Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

9 Fakta Mengejutkan Isaac Newton yang Jarang Diketahui Orang

Orang tahunya Newton cuma di buku fisika dan mekanika. Tetapi jarang yang tahu tentanbg fakta dibalik seorang Isaac Newton tersebut.

Kata "Newton" pasti kita temukan pertama kali saat belajar fisika. Newton merupakan satuan SI untuk menyatakan nilai gaya. Selain itu, Newton juga akan kalian temukan di fakultas teknik tentunya.

Salah satu pencapainnya yang menonjol adalah Philosophae Naturalis Principia Mathematica, sebuah buku yang menjelaskan tentang gravitasi dan hukum gerak. Dan konsep masih kita pakai sampai sekarang seperti Hukum Newton I, II dan III.

Selain belajar tentang ilmunya, akan lebih menarik jika mengetahui fakta-fakta tentang Isaac Newton. Karena kisah orang fenomenal selalu menarik untuk dibahas. Dan seperti apa fakta tentang Newton.

1. Demi penelitian, Newton pernah nusuk matanya dengan jarum

Kurangnya referensi penelitian tentang optik, Newton ngiranya akan bereksperimen dengan matanya sendiri karena menganggap mata nggak mampu membuat dan mengumpulkan cahaya. Demi ilmu pengetahuan, ia memerikasa matanya sendiri dengan jarum tumpul yang dikenal sebagai bodkin.

2. Newton menderita gangguan saraf

Newton memiliki gangguan safar pada tahun 1678 dan tahun 1693. Pada tahun 1678, ia berselisih dalam penelitiannya dalam teori optik, ia diyakini memiliki gangguan saraf. Sedangkan tahun 1693, setelah masuk masa pensiun, Newton memiliki gangguan yang diduga akibat keracunan zat kimia serta depresi psikologi kronis.

3. Newton lahir prematur

Datang dari keluarga petani, Newton juga terlahir secara prematur tiga bulan sebelum waktunya. Ketika lahir, badannya sangat kecil sehingga muat di dalam cangkir quart.

4. Newton pernah kerja sebagai pelayan

Sewaktu kuliah di Universitas Cambridge, Ia juga bekerja sebagai pelayan. Istilah ini disebut "sizar", yang dapat diartikan sebagai mahasiswa penerima bantuan beasiswa namun harus membayar ganti rugi dengan kerja sebagai pelayan. Pada kasus ini, Newton harus membereskan kamar mahasiswa lain.

5. Newton menemukan kalkulus setelah lolos dari wabah besar

Tahun 1665, Cambridge dilanda wabah besar yang memaksa Newton dan teman-temannya mengungsi. Selama itu, ia ngutak-atik tentang integral dan differensial. Dari sanalah cikal bakal lahirnya kalkulus.

6. Teori gravitasi muncul bukan karena Newton kejatuhan apel

Kita selalu diajarkan bahwa Newton menemukan teori gravitasi karena kejatuhan apel. Namun realitanya adalah itu kruang tepat. Sebenarnya, Newton menemukan teori tersebut ketika melihat buah apel jatuh. Dari situ, ia berpikir bahwa ada sebab mengapa apel jatuh ke tanah. Ada gaya tak kasat mata yang mempengaruhi itu.

7. Newton adalah orang yang kesepian

Banyak spekulasi mengatakan Newton memiliki gangguan bipolar atau autisme. Entah benar atau tidak, yang jelas semasa hidupnya ia sangat kesepian. Hal ini terlihat dari kisah masa kecilnya dan masa tuanya

Sewaktu kecil, ia ditinggal oleh ibunya yang menikah lagi dan dirawat oleh kakek dan neneknya. Pengalaman itu membuat ia jadi orang yang menyendiri. Bahkan ia membuat daftar dosa, salah satunya adalah mengamcam ibu dan ayah tirinya. Ketika dewasa, ia ternggelam dalam pekerjaannya sampai akhir hayat.

8. Sewaktu menjadi dosen, kelasnya Newton sepi mahasiswa

Tahun 1669, Newton diangkat sebagai profesor matematika Lucasian di Cambridge pada usia 26 tahun. Beraada di Cambridge selama 30 tahun, Newton lebih tertarik dengan penelitian daripada mengajar. Sehingga seringkali kelasnya kosong tanpa mahasiswa.

9. Newton pernah bekerja sebagai pembuat mata uang di Inggris

Newton pernah bekerja di Royal Mint sebagai penanggung jawab produksi mata uang Inggris pada tahun 1696. Tiga tahun bekerja disana, ia naik pangkat dan terus bertahan sampai tahun 1727.

Selama menjabat, Newton mengawasi sirkulasi pergantian mata uang lama dengan yang baru dan lebih andal. Ia juga fokus pada penyelidikan pemalsuan uang, dan secara pribadi melacak para pencajat sampai ketemu. Para pemalsu yang tertangkap ini akhirnya digantung mati.

Sumber : gineersnow.com | history.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”