Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

7 Daftar Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Yang Memiliki Fakultas Teknik

Perguruan swasta selalu jadi kelas dua. Tetapi bukan berarti semua perguruan tinggi swasta ecek-ecek, ada kok yang jadi pilihan banyak orang.

Perguruan tinggi swasta menjadi tempat sekunder bagi beberapa orang, khususnya para pejuang PTN yang sudah nyerah. Walau begitu kualitas universitas swasta nggak bisa dipandang sebelah mata. Buktinya banyak kampus swasta yang jadi favorit dedek-dedek SMA.

Ada baiknya kamu mulai lirik-lirik perguruan tinggi swasta sebelum masa pendaftaran ditutup. Siapa tahu satu dari 10 perguruan swasta ini yang dicari selama ini, yang pasti ada jurusan teknik.

1. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Binus dulunya merupakan institusi pendidikan komputer, lalu berkembang menjadi universitas swasta favorit di Indonesia. Kampus ini menawarkan kuliah sarjana dan program ganda yang mana calon mahasiswa mendapat dua gelar sarjana dari fakultas yang berbeda.

Binus memiliki jurusan unggulan, antara lain Teknik Industri, Sistem Komputer, Teknik Sipil dan Teknologi Pangan.

2. Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra adalah kampus yang terletak di Surabaya. Kampus yang berdiri pada tahun 1951 mulai memutuskan mengganti nama menjadi universitas pada tanggal 22 September 1961. Kampus Petra memiliki beragam fakultas yang antara lain Fakultas Teknik Industri, Ekonomi, Seni dan Desain, Ilmu Komunikasi.

Petra juga satu dari sekian kampus swasta favorit. Jurusan teknik yang dimiliki Petra adalah Teknik Informatika, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Teknik Industri.

3. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia, atau dikenal dengan UII merupakan perguruan tinggi yang berdomisili di Yogyakarta, Semula bernama Sekolah Tinggi Islam yang berada di Jakarta, lalu berganti nama menjadi UII dan pindah ke Yogyakarta.

Fakultas Teknik yang dimiliki oleh UII antara lain Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Teknik Sipil dan Teknik Mesin.

4. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas ini berdiri dibawah naungan Muhammadiyah dan menjadi salah satu kampus swasta terbaik di Malang. Universiats Muhammadiyah Malang berdiri sejak tahun 1961. Fakultas teknik di kampus ini memiliki lima program studi yaitu Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Industri dan Teknik Sipil.

5. Universitas Katolik Parahyangan

Universitas yang terkenal dengan sebutan UNPAR berdiri pada 17 Januari 1955 karena para uskup di Bandung ingin memberikan fasilitas pendidikan, yang kelak menjadikan UNPAR sebagai salah satu kampus favorit di Indonesia.

Unpar memiliki tujuh falkutas, diantaranya adalah falkutas Teknik. Jurusan teknik yang ada adalah Teknik Industri, Teknik Sipil dan Teknik Kimia.

6. Universitas Sanata Dharma

Unversitas Sanata Dharma merupakan salah satu kampus swasta favorit di Yogyakarta. Berdiri sejak tahun 1955 dan diinisiasi oleh Moh. Yamin, mantan Menteri Pendidikan. Uniknya dari kampus ini adalah tidak ada ospek, jadi mahasiswa Sanata Dharma nggak pernah ngerasain panas-panasan di lapangan dan rambut cepak.

Kampus ini memiliki lima gedung dan tujuh fakultas. Sedangkan fakultas tekniknya dimanakan Fakultas Sains dan Teknologi. Program studi teknik yang ada di Sanata Dharma antara lain Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Informatika.

7. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Kampus UNIKA Atma Jaya didirikan pada tanggal 1 Juni 1960 dan didirikan oleh Yayasan Atma Jaya. Berbeda dengan yang di Yogyakarta, Kampus UNIKA Atma Jaya berlokasi di Jakarta. Sebagai kampus swasta terbaik Indonesia ini memiliki delapan fakultas, salah satunya merupakan fakultas teknik.

Program studi yang dimiliki oleh fakultas teknik UNIKA Atma Jaya adalah Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Desain dan Manufaktur dan Sistem Informasi.

Walau kuliah di PTN swasta, bukan berarti kamu nggak bisa jadi sesuatu. Karena yang terpenting adalah apa kamu lakukan selama kuliah.

Sumber : glints.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”