Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

5 Manfaat Mengapa Membuat Makalah Penting Untuk Mahasiswa

Membuat makalah adalah hal yang membosankan bagi kebanyakan mahasiswa. Tetapi banyak manfaat positif dari membuat makalah, diantaranya adalah membuka peluang karier, bisnis dan beasiswa.

Membuat makalah merupakan hal yang kurang favorit bagi mahasiswa. Banyak anggapan bahwa membuat makalah membuang waktu dan nggak ada untungnya sama sekali. Hal ini berbeda dengan ikut kepanitiaan dan organisasi yang selalu jadi kegiatan popoluer anak kuliah.

Padahal salah satu tujuan dari pendidikan tinggi adalah mampu mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari, salah satunya dengan membuat makalah. Padahal banyak keuntungan yang kamu dapatkan kalau mau buat makalah. Lalu apa saja keuntungan dari membuat makalah?

1. Mengembangkan ketrampilan dan membangun kesadaran publik

Membuat makalah dapat membantu membangun kemampuan esensial dan ketrampilan profesional. Banyak orang-orang sukses karena membuat makalah sesuai dengan bidangnya.

Seiring berjalannya waktu, ini juga membantu kalian mengembangkan ketrampilan yang relevan dengan kebutuhan perusahaan, pada akhirnya, kalian bisa menjadi terbaik di bidang yang kalian tekuni.

Selain itu, juga menciptakan kesadaran tentang isu-isu tertentu. Secara nggak langsung menjelaskan permasalahan dan membuat kita paham masalah yang terjadi atau menemukan solusi dari masalah tersebut.

2. Memperluas konsep pengetahuan yang ada saat ini

Pengetahuan berkaitan dengan menetapkan fakta dan mengungkapkan penemuan objektif dan wawasan tentang masalah dan situasi. Kita bisa melakukannya dengan membaca buku, artikel, esai, makalah, jurnal yang ditulis orang lain; wawancara dengan ahli; melakukan survei dan nonton dokumenter dan seminar di Youtube.

Setiap penemuan berasal dari fakta yang membuat orang mau ngulik lebih dalam. Dan mengharuskan kalian ngulik lebih dalam untuk mendapatkan informasi penting yang berguna bagi orang banyak.

3. Mengungkap hoax dan menveritifikasi fakta

Manfaat dari membuat makalah adalah mampu mengungkapkan mana yang fakta atau hoax. Pasalnya banyak informasi yang datang begitu saja tanpa di saring, sehingga banyak orang yang termakan hoax.

Galileo Galilei adalah salah satu orang yang pernah mengungkap hoax. Ia mendukung pendapat Copernicus bahwa matahari adalah pusat alam semesta, sedangkan pada masa itu masyarakat beranggapan bumi adalah pusat alam semesta. Hal itu karena rendahnya literasi dan tekanan sosial dan pengaruh ajaran agama.

Sekarang kita mengikuti konsep Copernicus bahwa matahari adalah pusat alam semesta, dan sudah dibuktikan secara ilmiah.

4. Membuka peluang karier dan bisnis

Membuat makalah juga membuka peluang untuk bisnis dan karier di masa depan. Kalian bisa mendapat pekerjaan, beasiswa, pendanaan proyek, bisnis dan keuntungan lainnya. Mengingat juga sekarang sudah era digital dimana kita dapat memosting tulisan di internet.

Saat ini, kemampuan itu juga dibutuhkan untuk mencari pekerjaan. Ini bukan hanya tentang lowongan yang tersedia, namun juga mengatisipasi lowongan bodong.

Begitu juga dengan orang yang mau berbisnis. Sebagai pelaku bisnis harus bisa menyelidiki secara keseluruhan untuk mengamankan transaksi bisnis dan mencari calon investor.

Salah satu contohnya adalah esai, esai dapat membantu mengeksplorasi berbagai peluang karier dan membuat keputusan penting dalam hidup.

5. Dapat mengubah cara berpikir masyarakat

Membuat makalah secara nggak langsung berdampak pada masyarakat. Makalah yang dipublikasi dapat mengubah cara pendang masyarakat yang nggak tahu apa-apa jadi tahu sesuatu. Bukankah ini merupakan salah satu pengamalan dari Tri Dharma perguruan tinggi?

Kita harus selalu mengembangkan diri dan pengetahuan karena dunia terus berkembang. Tanpa penyelidikan ilmiah, kita nggak akan menemukan solusi dari pencegahan penyakit mematikan. Tanpa eksplorasi, mungkin sampai sekarang orang percaya  bumi adalah pusat alam semesta.

Masyarakat selalu ingin berkembang karena rasa penasaran akan pengetahuan dan terus ingin menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dengan membuat makalah maka masyarakat akan ikut berkembang mengikuti jaman.

Membuat makalah juga sebagai bukti kalau kalian dapat menjabarkan apa yang didapat selama kuliah. Nggak malu teriak-teriak "Hidup Mahasiswa" tapi ilmunya kopong.

Sumber : gineersnow.com | getproofed.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”