Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

7 Trik Cepat Pemakaian Gmail Supaya Makin Produktif Kala Bekerja dari Rumah

Masa pendemi membuat semua perusahaan memberlakukan bekerja dari rumah. Ketika kerja dari rumah maka nggak bisa lepas dari pemakaian email, khususnya Gmail. Supaya makin produktif, ada trik untuk memakai Gmail jadi lebih cepat

Selama pendemi, semua kegiatan dilakukan di rumah dan harus dikirim lewat email. Salah satu layanan email yang banyak dipakai oleh kebanyakan orang adalah Gmail. HIngga saat ini pengguna Gmail sudah mencapai 1 milyar jiwa di seluruh dunia.

Walau banyak pengguna, ternyata Gmail masih menyimpan trik-trik tersembunyi agar dapat digunakan dengan optimal. Dengan adanya jalan tikus ini maka pekerjaan yang berkaitan dengan Gmail bisa lebih efektif dan produktif.

Dan apa saja trik-trik tersebut?

1. Membatalkan e-mail yang terlanjur terkirim

idntimes.com

Berdasarkan survei dari AOL, 32% pengguna Gmail sering ngirim email ke alamat yang nggak seharusnya. Jika konteks pergaulan sih masih bisa dimaafkan tetapi nggak bagi professional. Salah ngirim alamat email dapat menciptakan kesan buruk dalam urusan pekerjaan. Tetapi ada caranya supaya nggak terhindari dari salah kirim.

Gmail memiliki fitur untuk membatalkan pengiriman dalam waktu 30 detik. Cara melakukanya adalah dengan  buka Pengaturan akun Gmail > klik tombol Undo Send > atur pembatalan sesuai keinginan.

2. Penghancur email mandiri

popbela.com

Dalam film Mission Impossible, Tom Cruise mendapatkan pesan rahasia tentang misi yang harus dijalankan, dan akan hancur ketika sudah tersampaikan. Trik penghancuran pesan akhirnya diadopsi oleh Gmail. Fitur ini memungkinkan pesan masuk dapat hancur sendiri dalam jangka waktu tertentu.

Fitur ini sangat membantu jika kamu nggak mau menerukan email ke orang lain. Dan cara melakukannya adalah dengan klik gembok dekat tombol sent sebelum mengirim. Terdapat tab baru bernama confidental mode yang terbuka dengan Set Expiration.

3. Ngirim dengan kode verifikasi

support.google.com

Hadirnya confidental mode membuat pengguna dapat mengirim email dengan kode verifikasi yang diperoleh lewat SMS. Tentu dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna karena dapat memastikan bahwa email hanya dapat diakses oleh alamat yang dituju saja.

4. Shortcut dengan keyboard

blogote.com

Demi meningkatkan produktivitas, Gmail memberikan akses dengan membuat shortcut dengan menggunakan keyboard. Sebagai contoh, jika ingin membaca pesan selanjutnya hanya ketik tombol "N" dan membaca pesan sebelumnya dengan ketik "P". Jika ingin mengirim pesan bisa menggunakan "Ctrl + Enter"

Untuk mengaktifkan shortcut dari keyboard, pengguna harus mengaktifkan lewat pengaturan gmail > General > pilih Keyboard Shortcut on.

5. Reply semua pesan sekaligus

chrome.google.com

Gmail membuatkan solusi bagai pengguna yang ingin membalas pesan sekaligus ke beberapa orang. Terkadang menggunakan fitur "Reply All" saja masih suka lupa, namanya juga manusia.

Caranya adalah dengan klik tabel pengaturan dan klik general tab. Setelah itu, cari opsi Default Reply Behaviour dan pilih opsi Reply All.

6. Menampilkan notif email masuk

jogja.idntimes.com

Berbeda dengan aplikasi lainnya, Gmail nggak ada notif nada yang menandakan ada pesan masuk. Namun hal itu bisa diatasi dengan mengatur notif pesan masuk dari Gmail. Dengan ini, kamu bisa melihat notif masuk tanpa buka Gmail terlebih dahulu. Caranya adalah dengan klik setting lalu pilih tab advanced dan klik enable di bagian unread message icon.

7. Smart Compose untuk membantu pemilihan tata bahasa

gtricks.com

Smart Compose sangat bermanfaat untuk menghemat waktu dalam membuat teks. Fitur ini pada dasarnya untuk memberikan saran tentang frasa yang hendak digunakan serta memprediksi teks. Fitur ini aktif secara by default.

Dengan bantuan dari smart compose maka kamu terhindar dari kesalahan penggunaan tata bahasa, khususnya ketika memakai bahasa inggris. Pasalnya ada sedikit saja salah dalam pemakaian tata bahasa bisa berakibat fatal.

Itu tadi cara pintas untuk penggunaan Gmail. Dengan begini, produktivitas bisa makin meningkat. Apalagi masa pandemi ini mengharuskan untuk bekerja dari rumah.

Sumber : jogja.idntimes.com | ayobandung.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”