Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

7 Penemuan yang Mengubah Wajah Bidang Teknik Elektro

Penemuan-penemuan ini merupakan hal penting bagi anak elektro. Karena ini merupakan komponen yang harus dipelajari oleh profesional dan mahasiswa teknik elektro.

Kegiatan manusia tidak bisa lepas dari namanya listrik. Semua peralatan sudah terintegrasi dengan listrik sebagai sumber tenaga. Kita juga hidup di dunia teknologi di mana semuanya menjadi lebih pintar dan saling berhubungan.

Dari listrik ditemukan pertama kali, sudah banyak penemuan yang membantu kehidupan manusia. Lalu penemuan apa saja yang muncul dari perkembangan listrik.

1. Listrik Arus AC

Nikola Tesla mencetuskan gagasan tentang listrik arus AC. ia mempresentasikan dalam paper yang dibuat pada tahun 1888. Listrik AC digunakan setiap hari dalam segala aspek, yang dikirim langsung dari PLN.

Listrik AC jeuh lebih efisien dari DC untuk urusan perjalanan jarak jauh. Dengan memakai arus AC, dapat memasok listrik jarak jauh dan menjadi komoditas yang sudah tersedia.

2. Travo

Travo adalah komponen penting dalam dunia kelistrikan karena mampu mentransferkan energi listrik dari satu sirkuit ke sirkuit lain tanpa bersentuhan. Fenomena ini disebut juga induksi listrik.

Travo pada dasarnya digunakan untuk mengatur tegangan arus masuk. Jika tegangan output lebih tinggi dari tegangan input, maka disebut travo step-up. Sedangkan travo step-down adalah ketika tegangan output lebih rendah dari tegangan input.

Travo pertama kali dibuat oleh Ottó Bláthy, Miksa Déri, dan Károly Zipernowsky. Tetapi orang yang mengkomersilkan travo adalah William Stanley di tahun 1886.

3. Motor listrik

Untuk negara berkembang, pengaplikasiannya tidak terbatas pada industri penerangan, melainkan kemampuan untuk pertumbuhan dan akselerasi. Motor listrik berperan penting dalam perkembangan industri dan kegunaannya dalam kendaraan listrik.

Motor listrik melakukan konversi dari energi listrik menjadi energi mekanik. Penggunaannya mempu menggantikan mesin uap dari pabrik dan semua industri besar tanpa membuat orang berkeringat karena uap. Motor listrik DC pertama kali diajukan oleh Frank Julian pada tahun 1886, sedangkan motor AC oleh Nikola Tesla pada taun 1887.

4. Panel Surya

Sumber energi matahari mulai hype digunakan pada akhir tahun 2000, tetapi konsep teknologi diprensetasikan oleh Edmond Becquerel pada tahun 1839 setelah ditemukan efek fotovoltaik. Sampai saat ini, sel surya sudah digunakan di seluruh dunia.

Pembangkit Listrik Gurun Tengger mempu menghasilkan daya output sebesar 1547 MW dan merupakan PLTS terbesar di dunia.

5. Generator Listrik Tenaga Air

Generator listrik tenaga air pertama kali digunakan pada tahun 1882 secara komersil di Fox River, Wisconsin. Pembangkit listrik tenga air menjadi favorit karena tidak menghasilkan barang sisa yang tidak bisa diolah seperti halnya pembangkit nuklir. Mereka juga mengandalkan sumber energi terbarukan untuk membuat pasokan listrik.

6. Bendungan Tiga Ngarai

Bendungan Tiga Ngarai masih erat kaitannya dengan pembangkit listrik tenaga air. Mengapa berkaitan? Hal ini karena ukuran dan perancangan yang digunakan untuk membangun.

Bendungan Tiga Ngarai terbesar yang pernah dibuat adalah Bendungan di Sungai Yangtze, China. Pembangkit listrik disana mampu menghasilkan daya sebesar 22.500 MW. Panjang bendungan tersebut adalah 2.355 meter, konstruksi selesai dibuat pada tahun 2012 dan telah pulih sepenuhnya pada akhir 2013.

7. Lampu Bohlam

Berkat Thomas Alfa Edison, kita semua bisa menikmati cahaya di malam hari. Pada tahun 1878, Edison mulai melakukan penelitian untuk mengembangkan lampu pijar praktis dan tanggal 14 Oktober 1878, Ia mengajukan hak paten pertama untuk lampu listrik.

Ia terus menguji berbagai jenis bahan untuk filamen logam untuk meningkatkan desain aslinya dan tanggal 4 November 1879, ia mengajukan paten lampunya dengan menggunakan "filamen karbon atau strip yang digulung dan dihubungkan ... ke platina kabel kontak. " Beberapa bulan setelah Edison mendapatkan hak patennya, ia dan timnya menemukan bahwa bambu berkerbonasi filamen dapat bertahan selama 1200 jam.

Sumber : wonderfulengineering.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”