Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

10 Penemuan Amerika yang Mengubah Wajah Dunia, Salah Satunya Adalah Internet

Amerika Serikat adalah negara besar karena penemuannya yang mendunia. Salah satunya adalah internet yang kita nikmati saat ini.

Amerika Serikat adalah negara adidaya yang banyak melahirkan inovasi di banyak hal. Banyak inovasi dari sana yang telah mengubah tampilan dunia saat ini. Bahkan sekarang ini, banyak inovator, ilmuwan dan praktisi yang karyanya jadi kiblat banyak negara, termasuk Indonesia.

Thomas Alfa Edison pernah bilang "Hampir semua orang yang mengembangkan sebuah ide mengerjakan sampai pada titik di mana hal itu tampak mustahil, dan kemudian jadi kecil hati. Itu bukan tempat untuk berkecil hati."

Gagasan untuk mengejar mimpi, penemuan yang ada kemungkinan mustahil mengalir di denyut warga Amerika Serikat yang mendorong penemuan para inovator yang dikenal baik nasional maupun internasional.

1. Modul bulan

Modul bulan adalah alat yang digunakan untuk mendarat ke bulan. Pendaratan pada tahun 1969 merupakan salah satu momen penting dalam sejarah Amerika Serikat, dunia dan manusia. Modul Lunar digunakan pertama kali digunakan oleh Neil Armstrong dan Buzz Aldrin.

Pengerjaan ini membutuhkan 7000 teknisi, mekanik untuk membuat modul bulan. Hingga penghargaan diberikan oleh orang New York Thomas Kelley untuk penemuannya.

2. Choco chip

Choco chip adalah makanan yang dari dulu sampai sekarang banyak digemari di seluruh dunia. Makanan ini pertama kali dibuat oleh Ruth Graves Wakefield pada tahun 1930.

Graves mendapat inspirasi ketika ia memodifikasi resepnya setelah roti coklat yang ia butuhkan dan menggantinya dengan sebatang coklat semi-manis. Ia memprediksi coklat batang akan meleleh seperti coklat pada pembuatan roti, tetapi bagian dagingnya hanya melunak, dan terbentuklah choco chip.

3. Transistor

Transistor pertama kali muncul pada tahun 1947 dan dibangun di Bell Labs dengan perkiraaan seukuran ipod. Fungsi transistor ialah seperti keran listrik, yang mana berdasarkan arus input atau tegangan input memungkinkan mengalirkan listrik dengan akurat dari sumbernya.

Tanpa ada transistor, semua benda elektronik nggak mungkin dibuat. Bahkan bisa dianggap transistor adalah jantung dari semua benda elektronik saat ini.

4. Lampu lalu lintas

Lampu lalu lintas pertama kali ada pada tahun 1912. Benda ini sangat berpenagruh bagi warga Amerika Serikat dan dunia, buktinya banyak yang memakainya sampai sekarang.

Awal mulanya lampu lalu lintas hanya menggunakan dua warna yaitu merah dan hijau. Lalu lahirlah ide untuk membuat tanda lalu lintas dengan lampu oleh Lester Wire, seorang polisi dari Salt Lake City. Sebelum ada lampu, polisi harus mengatur lalu lintas secara manual. Sampai pada tahun 1924 lampu lalu lintas dibuat otomastis.

Sayangnya Lester Wire nggak mematenkan karyanya, malah James Hoge yang mematenkan lampu lalu lintas pada tahun 1918. Sedangkan sinyal lampu lalu lintas dipatenkan oleh William Ghiglieri pada tahun 1917.

5. Microwave

Microwave sudah ada sejak tahun 1945 yang ditemukan oleh Percy Spencer. Ia adalah insinyur dari Maine yang mulanya membuat magnetron untuk perangkat radar di Raytheron. Penemuan microwave nggak sengaja ia dapatkan ketika memanaskan coklat di sakunya.

Ketika orang lain takut dengan efek magnetron, Spencer justru memanfaatkan dengan memanaskan makanannya, dan tahun 1946 Spencer mematenkan microwave pertama.

6. Laser

Laser pertama kali dibuat oleh Theodore H. Maiman di Laboratorium Penelitian Hugher di Malibu, Carlifornia pada tahun 1960. Saat ini, laser banyak digunakan di berbagai bidang dan industri.

Laser merupakan instrumen yang memencarkan cahaya dengan emisi simulasi yang kuat. Laser sendiri merupakan akronim dari light amplification by stimulated emission of radiation (amplifikasi ringan oleh stimulasi emisi radiasi).

7. Komputer

Bicara soal komputer selalu ada hubungannya dengan Bill Gates dan Steve Jobs, Microsoft dan Apple. Karena dua sosok tersebut mengubah wajah konputer di seluruh dunia. Sayangnya mereka berdua merupakan genereasi penerus.

Sosok yang pertama kali menemukan komputer adalah John Blankenbaker. Ia membuat komputer pertamanya dengan nama Kenback-1 di garasi rumahnya. Desain awalnya nggak memiliki input-output canggih atau kapasitas memori yang besar, yang pada akhirnya terjual seharga $4.500 pada saat itu.

8. Email

Zaman sekarang segala aktivitas manusia banyak bergantung pada teknologi, salah satunya email. Dengan menggunakna email kita bisa mengirim pekerjaan, arsip berharga hingga sekedar komunikasi semata. Tapi tahu nggak siapa orang yang pertama kali pakai email?

Email pertama kali digunakan oleh Ray Tomlinson programmer Kementrian Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1971. Ia menemukan cara bagaimana cara mengirim pesan teks ke orang dengan perangkat elektronik, dari situlah cikal bakal email.

Percobaan pengiriman pesan ia lakukan dengan dua komputer yang dikondisikan bersebelahan lewat ARPANET. Ray Tomilson juga mematenkan tanga (@) untuk memisahkan pengguna dengan mesin pengguna, yang sekarang diganti jadi nama domain.

9. GPS

Global Positioning Search atau GPS adalah salah satu temuan lagi dari Amerika Serikat. Alat ini dibuat pertama kali oleh Kementerian Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1973 dan beroperasi penuh pada tahun 1993. Dulunya GPS digunakan untuk strategi pertahanan negara, penelitian ilmiah, dan keamanan dalam negeri.

Walau dulu pemakaian GPS untuk kebutuhan militer, sekarang kiita sudah bisa menikmati hasilnya karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan warga sipil.

10. Internet

Internet sudah menjadi kebutuhan kita saat ini. Dengan adanya internet kita dapat mengakses apapun untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tanpa harus borong buku. Tetapi dulunya internet hanya dipakai oleh kebutuhan militer Amerika Serikat.

Purwarupa internet pertama kali adalah ARPANET pada tahun 1960-an yang memungkinkan banyak komputer berinteraksi dengan satu jaringan. Pada tahun 1970-an, ilmuwan mengembangkan TCP/IP, yang menjadi standar pengiriman data di antara beberapa jaringan.

Sebuah jaringannya jaringan, internet pertama kali diperkenalkan resmi dengan Internet Protocol Suite dari National Science Foundation pada tahun 1983, yang didanai oleh pemerintah Amerika Serikat.

Hingga tahun 1990, World Wide Web telah berdiri. Dan inilah yang menjadi internet mulai digunakan oleh masyarakat sipil Amerika Serikat dan dunia, salah satunya adalah Indonesia.

Jadi pada dasarnya yang membuat Amerika menjadi adidaya karena banyak penemuan dari sana yang mendunia. Sebenarnya Indonesia juga bisa asalkan mau mulai dari sekarang.

Sumber : interestingengineering.com | owlcation.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”