Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

7 Fakta Menarik Tentang Mesin Diesel Jaman Sekarang

Seiring perkembangan teknologi, mesin diesel juga ikut berkembang. Malahan saat ini kendaraan berbahan bakar diesel sudah mampu menjadi kendaraan ramah lingkungan.

Mesin diesel merupakan salah satu mesin yang masih banyak digunakan saat ini. Penggunaannya banyak ditemukan di industri atau bidang transportasi.

Banyak orang beranggapan jika mesin diesel itu berisik, menghasilkan gas buang asap dan beraroma kaya telur busuk ketika didiamkan. Tapi itu hanya terjadi di masa lalu.

Seiring berkembangnya teknologi, diesel sekarang sudah lebih bersih secara bahan bakar, udara dan kebisingannya sudah berkurang.

1. Mesin diesel mampu beroperasi dengan bahan bakar sedikit

Kendaraan berbahan bakar diesel banyak dipakai di negara-negara maju. Secara bersamaan perkembangan mesin diesel memungkinkan sebagan besar modelnya menyerupai kendaraan berbahan bakar bensin.

Mesin diesel pada era sekarang sudah mencakup kontrol emisi yang lebi efektif dan tersedia dalam paket yang kecil. Itu artinya kendaraan diesel bisa memakai empai silinder, yang sebelumnya adalah enam silinder. Pengisian daya turbo lanjutan dan injeksi bahan bakar memberikan kinerja yang sama bahkan lebih baik dari kendaraan bensin.

Mesin diesel jaman now yang diperkirakan memiliki jarak tempuh 45 MPG dan ketika pengujian berada pada kisaran 50 MPG, yang artinya lebih sedikit pompa yang berhenti dan irit uang bensin.

2. Mesin diesel lebih efisien dari mesin bakar lainnya

Mesin diesel memiliki sistem pembakaran internal paling efisien. Ini setara dengan lebih banyak daya dan efisiensi lebih banyak daripada mesin bensin, kompresi gas alam dan gas alam cair.

Dalam pembakaran, bahan bakar diesel berbeda dengan bensin. Kompresi udara dan campuran bahan bakar begitu kuat sehingga energi dilepaskan lebih cepat dengan lebih sedikit bahan bakar. Energi yang lepas tadi diteruskan ke piston yang pada akhirnya menghasilkan energi dan menggerakan kendaraan.

Mesin diesel memiliki efisiensi sebesar 40% dan bisa lebih tinggi. Sedangkan mesin bensin hanya mampu menghasilkan efisiensi sebesar 20%. Itu artinya dari 100% bahan bakar, 40% bahan bakar terpakai dan sisanya hilang karena gesekan, bising atau fungsi mesin dan padam karena panas knalpot.

3. Mesin diesel menciptakan standar baru dalam pengendalian emisi

Teknologi diesel yang menggabungkan berbagai macam bahan bakar terbarukan yang akan terus mendorongnya agar menjadi pilihan unutk udara bersih, rendah emisi dan lingkungan yang berkelanjutan.

Menggabungkan bahan bakar belerang yang sangat rendah, filter partikulat, mesin yang efisien dan kontrol emisi yang lebih baik membantu mesin diesel menjadi harapan masa depan. Emisi yang dihasilkan sebanding dengan kendaraan mesin bensin.

Sekarang pemasok diesel komersil dapat menghitung emisi gas rumah kaca yang berhubungan dengan pemakaian bahan bakar diesel keseluruhan dan mendapatkan karbon untuk mengurangi 100% emisi.

4. Di ketinggian, mesin diesel lebih bertenaga daripada mesin bensin

Mesin bensin beroperasi pada rasio bahan bakar dan udara yang sangat spesifik. Pada ketinggian, udara semakin tipis, yang secara harafiah lebih sedikit molekul udara per kaki kubik.

Itu artinya ketika di pegunungan, mesin bensin harus menambah kapasitas bahan bakar untuk mencapai rasio yang dibutuhkan, karena akan mempengaruhii kinerja.

Sedangkan mesin diesel yang memiliki turbocharger, yang mampu memompa lebih banyak udara ke ruang pembakaran di ketinggian, yang membuat kinerja jadi lebih baik.

Apalagi bahan bakar diesel memiliki kepadatan energi tertinggi dari semua bahan bakar untuk transportasi. Ini artinya lebih banyak energi per galon daripada alternatif bahan bakar lain yang tersedia.

5. Mesin diesel sudah memenuhi kriteria polusi

Badan Perlindungan Llingkungan AS (EPA) mewajibkan semua mesin diesel untuk memenuhi kriteria polusi yang sama persis dengan mesin bakar lainnya. Yang menyebabkan pembuatan mobil menambah perangkat filter partikulat diesel, yang fungsinya untuk menghilangkan asap yang terlihat.

Berdasarkan kebijakan EPA, kendaraan berbahan bakar diesel buatan tahun 2007 sampai sekarang sudah jauh lebih bersih daripada tahun-tahun sebelumnya.

6. Teknologi Mesin diesel berhasil membuat lebih banyak daya dengan sedikit bahan bakar

Mesin diesel sudah maju satu langkah di depan karena mampu menghasilkan banyak daya dengan sedikit bahan bakar. Mesin diesel memampatkan udara menjadi satu dari 20 bagian per volume, kemudian mengirimkan sejumlah kecil bahan bakar diesel ke dalam silinder. Karena itu, pembakaran terjadi secara spontan tanpa busi.

7. Performa terbaik mesin diesel ketika di bawah 65 mil per jam

Tenaga puncak dicapai ketika RPM rendah, umumnya kpada kecepatan di bahwa 65 mil per jam. Sebaliknya, mesin bensin mencapai tenaga puncak dengan menjalankan mesin dengan tinggi dan cepat mencapai 5000 RPM.

Sekarang sudah jelas kan fakta menarik yang ada pada mesin diesel sekarang ini. Jadi udah gak usah parno lagi sama mesin diesel.

Sumber : auto.edu | anl.gov | bollingerenergy.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”