Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

6 Tips Untuk Memperkuat Ingatan Bagi Mahasiswa Pelupa

Banyaknya aktivitas sering kali membuat seseorang lupa. Namun kalau keseringan lupa bisa jadi masalah. Maka dari itu perlu diantisipasi agar kebiasaan mudah lupa bisa berkurang, bagus lagi kalau hilang.

Lupa merupakan hal yang sering terjadi di keseharian kita. Hal ini wajar ketika kita banyak aktivitas dan harus mengingat banyak hal sekaligus, tak jarang banyak yang keteteran. Baik itu perkuliahan atau oraganisasi kampus.

Untuk orang yang gampang lupa, hal ini sangat menyiksa apalagi saat mendekati ujian. Kan sayang banget belajar capek-capek tapi dapat E karena lupa nulis persamaan atau ujian takehome tapi lupa nulis nama dan nomor mahasiswa. Nah maka dari itu ada tips dari Harvard biar kalian nggak mudah lupa. Apa saja itu?

1. Jadilah orang yang terorganisir

pexels.com/@breakingpic

Langkah awal yang bisa kalian lakukan adalah membiasakan untuk mengatur semua hal dengan terorganisir. Gunakan buku, kalender atau daftar kontak untuk menyimpan informasi. Ketika semua hal terorganisir, kalian akan lebih mudah mengingat setiap informasi yang tersimpan atau diberikan dengan rapi dan mudah terbaca.

2. Ingat hal-hal yang penting saja

pexels.com/@nietjuh

Ketika mendapat informasi baru, ingatlah hal-hal yang penting saja. Dengan memiliki informasi yang penting akan memudahkan untuk memahami suatu informasi. Ketika kalian paham, dijamin tahan lama nyantol di kepala daripada menghafalkan tapi besoknya udah lupa.

3. Gunakan media untuk menjelaskan informasi tersebut

pexels.com/@rawpixel

Saat mendapatkan informasi baru, tuangkan itu dalam sebuah media. Kalian bisa mencatat di buku, merekam dengan kamera atau membuat ilustrasi yang menggambarkan informasi tersebut. Hal ini bisa bermanfaat ketika sewaktu-waktu kalian membutuhkannya kembali.

4. Gunakan panca indera untuk menangkap informasi

idntimes.com

Poin ini lebih menekankan menggunakan panca indera ketika menerina informasi. Fokuslah pada panca indera agar materi yang didapatkan dapat tersimpan dengan baik. Ketika melakukan ini, hindari multi taksing dan jauhkan diri dari gangguan-gangguan yang dapat memecah konsentrasi. Karena kuncinya adalah fokus.

5. Mau belajar hal baru

pexels.com/@pixabay

Kebanyakan orang menyalahkan umur ketika mereka lupa akan sesuatu. Padahal salah satu alasan mereka jadi lupa karena malas belajar hal baru. Maka dari itu ada baiknya kalian untuk mencari sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Kalian bisa mulai dengan ikut komunitas, belajar bahasa asing atau belajar sesuatu yang sedang naik daun untuk mengasah kemampuan baru. Carilah hal yang kalian sukai.

6. Olahraga

pexels.com/@pixabay

Sebuha studi mengungkapkan olahraga teratur dapat meningkatkan ukuran hippocampus, area otak yang bertanggung jawab untuk memori verbal dan pembelajaran. Olahraga merancang pelepasan bahan kimia di otak yang membantu meningkatkan memori melalui pertumbuhan pembuluh darah bersamaan dengan regenerasi sel-sel otak yang baru.

7. Tidur siang

brilio.net

Tidur siang memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan memori dalam otak. Penlitian menunjukan bahwa tidur siang selama satu jam dapat meningkatkan daya ingat sampai lima kali lipat. Sempatin aja tidur siang kalau jeda kuliahnya lama.

Jadi itu tips bagaimana caranya biar kalian nggak mudah lupa. Habis baca ini, bisa langsung dipraktikkan kok, kan gratis.

Sumber : idntimes.com | brilio.net

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”