Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

5 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Mengambil Jurusan Teknik Pertambangan

Teknik pertambangan masih menjadi primadona dari semua kelimuan teknik. Buktinya saja menjadi jurusan dengan banyak peminat di SNMPTN. Lalu seperti apa teknik pertambangan itu sendiri?

Teknik pertambangan adalah salah satu jurusan teknik idaman banyak orang. Pada SNMPTN 2018, teknik pertambangan menjadi salah satu yang memiliki banyak peminat. Teknik pertambangan digadang-gadang memiliki prospek karier cerah dan banyak cuan.

Sebelum meresmikan diri menjadi anak pertambangan, ada kalanya kalian mengenal terlebih dahulu apa itu teknik pertambangan dan starter pack menjadi anak pertambangan.

1. Teknik Pertambangan adalah Ilmu Tentang Eksplorasi dan Eksploiatsi Sumber Mineral

Teknik pertambangan merupakan keilmuan teknik yang mempelajari tentang sumber mineral dalam bumi. Di sini kalian juga mempelajari tentang proses pertambangan, mulai dari pencarian sampai pada pemasaran barang tambang.

Bukan hanya sekedar menambang saja, mahasisawa teknik pertambangan juga harus mempelajari karakteristik tambang mineral. Apa jadinya jika anak pertambangan nggak bisa menjelaskan karakteristik mineral yang ada di bumi.

2. Teknik Pertambangan Mempelajari Tentang Mineral Berharga Dan Batubara

Mahasiswa teknik pertambangan secara umum mempelajari tentang proses pertambangan batu bara dan mineral-mineral berharga. Contoh dari mineral berharga adalah emas, perak, platina dan lain-lain.

Untuk mata kuliah yang dipelajari di teknik pertambangan adalah Matematika, Fisika, Geologi Dasar, Teknologi Sumberdaya Bumi, Teknik Gas Bumi dan Resevoir, serta yang selalu ada di falkutas teknik yaitu kalkulus.

3. ITB dan UPN Veteran Yogyakarta Masih Jadi Favorit Teknik Pertambangan

Bukan rahasia umum apabila ITB dan UPN Veteran Yogyakarta masih menjadi lumbung teknik pertambangan. Berdasarkan jumlah peminat SNMPTN 2019, ITB memiliki peminat 2928 orang dan UPN Veteran Yogyakarta memiliki peminat 2401 orang.

Namun jika kalian merasa nggak yakin karena banyaknya peminat, ada kampus lainnya yang memiliki jurusan teknik pertambangan. Perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Sriwijaya, Universitas Syak Kuala dan Universitas Islam Bandung dan Universitas Trisakti.

4. Banyaknya Perusahaan Tambang di Indonesia Membuat Prospek Kerja Teknik Pertambangan Sangat Luas

Lulusan teknik pertambangan nggak pernah takut ditanya "kerja dimana?". Mengapa bisa? Karena lowongan kerja lulusan pertambangan ada dimana-mana. Baik itu perusahaan BUMN sampai swasta pasti ada slot teknik pertambangan. Salah satu perusahaan idaman anak tambang ialah Freeport.

Selain menjadi profesional, kalian bisa juga menjadi seorang akademisi atau bekerja di kementrian. Pilihan pekerjaan yang bisa dipilih antara lain surveyor pertambangan, analis sampai konsultan.

5. Jika Ingin Kerja Di Pertambangan Harus Siap Tinggal Jauh Dari Kota

Poin ini khusus yang ingin menjadi profesional, bekerja di industri pertambangan jangan harap bisa tinggal di kota-kota besar. Pasalnya lokasi pertambangan kebanyakan ada di pelosok, yang mana jauh dari pemukiman warga. Maka kalian harus siap untuk meninggalkan kemewahan, keluarga bahkan pacar.

Walau begitu, gaji pokok yang diterima oleh fresh graduate sebesar 3-5 kali lipat UMR setempat untuk jabatan officer dan supervisor. Biasanya perusahaan memberi fasilitas seperti tempat tinggal, olahraga, internet, tempat makan, transportasi dan tempat ibadah. Jadi para karyawan nggak perlu risau dengan kebutuhan sehari-hari.

Nah, jadi begitulah fakta tentang teknik pertambangan. Memang jurusan ini terkenal dengan tingkat kesulitan dan lapangan kerja. Jadi jika kalian sudah menjadi anak pertambangan, ikuti saja prosesnya dan tentu saja belajar.

Sumber : youthmanual.com | edukasi.kompas.com | duniailkom.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”