Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

6 Fakta Menarik BJ Habibie, Insinyur Kebanggaan Indonesia

Kepergian Eyang Habibie menyisakan duka bagi rakyat Indonesia. Walau begitu, kita masih bisa mengenang beliau lewat karya-krayanya

Pada tanggal 11 September 2019, Indonesia berduka karena kehilangan Presiden ke-3 Indonesia sekaligus Bapak Teknologi, BJ Habibie. Beliau menghembuskan nafat terakhir di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Diketahui beliau sudah dirawat intensif sejak tanggal 1 September 2019.

Ucapan bela sungkawa datang dari berbagai pihak dari pejabat, menteri hingga Presiden. Walau jasadnya telah tiada, kita masih bisa mengenang beliau dengan karya-karyanya semasa hidupnya. Salah satunya adalah pesawat R80 yang ia kembangkan bersama anaknya, Ilham Akbar Habibie lewat PT Regio Aviasi Industri.

1. Mantan mahasiswa teknik mesin ITB

moneysmart.id

Pria kelahiran 26 Juni 1936 ini dulunya adalah mahasiswa teknik mesin ITB pada tahun 1954. Sayangnya ia hanya setahun menjadi mahasiswa ITB lalu pindah ke Universitas RWTH Aachen, Jerman. Nggak tanggung-tanggung, ia kuliah di Jerman sampai S3.

Di Jerman, ia kuliah teknik penerbangan dengan spesialisasi konstruksi pesawat terbang. Salah satu temuan yang terkenal di dunia dirgantara adalah Teori Habibie atau Crack Progression Theory. Teori ini dapat memprediksi titik retakan permulaan pada sayap dan badan pesawat.

Temuan ini bisa membantu pesawat dapat bermanuver dengan aman karena nggak perlu menambah beban kosntruksi. Karena penemuannya, ia mendapat julukan "Mr Crack"

2. Sehari cuma tidur empat jam

idntimes.com

Eyang Habibie memiliki rasa penasaran yang tinggi dengan ilmu pengetahuan. Alasan inilah yang membuat Eyang selalu begadang dan tidur cuma 4 jam sehari. Tak heran selama kuliah di Jerman, ia mampu mendapat predikat summa cum laude untuk gelar doktoral.

Selama di Jerman, ia pernah bekerja di Messerschmitt-Bölkow-Blohm. Perusahaan ini adalah perusahaan penerbangan yang berlokasi di Hamburg. Hal ini pernah dimunculkan di film Rudy Habibie.

3. Mendapatkan pengakuan dari lembaga an internasional berkat hasil karyanya

moneysmart.id

Berkat Teori Habibie, ia mendapatkan berbagai pengakuan dari kancah nasional dan intrenasional. Lembaga internasional yang mengakui Teori Habibie meliputi Gesselschaft fuer Luft und Raumfahrt (Lembaga Penerbangan dan Luar Angkasa Jerman), The Royal Aeronautical Society London (Inggris), The Royal Swedish Academy of Engineering Sciences (Swedia), The Academie Nationale de I'Air de I'Espace (Prancis), dan The US Academy of Engineering (Amerika Serikat).

4. Pemrakarsa lahirnya pesawat N-250

cosmopolitanfm.com

Pada tahun 1995, Eyang Habibie meluncurkan pesawat karya anak bangsa bernama N-250 Gatotkaca. Pesawat penumpang sipil ini menjadikan satu-satunya pesawat turboprop yang mengaplikasikan fly by wire. Pesawat ini telah terbang selama 900 jam dan nyaris mendapatkan sertifikasi Federal Avitation Administration.

Mimpi untuk memiliki industri penerbangan harus kandas karena krisis moneter pada tahun 1996-1998. Internasional Monetry Fund (IMF) dapat membantu keuangan Indonesia dengan syarat harus menghentikan pembangunan industri penerbangan pada saat itu. Dengan berat hati, Eyang memilih saran IMF agar Indonesia keluar dari krisis.

Namun ia nggak menyerah begitu saja. Perjuangannya untuk membuat pesawat terus menyala hingga akhir hayat. Bersama anaknya, mereka mendirikan PT Regio Aviasi Industri. Salh satu karya yang keluar adalah R-80 yang diluncurkan pada tahun 2012 dan mengudara di tahun 2017.

Keunggukan dari pesawat R-80 adalah menggunakan sistem fly by wire, yaitu sistem kendali dengan memanfaatkan sinyal elektronik. Urusan kapasitas, mampu memuat 80-92 orang dan irit bahan bakar.

5. Menjadi Presiden Indonesia selama 17 bulan

idntimes.com

Setelah mundurnya Presiden Suharto pada tahun 1998, posisi kepresidenan langsung diisi oleh Eyang Habibie. Hal ini karena Eyang merupakan Wakil Presiden pada saat itu. Dengan pergantian singgahsana orang nomer satu di Indonesia maka Indonesia mulai masuk ke era reformasi.

Eyang menjadi Presiden selama 17 bulan saja dan nama kabinetnya adalah Kabinet Reformasi Pembangunan.

6. Sosoknya masih dikagumi banyak orang

idntimes.com

Walau telah lengser dari Istana Negara, sosoknya masih dikagumi oleh banyak orang. Sebuat situs menunjukan Eyang Habibie berada di urutan pertama sosok yang dikagumi masyarakat.

Eyang mendapatkan skor sebesar 18.20%. Perolehan ini mengalakan Presiden Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama, Zakir Naik, Jackie Chan, Bill Gates serta Cristiano Ronaldo.

Kepergian Eyang Habibie akan menimbukan tanya "Siapa sosok insinyur Indonesia yang mampu menandingi Eyang Habibie?" Nanti akan terjawab seiring waktu. Setidaknya Eyang Habibie telah meninggalkan inspirasi kepada warga Indonesia, khususnya mahasiswa teknik.

Sumber : idntimes.com | moneysmart.id | nasional.republika.co.id

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”