Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

8 Channel YouTube Hiburan Dengan Konten Berbau Teknik

Emang bisa belajar hal-hal berbau teknik lewat YouTube? Jawabannya bisa dong. Ada kok Youtuber yang punya konten hiburan dengan aroma-aroma teknik. Lalu Siapa aja nama-nama Youtuber teknik?

Kebutuhan untuk terus mengembangkan diri dapat terpenuhi dengan adanya YouTube. Ratusan kanal dengan berbagai macam konten bisa kita cari dan pelajari saat itu juga. Terutama perkembangan teknologi dan engineering yang makin lama makin bertambah.

Hadirnya YouTube membuat pemahaman tentang engineering menjadi lebih mudah karena pada dasarnya disasar untuk banyak kalangan. Dengan kata lain, penyajian konten engineering di YouTube lebih mudah dicerna jika dibandingkan di kelas dengan materi yang sama.

Agar kamu bisa belajar engineering dengan santai dan seru, khususnya saat masa pandemi, berikut 10 kanal YouTube berbau teknik bisa kamu jadikan referensi pembelajaran.

1. CrashCourse

youtube.com/user/crashcourse

CrashCourse adalah kanal YouTube buatan Hank dan John Green. Kanal ini membahas hal-hal seputar fenomena sains dengan mengundang para ahli dari berbagai instansi.

Tampilan dengan penuh animasi membuat pembejalaran menjadi lebih menyenangkan. Ditambah penggunaan referensi ilmiah menjadikan kanal ini layak sebagai rekomendasi pembelajaran yang menyenangkan.

2. SciShow

youtube.com/c/SciShow

SciShow adalah kanal buatan Hank Green dengan bantuan dari Michael Amanda dan Olivia Gordon. Konten-konten pada kanal ini berisikan tentang sains, perkembangan ilmiah dan sesi QnA.

Materi konten sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga orang awam dapat mudah mencernanya. Topik-topik sederhana dapat dikemas dengan baik sehingga memberikan kesan 'Wow'.

3. Adam Savage's Tested

youtube.com/user/testedcom

Kanal ini sangat cocok bagi kamu yang suka sekali berekperimen dengan berbagai macam komponen. Adam Savage memiliki kemampuan mekanik ketika membuat properti untuk kebutuhan film. Hingga pengalamannya ia bagikan di kanal YouTube bernama Adam Savage's Tested.

4. Veritasium

youtube.com/c/veritasium

Veritasium memiliki banyak sekali video berbau eksperimen. Pengujian sederhana dengan bermacam bahan kimia dapat menjadikan tontonan menarik. Selain pengujian, terdapat juga penjelasan ilmiah lainnya yang dapat membuka wawasanmu.

5. SmarterEveryDay

youtube.com/c/smartereveryday

Destin Sandlin adalah seorang rocket engineer asal Amerika Serikat. Dengan pengetahuan yang ia dapatkan semasa studi, ia membuat kanal ini untuk mengajarkan tentang sains dan engineering dengan cara yang lebih seru.

Destin menyajikan konten-konten eksperimen serta penjelasan bagaimana hal tersebut dapat terjadi. Tentu saja dapat memuaskan rasa penasaranmu perihal kegiatan sehari-hari yang ada di sekitarmu.

6. The King of Random

instagram.com/thekingofrandom

Kanal yang satu ini juga menampilkan berbagai eksperimen, pengujian dan membedah mitos tentang sains di sekitar kita. Kanal ini dibuat oleh Grant Thompson, tetapi pada tahun 2019 ia meninggal karena kecelakaan ketika bermain paralayang. Posisinya sekarang digantikan oleh Nate Bonham dan Calli Gade.

7. Because Science

instagram.com/becausescience

Hal unik dari kanal ini adalah menjelaskan benda-benda fiktif dari budaya populer dengan pendekatan sains. Penjelasan bagaimana pedang ala Star Wars, tongkat Rita Repulsa dan hal-hal berbau luar angkasa telah dijelaskan oleh Kyle Hill.

Penggabungan antara dunia fiksi dengan sains modern mampu menjelaskan kepada kita bagaimana cara kerja benda-benda yang sering kita lihat di film.

8. minutephysics

youtube.com/user/minutephysics

Dari namanya sudah terlihat bahwa kanal ini akan membahas fenomena fisika yang terjadi di lingkungan kita sehari-hari. Khususnya bagi kamu yang ingin belajar fisika lebih lanjut, pasalnya gejala fisis mudah dilihat namun sulit menjelaskan dalam bahasa sehari-hari.

Kanal yang dibuat oleh Henry Reich dapat membantu kamu untuk memahami tentang mekanika kuantum, paradoks, relativitas serta teori string dengan bantuan animasi dan grafis.

Semua kanal ini bisa dijadikan referensi tambahan untuk mencari hiburan sambil belajar hal-hal menarik.

Sumber : ansys.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”