Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

7 Menteri Kabinet Indonesia Maju Merupakan Sarjana Teknik, Siapa Saja Mereka?

Setelah Presiden mengumumkan nama menteri di depan media, terselip nama-nama dalam Kabinet Indonesia Maju yang merupakan Sarjana Teknik. Siapa saja mereka? Denger-denger beberapa nama merupakan pertahana.

Setelah pemilu usai, Presiden mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada tanggal 23 Oktober 2019. Dua hari berselang, Presiden telah mengumumkan nama-nama wakil menteri di depan media. Pada kabinet tersebut berisikan 38 menteri dan posisi setara menteri serta 12 wakil mentri.

Dari 50 orang tersebut, ada 7 orang menteri dan wakil menteri yang merupakan sarjana teknik. Beberapa dari mereka adalah pertahana dari kabinet sebelumnya. Lalu siapakah saja nama-nama menteri dengan gelar sarjana teknik.

1. Basuki Hadimuljono

twitter.com/KemenPU

Basuki Hadimuljono merupakan Menteri Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rumah (PUPR). Beliau adalah salah satu pertahana dari Kabinet Indonesia Kerja. Sisi lain beliau sebagai menteri adalah ia memiliki selera humor yang tinggi.

Jejak pendidikan Basuki Hadimuljono dimulai dengan menyelesaikan studi Sarjana Teknik Geologi Universitas Gajah Mada. Lalu lanjut ke Amerika studi Magister dan Doktor Teknik Sipil di Colorado State University.

Belum lama ini, Pak Basuki baru saja menyelesaikan Program Profesi Insinyur di Institut Teknologi Bandung melalui Program Rekognisi Pengalaman Lampau (RPL). Hal ini diumumkan langsung dari Kementrian PUPR.

2. Arifin Tasrif

bisnis.tempo.co

Arifin Tasrif adalah pengganti Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan. Sebelum menjadi menteri, Arifin Tasrif merupakan dirut BUMN dan Dubes Indonesia untuk Jepang pada tahun 2017.

Tahun 2011, ia mendapatkan penghargaan Honorary Fellowship Award dari AFEO (ASEAN Federation of Engineering Organization) karena kontribusinya sebagai insinyur di Indonesia dan Asean.

Setelah SMA, Arifin Tasrif melanjutkan studi di Institut Teknologi Bandung dengan mengambil Teknik Kimia pada tahun 1971 sampai 1977.

3. Airlangga Hartarto

money.kompas.com

Pertahana berikutnya adalah Airlangga Hartanto. Pada periode 2019 s/d 2024, ia mendajat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekomonian. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Menteri Perindustrian pada tahun 2016.

Airlangga Hartanto merupakan lulusan Teknik Mesin Universitas Gajah Mada pada tahun 1987. Pengalaman lainnya Airlangga Hartanto adalah menjadi Ketua Persatuan Insinyur Indonesia 2006-2009 dan Ketua Dewan Persatuan Insinyur Indonesia 2009-2021. Walau merupakan lulusan teknik, ia lebih dikenal sebagai pengusaha dan politisi.

4. Suharso Monoarfa

nasional.kompas.com

Suharso Monoarfa adalah sarjana teknik berikutnya yang masuk dalam Kabinet Indonesia Maju. Ia merupakan lulusan Teknik Planologi Institut Teknologi Bandung dan lulus tahun 1978. Sebelum terjun ke dunai politik, ia pernah bekerja sebagai peneliti di berbagai perusahaan.

5. Pramono Anung

cnnindonesia.com

Dalam Kabinet Indonesia Maju, Pramono Anung mendapat jabatan sebagai Sekretaris Kabinet, Jabatan tersebut sama dengan yang ia ampu sebelumnya. Ini menjadikan Pramono Anung merupakan salah satu pertahana dari kabinet sebelumnnya.

Pramono Anung merupakan lulusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung dan selesai pada tahun 1988. Sebelum masuk dunai politik, ia berkecimpung di dunia bisnis dan menjabat sebagai komisaris dan direktur untuk beberapa perusahaan.

6. Budi Gunadi Sadikin

cnnindonesia.com

Budi Gunadi Sadikin merupakan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Selama lima tahun ke depan, ia mendampingi Erick Thohir, selaku Menteri BUMN.

Budi Gunadi Sadikin merupakan lulusan Fisika Nuklir Institut Teknologi Bandung pada tahun 1988. Dalam dunia BUMN, Budi Gunadi Sadikin memiliki pengalaman sebagai Direktur Utama Inalum sejak September 2017 silam. Salah satu prestasi Inalum adalah merebut saham Freeport sebesar 51 persen. Selain itu, ia pernah menjadi staff khusus Menteri BUMN, Rini Sumarno.

7. Budi Karya Sumadi

bisnis.tempo.co

Serupa dengan Basuki Hadimuljono, Budi Karya Sumadi merupakan pertahana dengan mengemban tanggung jawab sebagai Menteri Perhubungan kembali. Kesamaan kedua antara ia dengan Basuki Hadimuljono adalah berasal dari almamater yang sama yaitu Universitas Gajah Mada. Bedanya ia adalah merupakan lulusan Arsitektur.

Sebelum menjadi menteri, ia merupakan seorang professional untuk berbagai proyek pembangunan. Jadi nggak heran jika ia mendapat kepercayaan sebagai Meneteri Perhubungan.

Nah, itulah tadi ketujuh menteri dan wakil menteri pada Kabinet Indonesia Maju yang merupakan Sarjana Teknik.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”