Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

8 Pekerja Seni Yang Merupakan Alumnus ITB

ITB terkenal sebagai kampus teknik terbaik di Indonesia. Tetapi lulusannya malah ada yang memilih sebagai pekerja seni. Malah ada yang ambil dua jurusan sekaligus.

ITB merupakan salah satu perguruan tinggi idaman seluruh rakyat Indonesia. Segala cara dilakukan agar mendapatkan mengkunci satu kursi. Nggak sedikit dari alumni ITB yang berhasil dalam kariernya.

Nggak hanya sebatas jadi engineer atau politisi, banyak juga lulusan ITB yang berkecimpung ke dalam kesenian. Baik itu seni peran, musik hingga perfilman semuanya ada. Penasaran siapa saja mereka?

1. Pandji Pragiwaksono

hot.detik.com

Pandji Pragiwaksono sekarang ini lebih dikenal sebagai standup comedian. Selama berkarier di dunia komedi, ia sudah melakukan 5 kali tur. Turnya sendiri udah sampai ke luar negeri. Bagi yang belun tahu, Pandji adalah alumnus Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB tahun 1997.

2. Fariz RM

aceh.tribunnews.com

Faris RM adalah seorang musisi ternama Indonesia pada eranya. Ia sudah terjun ke dunia musik sejak SMA bersama Ikang Fawzi dan Addie MS. Bukannya kuliah musik, ia justru memilih kuliah seni rupa di ITB pada tahun 1978.

3. Purwacaraka

kebudayaan.kemdikbud.go.id/

Purwacaraka merupakan musisi, komposer dan pencipta lagu. Sejak kecil, ia sudah senang dengan musik. Karier bermusik ia mulai dari nol dengan menerima job acara sekolah sampai nikahan orang.

Walau sukses di dunia musik, dulunya Prwacaraka adalah mahasiswa ITB. Ia tercatat sebagai alumnus teknik industri ITB angkatan 1979.

4. Nirwan Dewanto

literature.britishcouncil.org

Nirwan Dewanto terkenal sebagai sastrawan, kurator dan aktor. Ia juga dikenal dalam film biopik berjudul Soegiya tahun 2012. Di film itu ia berperan sebagai Uskup Albertus Soegiyapranata.

Dari kecil sudah suka dengan dunia namun sangat berbeda dengan perkuliahannya. Ia justru memilih ITB sebagai tempat melanjutkan pendidikan tinggi dan lulus dengan gelar sarjana geologi pada tahun 1987.

5. Joko Anwar

mldspot.com

Sebelum menjadi sutradara, Joko Anwar dulunya adalah seorang jurnalis Jakarta Post. Film pertama yang ia sutradarai adalah Janji Joni di tahun 2005 dan sukses melambungkan namanya.

Alih-alih kuliah perfilman, Joko Anwar justru nyasar ke ITB sebagai mahasiswa teknik penerbangan. Ia mengaku pada waktu itu biaya kuliah film mahal.

6. I Nyoman Nuarta

koran-jakarta.com

I Nyoman Nuarta merupakan seniman patung dan pelopor Gerakan Seni Rupa Baru pada tahun 1976. Ia sudah membuat karya pahat yang menakjubkan, salah satunya adalah patung Garuda Wisnu Kencana di Bali.

Ia tercatat sebagai alumnus Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB tahun 1979. Pada awalnya ia memilih seni lukis tetapi dua tahun kemudian ia beralih ke seni patung.

7. Suyadi

liputan6.com

Suyadi atau Pak Raden adalah seniman dan kreator Si Unyil. Si Unyil merupakan tayangan anak-anak yang populer pada zamannya. Selain membuat, ia juga mengisi suara karakter Pak Raden.

Suyadi merupakan alumnus seni rupa ITB  di tahun 1960. Setelahl lulus dari ITB, ia melanjutkan sekolah animas di Perancis. Bahkan ia pernah didaulat oleh Kemendikbud untuk membuat buku bahasa indonesia untuk anak SD.

8. Sudjiwo Tedjo

suara.com

Terkenal dengan ideologi yang Out Of The Box dan pemahaman budaya yang memumpuni, Sudjiwo Tedjo malah memilih berkuliah di ITB. Nggak tanggung-tangung dua jurusan sekaligus yaitu matematika dan teknik sipil.

Yang menarik dari seorang Presiden Jancukers adalah membahas budaya dan kesenian dengan pendekatan matematika. Ia percaya bahwa matematika adalah dasar dari segala ilmu pengetahuan di dunia.

Mana nih suaranya anak ITB !?

Sumber : idntimes.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”