Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

3 Perbedaan Spesifik Antara Data Engineer dengan Data Analyst

Sepintas Data Engineer dengan Data Analyst berkecimpung di bidang yang sama, tetapi mereka terdapat perbedaan spesifik. Hanya karena sama-sama ngurus data bukan berarti kerjaannya sama persis lho ya

Budaya digital membuat lahirnya kebiasaan baru, termasuk juga pekerjaan baru bermunculan. Banyaknya pekerjaan baru yang bermunculan, diantaranya adalah data enginner dan data analyst. Alhasil beberapa perusahaan besar membuka lowongan kerja dengan keahlian tersebut.

Kebutuhan data engineer dan data analyst sangat dicari karena tren perusahaan yang bergerak di bidang digital semakin bertebaran mulai dari bidang pendidikan, keuangan sampai kesehatan sudah berbasis digital. Tentu saja pekerjaan ini masih bertahan sampai beberapa tahun ke depan.

Sepintas data engineer dengan data analyst merupakan ranah bidang yang sama. Walau sama-sama berurusan dengan data tetapi kedua memiliki perbedaan lho. Hanya karena sama-sama ngurusin data bukan berarti keduanya bisa disamaratakan.

Lalu apa yang membuat seorang data engineer berbeda dari data analyst?

1. Data engineer sebagai penyuplai data sedangkan data analyst untuk menganalisa data yang masuk

analyticsinsight.net

Seorang data analyst bertanggung jawab untuk mengumpulkan data untuk dianalisa dari berbagai sumber data yang diperoleh dari website, seluler, media sosial atau penyedia informasi lainnya. Dari data yang telah dikumpulkan, perusahaan bisa membuat strategi berbasiskan hasil pengumpulan data.

Seorang data engineer memiliki tanggung jawab sebagai penyuplai dan penyedia data bagi keperluan olerasional maupun bisnis. Selain itu, data engineer juga harus mengintegrasi dan merancang kumpulan-kumpulan data sehingga dapat dilakukan tindakan analisis.

2. Untuk latar belakang pendidikan, data analyst lebih luas daripada data engineer

gpmauditors.com

Bicara soal latar belakang pendidikan, lowongan data analyst bisa dibilang lebih ramah. Alasannya adalah karena data analyst nggak membutuhkan kualifikasi khusus selama lolos persyaratan. Umumnya data analyst membutuhkan pemahaman skill stastistik, permodelan data dan cara kerja bisnis.

Berbeda dengan seorang data engineer, ia harus memiliki kompetensi tersendiri karena dibutuhkan jam terbang dan keahlian lebih. Karena seorang data engineer harus membuat program berdasarkan dari data yang telah terkumpul. Dengan kata lain mereka harus bisa coding karena akan berurusand engan pemograman.

3. Ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang data engineer dan data analyst

scnsoft.com

Untuk membantu memberi sekat antara data engineer dengan data analyst, penting untuk mengetahui apa saja ketrampilan yang harus dimiliki oleh kedua posisi tersebut.

Berikut daftar ketrampilan seorang data analyst

  1. Memiliki pengetahuan tentang Data Warehousing
  2. Mengenal Adobe dan Google Analytics
  3. Mengenal coding
  4. Memiliki ketrampilan statistik dan menulis
  5. Bisa memvisualkan data adalah hal yang bagus
  6. Memiliki pengetahuan tentang SQL / Database dan Spreadsheet

Berikutnya adala daftar ketrampilan seorang data engineer

  1. Mengetahui tentang ETL
  2. Memiliki dan menguasai bahasa pemrograman tingkat lanjut karena bahasa memrograman dasar nggak cukup
  3. Menggabungkan analitik dasar dengan analitik Hadoop,
  4. Memiliki oengetahuan yang mendalam soal SQL / Database, karena pengetahuan dasar nggak cukup
  5. Selain mengerti Pipelining, Scripting dan Data Architecture, seorang data engineer harus memiliki pengetahuan soal bahasa machine learning

4. Kesimpulan dari data engineer dengan data analyst

aithority.com

Sepintar seperti ada kesamaan antara data engineer dengan data analyst. Namun setelah ditelusuri mereka memiliki perbedaan tersendiri. Tujuannya agar nggak tumpah tindih.

Data engineer merupakan perancang pondasi yang bertugas memproses bagaimana data yang masuk dan diolah sesuai dengan kebutuhan data analyst. Sedangkan data analyst tugasnya mencari kumpulan data dari berbagai sumber untuk keperluan operasional maupun bisnis dengan cara melihat statistik yang terjadi selama belakangan ini.

Semoga dengan ini kamu nggak bingung lagi ya.

Sumber : gineersnow.com | idcloudhost.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”