Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

8 Barang Rumah Tangga Yang Bisa Merusak Sinyal Wi-Fi

Pasang Wi-Fi di rumah tapi jaringannya sering lambat? Jangan langsung sambat, bisa aja kalian naruhnya di tempat yang bisa ngerusak sinyal.

Wi-Fi sudah jadi kebutuhan banyak orang, termasuk kalian yang masih kuliah. Penggunaan Wi-Fi dapat membantu menyelesaikan laporan dan tugas karena bisa cari referensi makul. Atau hanya sekedar mabar PUBG Mobile dan Mobile Legend.

Sering kali ketika udah pasang Wi-Fi, nggak jarang koneksi internet jadi lambat atau mati. Lalu sambat ke provider tanpa kroscek dahulu. Mungkin aja di rumah kalian ada barang-barang yang dapat menghambat sinyal Wi-Fi sehingga internet kalian lelet.

Kalau kalian naruh router di dekat 8 barang ini, bisa jadi itu penyebab sinyal W-Fi kalian lambat. Lalu apa saja barang yang dapat ngerusak sinyal Wi-Fi?

1. Funitur dan benda permukaan logam

Logam merupakan konduktor, yang artinya ia dapat menyerap listrik. Hal ini karena Wi-Fi dapat melepas gelombang elektromagnetik, permukaan dan benda logam dapat menghalangi penyebaran gelombang. Karena itulah segera jauhkan router dari benda-benda logam.

2. Dinding bata dan batu

Perlu diketahui beberapa dinding dapat menghentikan sinyal Wi-Fi. Dinding-dinding yang dapat mengehntikan sinyal terdebut antara lain terbuat dari marmer, semen, beton, plester dan batu bata.

Ini artinya kenapa sinyal Wi-Fi hanya menjangkau di tempat tertentu, khususnya rumah bertingkat dan luas. Untuk mengatasinya, taruh router di tempat terbuka dan jauh dari dinding.

3. Cermin

Menaruh router berdekatan dengan cermin juga bukan hal yang disarankan. Pasalnya cermin bisa memantulkan sinyal Wi-Fi dan koneksi internet. Karena menaruh router dekat cermin dapat membuat sinyal menjadi lemah dan nggak stabil.

4. Kulkas dan mesin cuci

Secara umum, peralatan listrik yang memilliki pipa yang mengalirkan air nggak ramah dengan sinyal Wi-Fi. Air dapat mempertahankan sebagian energi dari gelombang nirkabel, yang mana dampak negatifnya mempengaruhi kualitas koneksi internet.

5. Lampu natal

Memiliki lampu natal warna-warni dapat menyebabkan sinyal Wi-Fi menjadi lemah. Pasalnya ketika lampu natal aktif, ada chip berkilau yang menghasilkan medan magnet yang berinteraksi dengan gelombang listrik yang dikeluarkan oleh router. Ada baiknya, jauhkan router dari lampu natal ketika merayakan natal.

6. Monitor bayi

Monitor bayi menghasilkan inteferensi 2,4 GHz, yang sama seperti Wi-Fi. Ketika ada dua perangkat atau lebih mentransmisikan frekuensi yang sama, mereka menggunakan udara untuk mengirim data malah mengirimkan gelombang, seperti dalam kasus koneksi nirkabel.

Meskipun monitor bayi biasanya memerlukan koneksi ke jaringan agar berfungsi dengan benar, hindari menempatkan berdekatan dengan router.

7. Drone

Drone juga beroperasi dengan frekuensi 2,4 GHz, tetapi nggak semua model menghasilkan inteferensi yang sama. Semua itu tergantung pada jumlah daya yang dibutuhkan tiap model untuk berfungsi.

8. Microwave

Microwave adalah perangkat yang memiliki spektrum frekuensi yang mirip dengan yang digunakan Wi-Fi. Jika meletakan router di dekat microwave, taruh di tempat yang lebih tinggi dari microwave.

Secara substansial akan mengurangi efek negatif yang ditimbulkan koneksi yang dimiliki microwave.

Kalau kalian punya masalah dengan sinyal Wi-Fi, coba periksa dulu dimana tempat naruh router? Bisa aja kalian naruhnya berdekatan sama delapan barang tadi. Ada baiknya periksa dulu sebelum sambat ke operator.

Sumber : brightside.me

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”