Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

7 Alasan Kenapa Gedung Harus Dirobohkan, Salah Satunya Karena Sudah Lanjut Usia

Perobohan gedung dilakukan bukanlah tanpa asalan. Berbagai pertimbangan sudah dilakukan untuk mengambil keputusan. Salah satunya adalah demi keamanan karena gedung masuk usia lanjut

Bangunan bukan semata-mata berfungsi untuk tempat berteduh dan aktivitas manusia, melainkan tempat bertumbuh dan membentuk jaringan. Nggak heran jika banyak bangunan yang menurut sebagian orang memiliki sejarah dan cerita tersendiri. Cerita tersebut akhirnya ditularkan ke generasi selanjutnya.

Sayangnya tidak selamanya sebuah bangunan dapat berdiri selamanya. Ada masanya bangunan harus dirobohkan dengan berbagai alasan. Tetapi untuk melakukan proses perubuhan bukan perkara gampang. Jangan sampai memakan korban jiwa dalam proses perubuhan gedung.

Perlu perancanaan untuk merubuhkan gedung supaya meminimalisir dampak yang terjadi di lingkungan sekitar. Dengan demikian, perubuhan harus dilakukan oleh seorang professional.

1, Pondasi gedung sudah lemah

wcfcourier.com

Penyebab umum gedung dirobohkan adalah karena pondasi sudah nggak sekuat dahulu. Selain disebabkan korosi dan gejala alam, lemahnya pondasi gedung bisa dikarenakan pada kesalahan pada perancangan struktur. Walau dalam gambar terdapat toleransi, tetapi akan berbahaya jika sudah berlebihan.

Dengan alasan keamanan, gedung akan dihancurkan supaya nggak memakan korban jiwa karena bisa runtuh kapan saja.

2. Usia gedung sudah tua

wsbtv.com

Alasan umum mengapa gedung harus dirobohkan karena usianya sudah tua. Pondasi setiap sudut sudah nggak kuat lagi menampung beban maksimal. Biasanya gedung yang dirobohkan adalah gedung dengan usia diatas 80 tahun dan nggak bisa diperbaiki lagi.

Opsi penghancuran diambil mengingat biaya renovasi lebih tinggi daripada biaya produksi. Dengan alasan tersebut maka pemilik gedung memilih merubuhkan dibandingkan mempertahankan.

3. Memiliki kandungan material berbahaya

inquirer.com

Gedung yang layak huni salah satunya adalah menggunakan material yang aman bagi manusia. Karena penggunaan material dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Dan jika memilih material berbahaya memiliki dampak negatif bagi manusia. Dengan demikian, gedung dengan kandungan material berbahaya akan dirobohkan keseluruhan atau bagian tertentu saja.

Material yang berbahaya tersebut antara lain adalah asbes, timbal, merkuri, dan bifenil poliklorinasi. Untuk mengeluarkan material berbahaya tersebut nggak bisa dilakukan sembarangan. Perlu ada professional yang menjamin material tersebut dapat dilepas dan dibuag dengan aman.

4. Fungsi gedung berubah karena kebijakan pemerintah

thelensnola.org

Walau masih dalam kondisi bagus, gedung bisa saja dirobohkan sewaktu-waktu karena kebijakan pemerintah. Aturan berupa perubahan fungsi gedung, pembebasan lahan membuat pemilik harus merubuhkan gedung. Jika nggak mau merubuhkan gedung maka pemilik bisa mengalihfungsikan untuk kegiatan lainnya.

Jika ingin mengalihfungsikan harus menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah setempat. Apabila nggak sesuai bisa dianggap sebagai gedung ilegal.

5. Ingin menjual dalam bentuk tanah kosong

wglt.org

Properti merupakan bisnis yang menguntungkan karena setiap tahun mengalami kenaikan harga. Namun akan berbeda ketika properti yang dijual dalam kondisi usang, dan merubuhkan adalah solusi yang diambil. Keputusan ini diambil karena tanah kosong lebih mudah dijual.

6. Meningkatkan nilai jual gedung

wric.com

Merubuhkan gedung lama dan mengganti dengan yang baru adalah cara cepat untuk menaikan nilai jual dipasaran. Apalagi jika gedung tersebut sudah usang, tetapi ingin memperoleh cuan dalam jangka panjang maka dapat dijadikan opsi. Salah satu contohnya adalah merubuhkan gedung perkantoran menjadi hotel atau pusat perbelanjaan.

7. Gedung ilegal

news.mb.com.ph

Gedung dapat beroperasi karena memiliki ijin mendirikan bangunan (IMB). Selama memiliki IMB maka gedung tersebut dapat dikatakan sah dan legal. Tetapi menjadi masalah ketika tahu bahwa gedung yang dibangun adalah ilegal. Jika nggak ada IMB, dapat dipastikan akan ada perubuhan paksa oleh pihak berwenang.

Berikut adalah segelintir alasan dibalik penghancuran gedung. Perubuhan yang baik harus sesuai prosedur dan mampu meminimalisir kegagalan. Proses penghancuran dilakukan oleh orang yang ahli dibidang demolishing.

Sumber : ilmuproyek.com | freeonlineresearchpapers.com | simcatgroup.com.au | totaldemolitionbrisbane.com.au

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”