Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

8 Selebriti Dunia Yang Memiliki Gelar Sarjana Teknik

Dibalik pekerjaan sebagai pelaku industri hiburan. Mereka dulunya adalah mahasiswa teknik, sama seperti kalian.

Pelaku dunia hiburan diharuskan untuk selalu siap baik di depan atau belakang kamera. Selalu menjadi pusat perhatian, mengharuskan para selebriti tampil dengan kondisi terbaik. Apalagi ketika bicara tentang latar belakang pendidikan si selebriti.

Menjadi selebriti tidak terbatas oleh latar belakang pendidikan. Siapapun bisa menjadi pelaku dan bekerja di dunia hiburan, apalagi yang punya gelar sarjana teknik. Itu nggak salah asalkan nggak beli ijazah.

Berikut ini adalah 10 selebriti yang sudah menyelesaikan sarjana teknik.

1. Bill Nye

William Sanford Nye atau Bill Nye adalah seorang presenter acara sains Bill Nye the Science Guy. Acara televisi yang berlangsung selama 5 musim, ditujukan untuk anak-anak agar mereka tertarik dengan sains. Dari situ ia mendapat julukan the Science Guy.

Bill Nye merupakan lulusan Cornel University dengan gelar sarjana teknik mesin. Sebelum berkarier di televisi, ia pernah bekerja di perusahaan boeing dan menemukan tabung penekan resonansi tekanan hidrolik yang digunakan di pesawat 747, gampangnya adalah peredam riak atau peredam denyut. Peredam tersebut berfungsi meminimalisir efek getaran yang masuk ke dalam sistem.

2. Ashon Kutcher

Ashton Kutcher merupakan selebriti hollywood papan atas. Ia juga merupakan pembawa acara MTV Punk'd, acara nge-prank bintang hollywood, sebelum menjadi hype di Youtube.

Asthon Kutcher tercatat sebagai almamater mahasiswa teknik biokimia, Universitas Iowa. Motivasinya kuliah teknik biokimia karena saudaranya punya masalah jantung, ia mencari tahu cara menyembuhkan tersebut. Walau begitu, ia justru lebih sukses di dunia hiburan daripada engineering.

3. Cindy Crawford

Cindy Crawford merupakan salah satu model papan atas dunia. Pada tahun 1995, ia tercatat sebagai model dengan bayaran termahal di dunia versi Forbes. Ia pernah muncul di video klipnya Taylor Swift berjudul Bad Blood.

Dibalik kemampuan mondar-mandir di catwalk, Cindy Crawford pernah mendapatkan beasiswa teknik kimia di Universitas Northwestern, Illinois.

4. Chris Vance

Chris Vance adalah lulusan Universitas Newcastle bergelar sarjana teknik sipil. Ia adalah aktor serial TV terkenal di Inggris. Sukses berkarier di negara asalnya, ia pun melebarkan sayapnya dengan pindah ke Amerika Serikat.

5. Dolph Lundgren

Bintang film The Expendable yang satu ini, jangan sekali-kali kalian remehkan. Dibalik postur badan yang tinggi kekar. Dolph Lungdren adalah seorang sarjana teknik kimia. Pria asal Swedia ini menyelesaikan S1 di Royal Institute of Technology, Swedia dan melanjutkan gelar masternya di Universitas Sydney, Australia.

Memiliki gelar master teknik kimia tidak membuatnya berkarier di bidang kimia. Ia justru semakin eksis di dunia perfilman. Perannya sebagai Ivan Draco di film Rocky IV menjadi ikonik hingga sekarang.

6. Tom Scholz

Tom Scholz adalah gitaris grup band Boston. Ia juga alumni Teknik Mesin, Massachusetts Institute of Technology. Nggak tanggung-tanggung, ia juga melanjutkan studi master di tempat yang sama, dengan gelar yang sama pula.

Sebelum berkarier di bidang musik, ia pernah bekerja sebagai perancang produk di Polaroid Corporation. Pada tahun 2005, anaknya mengikuti jejaknya sebagai lulusan teknik mesin di Massachusetts Institute of Technology.

7.  Herbie Hancock

Herbie Hancock adalah musisi jazz asal Amerika Serikat. Ia adalah salah satu musisi jazz yang memberikan panggung untuk hip-hop.

Sewaktu kuliah ia mengambil dua studi yaitu teknik elektro serta musik di Grinnell College, dan ia selesaikan keduanya. Ia memilih teknik elektro dan musik karena kecintaannya sejak kecil. Uniknya adalah ia mencoba menggabungkan antara musik dengan sains sebagai media pembelajaran.

8. Rowan Atkinson

Terlihat konyol depan kamera bukan berarti di dunia nyata demikian. Itulah kata yang pas untuk menggambarkan sosok Rowan Atkinson. Dibalik karakter Mr. Bean yang bodoh tersimpan intelektual yang nggak bisa disepelekan.

Rowan Atkinson adalah lulusan teknik elektro di Universiats Newcastle dan magister teknik elektro di Oxford. Bahkan ia menjadi anggota kehormatan Oxford pada tahun 2006. Selain sebagai Mr. Bean, ia juga menjadi agen rahasia di film Johnny English.

Nggak nyangka kan kalau ada selebriti dunia yang dulunya anak teknik. Mungkin ada yang beranggapan mereka nggak memakai ilmunya untuk mencari pekerjaan. Tapi kalau rejekinya justru di dunia hiburan, terus kamu bisa apa?

Sumber : gineersnow.com | bestmastersdegrees.com | topuniversities.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”