Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

20 Fisikawan Yang Mengubah Cara Kita Memandang Dunia

Dunia bisa berkembang karena ilmu pengetahuan juga berkembang. Khususnya bidang teknik juga bisa berkembang karena hadirnya para fisikawan yang menemukan teori yang dapat diaplikasikan demi keberlanjutan bersama.

Fisika adalah bidang studi tentang fenomena fisik yang ada di alam semesta, seperti apel yang jatuh ke tanah, planet berevolusi sampai partikel subatom yang membentuk dunia manusia.

Fisika ada dimana saja. Mereka ada di jangkauan paling jauh dari kosmos, lubang hitam di puast galaksi hingga blok bangungan yang membentuk kehidupan di bumi. Bahkan dalam ruang kosong juga ada fisikanya.

Berkat 20 orang ini, pandangan dunia perlahan mulai berubah ke arah yang lebih baik. Dari sinilah banyak inovasi-inovasi yang ditemukan manusia demi keberlangsungan hidup.

1. Galileo Galilei

Galileo Galilei merupakan fisikawan asal italia yang terkenal dengan karyanya di bidang gerak tubuh. Pada tahun 1630, ia mengatakan bahwa semua benda yang jatuh bebas memiliki akselerasi/ pecepatan yang konstan.

2. Issac Newton

Newton seorang fisikawan dari Inggris yang terkenal dengan tiga hukum gerak dan hukum gravitasi universial, bahkan kita sampai sekarang masih menerapkan konsep hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu gagasannya yang revolusioner adalah pergerakna benda-benda langit tunduk ke set hukum fisika yang sama dengan gerakan benda di bumi.

3. Michael Faraday

Untuk anak teknik elektro pasti nggak asing dengan Michael Faraday. Karena materi kuliah kalian membahan tentang magnet dan listrik serta mempelajari Hukum Faraday.

Ia menemukan konsep induksi elektromengetik pada tahun 1831. Sedangkan konsep hubungan dasar antara listrik dan magnet.

4. James Clerk Maxwell

James Clerk Maxwell mempunya teori tentang elektromagnetisme, yang menunjukan bahwa listrik, gaya tarik magnet dan cahaya adalah manifestasi dari fenomena elektromagnetik.

5. Wilhelm Röntgen

Bicara soal sinar-X maka Wihelm Röntgen orangnya. Kenapa bisa? karena dia yang orang pertama yang membuat dan mendeteksi radiasi elektromegnetik dengan rentang panjang gelombang.

6. Marie Curie

Marie Curie merupakan orang yang memperkenalkan teknik untuk mengisolasi isotop dan membantu penemuan radioaktivitas, untuk mempelajari sifat-sifat sinar-X. Ia dan suaminya Pierre Curie menemukan elemen radioaktif, radium dan polonium.

7. J. J. Thomson

Untuk kalian yang sudah nonton Avengers: Endgame, pasti tahu tentang perjalanan waktu dengan berubah menjadi partikel subatomik. Orang yang menemukan partikel sumatomik pertama kali adalah J.J. Thomson. Selain itu, ia juga menemukan elektron

8. Max Planck

Max Planck adalah orang yang dikaitkan dengan mekanika kuantum. Tahun 1900, ia mengagas gagasan quanta, yang merupakan kantong energi terpisah yang dipancarkan oleh cahaya.

Ia juga menetapkan nilai konstanta Planck, yang merupakan pusat dari mekanika kuantum.

9. Albert Einstein

Jika bicara teori relativitas maka Einsten adalah orang yang tepat. Ia membuat makalah tentang relativitas khusus pada tahun 1905, yang mengatakan bahwa kecepatan cahaya selalu konstan, dan pada pecepatan cahaya, waktu diam dan massa tak terhingga.

Sedangkan tahun 1916, ia menerbitkan teori relativitas, teori fundamental tentang sifat sifat ruang, waktu dan gravitasi yang menyatakan bahwa gravitasi adalah efek dari lengkungan ruang dan waktu.

10. Ernest Rutherford

Bagi anak teknik kimia atau yang belajat tentang atom pasti tahu Ernest Rutherford. Rutherford menyatakan bahwa inti atom menampung sebagian besar massa mereka. Selain itu, ia juga menemukan proton di tahun 1920.

11. Niels Bohr

Pak Bohr juga terkenal di kalangan kimia karena punya teori atom. Ia mengatakan bahwa atom memiliki inti di pusatnya dengan elektron yang mengorbit disekitarnya. Ia juga yang berperan dalam lahirnya mekanika kuantum.

12. Wolfgang Pauli

Wolfgang Pauli terkenal dengan karyanya tentang teori putaran dan teori kuantum, serta penemuan prinsip pengecualian Pauli di tahun 1925 yang merupakan kunci untuk memahami sifat-sifat bintang dan nebula.

Tahun 1931, ia meramalkan keberadaan neutrino, partikel interaksi lemah yang menembus alam semesta denagn kecepatan cahaya yang hampir sama.

13. Erwin Schrödinger

Tahun 1926, Ia muncul dengan persamaan senrtal dari fisika kuantum, yang menggambarkan mekanika gelombang.

Pada tahun 1935, ia muncul dengan “Schrödinger’s Cat," salah satu ekeperimen paling terkenal dalam sejarah. Ini melibatkan kucing yang terperangkap dalam kotak, dengan peluang hidup atau mati 50-50.

Schrödinger menyimpulkan sampai diketahu dengan pasti bahwa kucing itu hidup atau mati maka itu disebut superposisi negara.

14. Murray Gell-Mann

Murray Gell-Mann mengusulkan delapan cara klasifikasi partikel-partikel subatomik pada tahun 1961, dan tahun 1964 ia mengajukan hipotesis kuark, yang menyatakan bahwa proton, neutron, dan hadron lainnya sebenarnya terdiri dari partikel yang lebih kecil yang disebut quark.

15. Vera Rubin

Ia meniliki penelitian tentang rotasi galaksi yang ke bukti nyata bahwa 84% dari alam semesta terdiri dari partikel misterius dan partikel yang tak terlihat dari materi gelap.Pencarian partikel-partikel ini telah merevolusi bidang fisika partikel dan astrofisika

16. Paul Dirac

Ia meramalkan keberadaan antimeteri, yang merupakan partikel yang bermuatan listrik sama namun berlawanan dengan muatan lainnya, seeprti antielektron.

17. Enrico Fermi

Enrico Fermi terkenal dengan reaktor nuklir buatannya sebagai bagian dari Proyek Manhattan. Ia juga berkontribusi pada teori kuantum, serta fisika nuklir dan partikel.

18. J. Robert Oppenheimer

Jika ada orang yang bertanggung jawab dengan pembuatan bom atom pertama kali, dia adalah J. Robert Oppenheimer pada Proyek Manhattan.

19. Richard Feynman

Richard Feynman terkenal karena kontribusi pada teori elektrodinamika kuantum, yang memadukan relativitas khusus dan mekanika kuantum untuk mencari pemahaman yang lebih baik tentang alam semesta.

20. Werner Heisenberg

Werner Heisenberg terkenal dengan prinsip ketidakpastian di tahun 1927, yang menempatkan batasan mendasar pada keakuratan pengukuran eksperimental dalam mekanika kuantum.

Berkat mereka inilah dunia ilmu pengetahuan berkembang dan mampu melahirkan inovasi-inovasi demi kehidupan manusia. Tapi nggak ada mereka juga bikin perkembangan teknik nggak seperti sekarang.

Sumber : businessinsider.sg

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”