Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

8 Perguruan Tinggi dengan Fakultas Teknik Terbaik di Indonesia Versi QS World Rankings

QS World Rankings telah mengeluarkan hasil 1000 perguruan tinggi terbaik dunia. Dari data tersebut, Indonesia menyumbang delapan nama perguruan tinggi. Mana sajakah itu?

QS World Rankings baru saja mengeluarkan daftar 1000 perguruan tinggi terbaik dunia. Sekedar informasi, QS World Rankings adalah lembaga peringkat perguruan tinggi yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS). Lembaga ini memiliki jaringan yang telah terkoneksi yaitu pendidikan tinggi, kompetensi dan industri.

Lembaga ini menjadi satu-satunya lembaga yang terpecaya karena mendapat persetujuan dari International Rankings Expert Group (IREG) dan banyak dibaca oleh  Academic Rankings of World Universities dan Times Higher Education World University Rankings.

Indikator yang digunakan dalam penilaian ini meliputi kolaborasi riset internsional, reputasi akademik, alumni dan beberapa indikator lainnya. Dari 1000 daftar perguruan tinggi, Indonesia menyumbang delapan perguruan tinggi.

1. Universitas Indonesia

instagram.com/therealdisastr

Universitas Indonesia masuk pada urutan ke-296 dan memiliki nilai rata-rata 34,7. Kampus dengan jas kuning tersebut turun empat peringkat dari tahun sebelumnya. Pada bidang riset, UI mendapat predikat "high".

2. Universitas Gajah Mada

cnnindonesia.com

Universitas Gajah Mada berada pada urutan kedua dan berada pada peringkat ke-320 dunia. Angka ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tahun lalu yang berada pada urutan ke-391.

Kampus yang pernah digunakan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono ini memiliki nilai rata-rata sebesar 33,2 dengan bidang riset memperoleh predikat "medium".

3. Institut Teknologi Bandung

instagram.com/jokoanwar

Institur Teknologi Bandung berada pada peringkat ke-331 dunia yang sebelumnya berada pada peringkat ke-359 pada tahun lalu. Tempat kuliahnya Joko Anwar ini memiliki nilai rata-rata sebesar 32,3 dengan kategori riset memperoleh predikat "very high".

4. Institut Pertanian Bogor

finance.detik.com

Institut Pertanian Bogor berada pada urutan ke empat dengan posisi 601-650 tingkat dunia. Peringkat ini naik dari tahun lalu yang berada para posisi 701-750. Pada bidang riset, IPB memperoleh predikat "high"

5. Universitas Airlangga

instagram.com/ari_lasso

Tempat kelima ditempati oleh Universitas Airlangga. Dalam peringkat dunia, UNAIR berada pada posisi 657-700. Posisi ini mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun lalu yang berada pada posisi 751-800 tingkat dunia. UNAIR memperoleh predikat "medium" pada bidang riset.

6. Universitas Padjajaran

instagram.com/hotmanparisofficial

Universitas Padjajaran berada pada urutan ke enam dan pada posisi 751-800 di peringkat dunia. Posisi ini turun dari sebelumnya berada di 651-700. Kampus yang berlokasi di Bandung ini memiliki predikat "medium" di bidang riset.

7. Universitas Diponegoro

idntimes.com

Universitas Diponegoro terletak pada posisi 800-1000 peringkat dunia. Hasil ini masih sama dengan tahun lalu, nggak mengalami perubahan. Pada bidang riset, Undip memperoleh predikat "Medium".

8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

instagram.com/caklontong

Senadib dengan UNDIP, ITS berada pada posisi 800-1000. Posisi ini nggak mengalami perubahan karena tahun lalu ITS berada pada posisi serupa. Tempat kuliahnya Cak Lontong ini memiliki predikat "medium" dalam bidang riset.

Sumber : kompas.com | goodnewsfromindonesia.id

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”