Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

11 Aplikasi yang Wajib Ada Di Gawai Mahasiswa Teknik Saat Kuliah

Buruan unggah aplikasi barusan di gawaimu! Nanti baru berasa manfaatnya. Lagipula kapasitasnya juga nggak gede-gede amat kok

Zaman sekarang, mahasiswa memanfaatkan gawainya untuk berbagai hal seperti urusan komunikasi, kuliah sampai nyari uang tambahan. Gawai sekarang semakin menarik dengan berbagai fitur untuk menunjang mobilitas serta membantu manusia.

Berbeda dengan mahasiswa teknik 10-20 tahun lalu yang harus membawa buku tebal, sekarang informasi tentang ilmu rekayasa (engineering) bisa kamu temukan lewat genggaman tangan. Hanya butuh koneksi internet, segala informasi ilmu rekayasa langsung ketemuy.

Aplikasi ini nggak hanya membantu kamu ketika kuliah semata. Nantinya dapat membantu kamu ketika memasuki dunia kerja.

1. Civil Engineering Dictionary

Mula-mula anak teknik sipil wajib memiliki aplikasi ini. Civil Engineering Dictionary merupakan kitab suci bagi mahasiswa dan professional di bidang sipil. Berisikan informasi dan istilah rekayasa sipil, tentu aja bisa membantu perkuliahan kamu di kelas. Unggahlah jika merasa butuh.

2. Automobile Engineering

Automobile Engineering berisikan materi tentang pengantar otomotif, sistem transmisi, kelistrikan dan sebagainya. Yang menarik disini adalah menyajikan 180 topik otomotif dengan pendekatan grafis dan persamaan matetatika. Apakah kamu suka belajar otomotif? Maka aplikasi satu ini wajib ada di gawai kamu.

3. Chegg Study

Apakah kamu kesulitan ngerjain tugas kuliah? Maka Chegg Study bisa kamu unggah segera. Aplikasi ini banyak berisi kunci jawaban tugas-tugas kuliah, khususnya tugas kuliah dari buku.

Aplikasi ini nggak cuma menyajikan kunci jawaban, tetapi ada juga pembahasan soal. Jadi kamu bisa tahu asal mula jawaban tersebut. Jangankan mencari jawaban, kamu bisa bertanya apapun pada pengguna lainnya sesama mahasiswa.

4. Electronics Engineering App

Electronic Engineering App adalah kitab suci bagi anak teknik elektro. Berisikan informasi tentang diagram, persamaan matematika dan rumus bidang elektro. Aplikasi ini sangat berguna bagi yang kesulitan belajar elektro.

5. Engineering Unit Converter

Ilmu rekayasa nggak bisa lepas dari penggunaan satuan. Penggunaan satuan berguna bagi informasi bagi perekayasa (engineer) atau mahasiswa ketika sedang belajar.

Engineering Unit Converter dapat membantu kemu mengkonversi satuan sesuai kebutuhan. Mulai dari kategori panjang, suhu, volume  massa, energi sampai muatan listrik. Asyiknya lagi aplikasi ini dapat berfungsi walau nggak ada jaringan internet.

6. TurboViewer

TurboViewer sangat berguna ketika berurusan dengan berkas-berkas gambar 2D dan 3D. Kamu bisa membuka berkas yang pernah kamu kerjakan di software CAD lewat gawai. Berkat tersebut bisa kamu simpan di email atau penyimpan data berbasis awan lainnya.

7. Software Engineering App

Jika kamu sedang belajar rekayasa perangkat lunak, aplikasi ini harus ada dalam gawaimu. Memiliki 150 topik pembahasan yang dapat dipelajari di sini. Materi seperti manajemen proyek, analisis masalah, aliran data sampai makul tentang pemrograman kamu dapatkan dalam genggaman tangan.

8. Mechanical Engineer One

Mechanical Engineer One adalah aplikasi kalkulasi sederhana pada teknik mesin. Namun nggak menutup kemungkinan bisa digunakan pada bidang teknik sipil, arsitektur sampai kelistrkan. Cocok untuk yang lagiu belajar ilmu-ilmu dasar rekayasa.

9. Engineering Professional App

Engineering Professional App adalah aplikasi yang wajib kamu miliki. Dengan lebih dari 650 rumus matamatis, sangat cocok bagi kamu mahasiswa sipil, mesin, kimia serta teknik lingkungan. Tentu sangat membantu ketika sedang kuliah atau magang, karena nggak perlu repot-repot nyari buku untuk mencari rumus matematis.

10. Steel Profiles

Ketika kamu membutuhkan referensi tentang profil baja, Stell Profiles bisa membantu ngasih informasi tersebut. Informasi seperti parametik berbentuk lingkaran, persegi panjang, H, I, U dan bentuk bebas lainnya.

Masalah satuan, aplikasi menggunakan satuan metrik dan imperial. Termasuk profil baja dari berbagai wilayah seperti Eropa, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia dan Jepang.

11. RealCalc Scientific Calculator

Mahasiswa teknik selalu nggak bisa lepas dari kalkulator sains. Kalkulator sains memiliki kelebihan pada persoalan perhitungan yang rumit. Perhitungan pada aplikasi ini meliputi antara lain : fisika, konversi heksadesimal, log, biner serta trigomometeri.

Sumber : slashdigit.com | engineering.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”