Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

5 Teknologi Konstruksi Yang Akan Hadir Di Masa Depan

Perkembangan konstruksi menajdi hal krusial perihal sempitnya lahan dan efektivitas pekerjaan. Ditambah tuntutan mendirikan bangungan yang ramah lingkungan

Teknologi konstruksi dibuat dengan tujuan melangsungkan keberlanjutan manusia. Dalam industri ini, masalah-masalah lingkungan akibat pembangungan membuat insinyur menciptakan inovasi yang futuristik demi terciptanya bangungan ramah lingkungan. Belum lagi isu perubahan iklim yang membuat kontrasktor harus berpikir keras dengan rancangannya.

Kamu yang penasaran dengan rancangan kontruksi yang futuristik di masa depan. Mari lihat rancangan konstruksi yang futuristik.

1. Hutan vertikal

Di kota-kota besar, emisi gas CO2 menjadi masalah masyarakat sekitar. Banyaknya gedung didirikan di lahan hijau. Akibatnya adalah polusi udara yang sulit ditangangi. Masalah ini membuat kontraktor memikirkan cara agar konstruksi jalan dan ramah lingkungan.

Lahirnya hutan vertikal merupakan salah satu solusi dari permasalahan polusi udara di perkotaan. Hutan vertikal merupakan konstruksi bangungan yang menambahkan pepohonan sebagai alat untuk memerangi polusi udara. Rancangan ini dinilai efisien dan tidak menghilangkan unsur estetikanya.

2. Robot rayap

Rayap dikenal musuh konstruksi bangungan karena dapat memakan bagian-bagian rumah. Karakteristik rayap menjadi inspirasi peneliti Havard untuk menciptakan teknologi tersebut. Robot ini dibuat untuk bekerja kelompok untuk membuat racangan yang dibuat. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi perancangan dan mengurangi resiko kecelakaan kerja.

Baca : 5 Robot Yang Terinspirasi dari Kebiasaan Serangga

3. Beton yang bisa self-healing

Bagaimana bisa beton mengobati dirinya sendiri, padahal ia benda mati. Hal ini bisa terjadi karena beton diberikan bakteri yang mampu memperbaiki diri. Caranya adalah ketika air masuk ke retakan beton maka bakteri tersebut aktif dan mengeluarkan kalsit untuk memperbaiki retakan. Inovasi ini mengubah konstruksi yang mahal menjadi sesuatu yang berkelanjutan.

4.Smart roads

Selama ini, kita tahunya diperkotaan cuma ada smart city. Namun pernahkah mengetahui tentang smart roads. Smart roads disini maksudnya adalah jalan yang dibuat lebih futuristik dan multi fungsi. Peniliti melihat keuntungan dari jalan yang bisa diolah menjadi macam-macam.

Dengan memasang sensor dan teknologi IoT, ia bisa menghasilkan listrik untuk menggerakan kendaraan listrik dan lampu dari energi yang dihasilkan dari gerakan kendaraan. Selain itu, smart roads bisa memberikan informasi tentang cuaca dan lalu lintas secara real time. Teknologi diharapkan mampu mengurangi polusi akibat emisi bahan bakar dan pembangkit listrik dari batu bara.

5. Pondasi konstruksi dengan bambu

Selama ini kita tahunya bambu cuma dipakai senjata waktu melawan penjajah dan bahan membuat layang-layang. Padahal bambu memiliki khasiat yang tersembunyi di dunia konstruksi. Konstruksi bambu dipercaya mampu tahan dari gempa bumi. Hal ini karena struktur bambu modiular yang sangat terkunci.

Rancangan ini dibuat karena banyaknya populasi manusia namun lahan yang terbatas. Perancangan dengan bambu dapat diperpanjang tanpa menghabiskan banyak tempat dan uang. Ketika strukturnya mengembang, daya resiliensinya meningkat. Rancangan ini dapat tahan lama dan aman bagi keberlanjutan kehidupan manusia.

Itulah kira-kira rancangan konstruksi yang akan terjadi di masa depan. Semua dibuat dengan harapan mengurangi kecelakan kerja dan menyelamatkan tempat tinggal dan generasi penerus kita kelak.

sumber : gineersnow.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”