Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

6 Tips Tanpa Lecet Untuk Bersihin Bakteri di Smartphone

DIkabarkan bahwa virus Corona dapat menyebar lewat benda, salah satunya adalah smatrphone. Dan ada baiknya untuk tahu cara membersihkan smartphone supaya tetap awet

Manusia modern sudah menggunakan smartphone untuk kehidupan sehari-hari. Aktivitas belajar, pekerjaan, belanja dan transportasi semua sudah bisa dilakukan lewat genggaman tangan. Dengan kata lain, smartphone membantu memenuhi kebutuhan kita setiap hari.

Karena keseringan dipakai manusia, smartphone menyimpan bakteri sekitar 17.000 jenis. Temuan ini berdasarkan penelitian berjudul "High level bacterial contamination of secondary school students’ mobile phones" yang rilis pada tahun 2017.

Selama pandemi Corona, kita juga terus diingatkan untuk mencuci tangan secara berkala untuk membersihkan diri dari bakteri dan virus yang nempel di permukaan benda.

Mungkin ada ketakutan jika sembarangan bersihin smartphone bisa rusak. Yang lebih parahnya lagi sampai nge-hang dan harus ganti baru. Supaya nggak parno lagi, kamu harus tahu tata cara bersihin smartphone supaya nggak mengalami kerusakan.

1. Kenali karakteristik tiap smartphone, beda merek beda perlakuan

pixabay.com/users/jeshoots-com-264599/

Diluar sana bayak yang menyarankan untuk membersihkan smartphone menggunakan campuran alkohol, desifektan atau tisu basah. Well, saran tersebut nggak sepenuhnya salah. Namun ada baiknya cari tahu dahulu karakteristik smartphone yang kamu punya supaya nggak salah cara penangangan.

2. Lepas kasing dari tempatnya dan bersihkan secara terpisah

idntimes.com

Kasing yang kamu pakai itu mungkin sudah berubah wujud dan warna karena jarang dibersihkan. Supaya kasing bisa bersih dengan maksimal, kamu harus ngelepasin dari smartphone. Karena di sisi dalam kasing itulah yang paling kotor. Cara bersihinnya sederhana hanya perlu mencuci dengan air dan sabun saja.

3. Bersihkan layar smartphone dengan kain mikrofiber

digitaltrends.com

Membersihkan layar smartphone agar nggak lecet memerlukan perlakuan khusus. Salah satu perlakuannya dengan memilih kain mikrofiber. Seperti yang dijelaskan di poin satu jika setiap smartphone memiliki karakteristis sendiri, maka pemilihan kain mikrofiber juga perlu diperhatikan supaya layar tetap mulus.

Salah satu masalah ketika membersihkan smartphone adalah sidik jadi yang ngecap. Ketika kita menyentuh layar, kulit manusia menghasilkan minyak dan minyak tersebut menciptakan sidik jari. Dengan bantuan kain mikrofiber, sidik jari yang nempel di layar dapat dibersihkan.

Semprotan berbasis cuka atau alkohol dianggap cukup ramah untuk membersihkan kaca. Sedangkan semprotan dari baking soda atau tepung jagung lebih abrasif.

4. Sebelum membersihkan, basahi kain mikrofiber dahulu

metro.co.uk

Untuk menjaga smartphone tetap awet selama dibersihkan, layar jangan langsung ditembak dengan disefektan. Gunakan kain mikrofiber untuk perantara dengan cara membasahinya terlebih dahulu.

Smartphone sangat sensitif dengan kelembaban yang terlalu banyak. JIka menembak cairan langsung ke layar dapat merusak ponsel.

4. Gunakan lampu UV

mensjournal.com

Sinar UV merupakan alat pembersih yang paling mahal tetapi memiliki akurasi yang tinggi. Lampu UV dinilai aman karena jika khawatir terjadi kerusakan ketika membersihkan secara fisik. Lampu UV dapat membunuh bakteri dan kuman sampai 99,99%

5. Menggunakan desifektan khusus

imore.com

Bagi pengguna iPhone sudah ada desifektan khusus untuk bersihin smartphone. Pihak Apple menyatakan jika menggunakan tisu basah bernama Clorox atau produk lainnya yang memiliki tingkat konsentrasi yang sama.

AT&T melalui pendoman pembersihan smartphone menyarankan untuk menyemprotkan desifektan berbasis nonabrasif atau alkohol (70% isopropil) langsung ke kain lembut bebas serabut dan bersihkan saat smartphone dalam kondisi off. Belakangan ini Samsung juga mengumumkan alkohol 70% etanol atau alkohol isopropil dapat digunakan jika menggunakna kain mikrofiber.

Sumber : interestingengineering.com | cnet.com | ncbi.nlm.nih.gov | cnbc.com | diynetwork.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”