Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

7 Daftar Nama Ilmuwan Dunia Dibalik Unit Satuan Pengukuran, Anak Teknik Wajib Tahu

Teknik nggak bisa darimananya satuan. Satuan udah jadi pemandangan sehari-hari, sampai skripsi juga terus ketemu sama satuan.

Pengukuran merupakan hal terpenting dalam aspek kehidupan manusia. Dengan adanya satuan ukur, manusia dapat menyimpulkan sendiri gambaran tentang benda tersebut.

Di teknik pasti ada kuliah tentang pengukuran, karena itu merupakan hal dasar yang harus diketahui. Bayangkan apa yang terjadi jika nggak ada sistem pengukuran. Pasti semua orang di dunia pada kelimpungan untuk menentukan data.

Salah satu contohnya adalah penggunaan meter untuk satuan panjang, tetapi bisa menggunakan feet  dan inci untuk pengukuran, atau daya mesin dalam horsepower dan volume dalam liter.

Salah satu penghargaan terbesar yang diperoleh ilmuwan adalah menjadikan namanya sebagai nama satuan pengukuran. Sebut saja Isaac Newton, kontribusinya tentang gravitasi membuat namanya jadi nama satuan gaya, serta masuk ke daftar satuan SI.

Selain Newton, ada juga orang-orang yang namanya dijadikan nama satuan. Lalu siapa saja mereka?

1. Andres Celcius

erch2014.com

Andres Celcius adalah astronom dan profesor dari Universitas Uppsala, Swedia yang menemukan skala suhu. Dalam makalahnya berjudul "Observations of two persistent degrees on a thermometer,” Celcius menentukan ketergantungan air mendidih dengan tekanan atmosfer.

Lebih lanjut lagi, ia memberikan aturan untuk penentuan titik didih jika tekanan barometik menyimpang dari tekanan standar tertentu dan lahirlah skala suhu celcius. Ia menggunakan skala celcius setelah termometer berjalan dari 0 sampai 100. Sejak saat itu, celcius menjadi nama satuan suhu.

2. André-Marie Ampère

maxisciences.com

Nama dari fisikawan Prancis ini dijadikan sebagai nama satuan untuk mengukur arus listrik. Ampere juga salah satu pendiri elektromagnetisme, atau sering disebut "elektrodinamika."

3. Charles F. Richter

nationalpost.com

Charles F. Richter merupakan seorang fisikawan Amerika dan pakar tentang gempa bumi. Namanya mulai jadi nama satuan ketika digunakan pertama kali pada tahun 1935. Hal ini karena ia masuk ke bidang seismologi karena itu satu-satunya kerjaan yang ada di bidangnya.

4. James Watt

historyextra.com

James Watt adalah seorang penemu, insinyur mesin asal Skotlandia yang mengembangkan mesin uap milik Thomas Newcomen. Selain mesin uap, ia juga membuat konsep tenaga kuda dan satuan SI daya dengan memakai namanya juga, Watt.

Terinspirasi dari Thomas Newcomen, Watt menetapkan seekor kuda mengitari roda gilingan 144 kali dalam satu jam (2,4 kali per menit). Ia juga membuat rumus untuk tenaga kuda (HP).

5. Alexander Graham Bell

scotsman.com

Seorang penemu asal Skotlandia lebih dikenal sebagai penemu telepon dan guru tunarungu. Diluar itu, namanya menjadi satuan intensitas atau kenyaringan suara setelah menemukan desibel pengukuran.

6. Alessandro Volta

indiatoday.in

Nilai potensial listrik (voltase) ini menggunakan satuan dari nama ahli fisika dan kimia asal Italia. Ia juga menemukan baterai listrik pertama dengan memakai metana dan menguji dengan lidah untuk mendeteksi listrik.

7. William Thomson, Lord Kelvin

malenywx.com

Selain Celsius, terdapat seorang matematikawan dan fisikawan yang menemukan skala suhu ketiga yang bernama kelvin. Menariknya dari kelvin adalah nilai nolnya setara dengan nilai nol absolut, atau suhu terendah di bumi. Penggunaan satuan kelvin banyak ditemukan di termodinamika.

Jadi orang yang berkontribusi tentang ilmu pengetahuan mendapat apresiasi dengan menjadikan namanya sebagai nama satuan. Semoga aja ada orang Indonesia yang namanya diabadikan jadi nama satuan.

Sumber : interestingengineering.com | discovermagazine.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”