan rem terdiri dari dua jenis, bagian luar berbahan logam dan bagian dalam berbahan komposit. Untuk bagian dalam ketebalannya harus di atas 5mm. Jika mulai menipis, segera ganti.

Mengganti bantalan rem juga bisa mengurangi kebisingan pada saat pengereman, Bantalan kondisi terbaik bisa bertahan dari 25.000 mil sampai 75.000 mil.

5. Filter udara dalam kondisi baik

Pemasangan penyaring udara dapat meningkatkan performa dan efisiensi mobil karena pasokan udara berlimpah. Selain itu, pemggunaan filter juga untuk menyaring debu, pasir dan serangga yang lewat dan mencegah masuk ke interior.

Apabila penyaring tersumbat maka mempengaruhi kinerja mesin dan berpotensi boros bahan bakar serta mengurangi kualitas udara interior. Gantilah jika merasa ada yang nggak beres dengan kondisi udara interior.

6. Pastikan semua lampu berfungsi dan nyalanya terang

Demi menjaga kenyamanan pengguna jalan di malam hari, pastikan lampu pada mobil berfungsi dengan baik. Bawalah ke bengkel untuk memastikan semuanya dalam kondisi baik. Atau kalau ingin ngecek sendiri, ketika nyalain mesin gunakan batu untuk mengganjal gas dan liat lampunya.

Apabila dirasa perlu membawa lampu cadangan, nggak ada salahnya juga, Yang penting dapat selamat sampai tujuan dan membuat pengemudi lain juga nyaman berkendara.

7. Baterai mobil / Accu

Jika ada gejala ketika starter melambat, mungkin kondisi baterai harus diganti atau mengalami korosi. Seandainya baterai nggak diganti selama bertahun-tahun, segera cek apakah kondisinya masih bagus. Kalau tidak, segera ganti yang baru.

8. Selalu sedia peralatan darurat di bagasi

Walau mobil sudah dikondisikan lancar jaya, tetap harus punya rencana cadangan. Karena kita nggak akan tau apa yang terjadi ditengah perjalanan. Ada baiknya mempersiapkan peralatan darurat di bagasi.

Peralatan yang bisa dibawa antara lain senter, dongkrak, kunci pas, ban cadangan dan penanda darurat. Karena kita tahu kalau perjalanan jauh segala sesuatu bisa terjadi.

9. Periksa sistem transmisi mobil

Last but not least, mobil dapat bekerja apabila sistem transmisi berfungsi dengan baik. Sistem transmisi mobil diantaranya adalah pedal, tuas, rem, setir serta kopling. Jangan mentang-mentang sering dipakai bukan berarti auto aman. Tetap lakukan pengecekan, apalagi untuk perjalanan jauh.

10. Cuci mobil

Mungkin terkesan sepele, namun mencuci mobil penting sebelum perjalanan jauh. Ketika jendela mobil bersih penting untuk visibillitas yang baik saat mengemudi dan memungkinkan untuk memeriksa kondisi bilah yang lebih luas sebelum perjalanan.

Makanya periksa mobilmu sebelum mudik agar selama perjalanan terhindari dari resiko kecelakaan. Karena yang mudik bukan cuma kamu doang.

Sumber : wheels24.co.za | popularmechanics.com | ingearauto.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”