Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

9 Kelebihan Mengapa Bahasa C++ Masih Dipakai Sampai Sekarang

Belajar bahasa C++ enak banget. Materinya berlimpah dan banyak temennya jadi bisa nge-share program

Bahasa C++ merupakan turunan dari bahasa C yang berorientasi pada pemrograman berorientasi objek, dengan terdiri dari bermacam class dalam tahap penyelesaiannya. Class pada bahasa C++ terdiri dari keadaan objek, anggota dan kemampuan objek.

Bahasa C++ memiliki dua konsep utama yaitu data dan algoritma. Data merujuk pada materi yang hendak diolah dan algoritma merupakan cara pengolahan data tersebut. Setelah data dioleh dengan alogoritma, maka lahirlah hasil akhir berupa type data.

Selain karena salah satu bahasa pemrograman tertua, C++ sangat digemari programmer karena kemudahan sehingga pemakainya masih banyak hingga sekarang.

Pada tahun 1998, Bahasa C++ mendapatkan standarisasi bahasa pemrograman pada pertama kali rilis dengan kode ISO/IEC 14882:1998.

Apa saja keuntungan dari menggunakan bahasa C++ di jaman sekarang ini?

1. C++ bisa dipakai di semua OS

howtogeek.com

Kemudahan pertama ialah bisa dipakai di semua OS. Hal ini karena C++ memiliki fitur yang mampu beroperasi dalam berbagai jenis OS dengan mudah, termasuk juga  dalam interface. Jadi programmer bisa mengerjakan program diberbagai macam perangkat OS tanpa khawatir terjadi kesalahan.

2. Berorientasi objek

neowin.net

C++ adalah bahasa pemrograman berorientasikan objek yang artinya mencangkup bermacam class seperti inheritance, polymorphism, data abstraction dan encapsulation dengan kemungkinan bisa memakai ulang kode yang pernah digunakan. Hal ini juga membantu menyelesaikan permasalahan dengan memakai data sebagai objeknya.

3. Multi paradigma

codespaces.com

Multi paradigma mengacu pada gaya pemrograman. Gampangnya multi paradigma berarti membahas soal logika, struktur dan prosedur pemrograman. Contoh dari multi paradigma bahasa C++ adalah generik, imperatif dan berorientasi objek.

Pemrograman generik merupakan pemrograman yang mengacu pada pemakaian ide tunggal untuk menyediakan berbagai pilihan tujuan. Sedangkan pemrograman imperatif lebih mengacu pada pernyataan yang mengubah status program.

4. Memiliki tingkat manipulasi rendah

nylatechnologysolutions.com

Hadirnya C++ membuat sistem dan kompliter dapat tertanam. Hal ini nggak lepas dari keterkaitan anatra C++ dengan C yang secara prosedural terkait dengan bahasa mesin, sehingga pada level tertentu memungkinkan tingkat manipulasi data yang rendah.

5. Memiliki manajenem memori

popprogramming.com

Kehebatan C++ adalah programmer memiliki kendali penuh atas manajemen memori. Tentu dapat jadi aset serta tanggung jawab mengingat adanya pengelolaan memori daripada dikelola oleh pengempul sampah. Konsep ini sudah terimpletasikan dengan pointer oleh DMA (dynamic memory allocation).

6. Punya support system yang besar

popprogramming.com

Komunitas C++ tersebar di berbagai tempat di seluruh dunia sehingga memudahkan orang untuk belajar. Banyak materi pembelajaran mulai dari gratisan sampai berbayar yang bisa diakses oleh siapa saja. Pantesan aja rame.

7. Sangat kompatibel dengan bahasa C

nylatechnologysolutions.com

C++ terbilang kompatibel dengan bahasa C. Pembuktiannya adalah adanya program bahasa C yang bebas kesalahan maka merupakan program C++ yang valid. Tentu sangat bergantung juga pada kompiler yang digunakan, karena tiap program C++ dapat beroperasi pada file dengan ekstensi .cpp.

8. Memiliki skalabilitas

popprogramming.com

Skalabilitas merupakan kemampuan program untuk level skala. Hal ini membuktikan bahasa C++ memiliki kapasitas beroperasi pada data berskala kecil dan besar. Termasuk juga membentuk aplikasi kaya sumber daya.

9. Cakupan bahasa C++ lebih luas dari bahasa C

popprogramming.com

Bahasa C++ merupakan turunan dari bahasa C yang telah melewati proses penyempurnaan. Salah satu bentuk penyempurnaanya adalah dengan membuat cakupan yang lebih luas dari bahasa C, sehingga C++ mampu mengoperasikan bahasa C, tetapi bahasa C nggak bisa menjalankan C++.

Keuntungan-keuntungan ini yang membuat bahasa C++ masih dipakai di zaman sekarang walau sudah jadul.

Sumber : data-flair.training | bilabil.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”