Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

9 Penemu Teknologi Terkenal Dunia, dan Apa Saja Temuannya?

Penemuan besar selalu diawali dari kegagalan hingga berkali-kali. Bahkan sampai 1000 kali terus dicoba sampai membuahkan hasil. Dan hasil karyanya bisa kita nikmati sampai sekarang ini

Setiap penemuan besar dunia selalu lahir dari penemuan-penemuan kecil yang gagal. Kegagalan bisa disebabkan oleh hal sepele sampai kompleks. Dan nggak jarang, ada yang menyerah di tengah jalan karena ngerasa mentok dan nggak tahu harus berbuat apa.

Berbeda cerita dengan sembilan orang ini, mereka terus gaspol sampai berhasil walau harus uji coba sampai 1000 kali baru berhasil. Tetapi hasil penemuannya dapat dipakai oleh warga sedunia. Dan kita masih bisa menikmati hasil karyanya sampai sekarang.

1. Sir James Dyson

bestdustbuster.net

Namanya nggak bisa lepas dari vacuum cleaner karena ia adalah penemu dari benda tersebut. Berkat beliau, orang dapat membersihkan debu dengan lebih cepat dan nyaman.

Untuk mendapatkan keberhasilan tersebut, Sir James Dyson harus menghadapi gesekan dari orang yang nggak setuju dengan gagasannya. Desain awal vaccum cleaner buatannya adalah membuat gelombang dengan tingkat kevakuman tanpa memerlukan tas. Sampai ia membuat desain vaccum cleaner ke 5.126 untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Walt Disney

forbes.com

Walt Disney merupakan sosok dibalik Disney yang mendunia lewat karya-karyanya. Selain berhasil dalam perfilman, ia juga memiliki kontribusi dalam teknologi. Tetapi keberhasilannya membutuhkan perjalanan cukup panjang.

Walt Disney pernah dipecat dari media surat kabar karena dianggap kurang kreatif dan imajinatif. Disney pernah ingin membeli studio animasi tetapi nggak jadi karena studionya bangkrut. Sehingga ia mulai berkarya dari garasi rumah.

Namun dari garasi rumah, ia berhasil membuat Mickey Mouse dan melambungkan namanya sebagai animator.

3. Henry Ford

newageleadership.com

Sebelum membuat mobil sendiir, Henry Ford adalah seorang engineer di Edison Illuminating Company pada usia 28 tahun. Di tahun kedua bekerja, ia sudah melesat naik jabatan menjadi chief engineer.

Dengan berbekal pengalaman di perusahaan, ia mencoba untuk membuat mobil rancangannya sendiri dengan membuat perusahaan bernama Detroit Automobile Company. Sayangnya perusahaan tersebut bangkrut setahun kemudian.

Henry Ford mencoba untuk bangkit kembali dengan mendirikan perusahan otomotif bernama Ford Motor Company. Dan perusahan ini masih bertahan sampai sekarang.

4. Robert Goddard

airspacemag.com

Sebelum menemukan roket berbahan bakar cair, ia dibully oleh komunitas ilmiah karea idenya yang kurang realistis. Namun penemuannya justru mengubah tren dari bahan bakar roket. Sampai sekarang sudah banyak perjalanan manusia ke luar angkasa berkat ide dari reket berbahan bakar cair.

5. Alexander Graham Bell

telegraph.co.uk

Berkat bantuan dari Alexander Graham Bell, kita dapat berkominikasi dari kejauhan dengan menggunakan telepon. Ia sendiri harus berjuang ekstra keras agar penemuannya dapat diakui dan diaplikasikan di seluruh dunia.

Selama satu dekade, ia memperjuangkan karyanya agar mendapakan hak paten. Perjuangannya meliputi menghadapi birokrasi yang berbelit-belit sampai aturan hukum, sampai pada akhirnya ia memperoleh buah dari kerja kerasnya.

6. Albert Einsten

time.com

Dunia sudah mengetahui kecerdasan seorang Albert Einsten dengan bermacam teori yang ia utarakan. Namun ia memiliki perjuangannya sendiri sebelum namanya besar hingga sekarang ini.

Albert Einsten memiliki masalah dalam bidang akademik sejak usia muda. Salah satu buktinya adalah ia gagal lolos ujian tes masuk perguruan tinggi di Swiss Federal Polytechnic.

Sebelum membuat teori relativitas, Eisnten berkerja sebagai penjual asuransi dan menjadi asisten di lembaga hak paten.

7. William dan Orville Wright

historyonthenet.com

Wright bersaudara mempunyai tujuan sederhana yaitu membuat alat yang dapat terbang selama waktu tertentu. Untuk dapat mewujudkan tujuan sederhananya dibutuh waktu cukup lama.

Berbagai macam purwarupa telah dicoba namun belum membuahkan hasil. Sampai akhirnya pada tahun 1903, mereka berhasil membuat pesawat yang dapat terbang melayang selama 10 detik. Dari sinilah cikal bakal pesawat terbang muncul.

8. Thomas Alfa Edison

science.howstuffworks.com

Senasib dengan Einsten, Thomas Alfa Edison juga bermasalah dengan kemampuan akademik. Ia dianggap bodoh waktu usia muda sampai-sampai harus kerja keras untuk mempertahankan pekerjaannya dari ancaman pemecatan.

Edison menjadi fenomenal ketika ia berhasil membuat lampu melalui 1000 kali percobaan. Jika nggak ada lampu bisa-bisa jalanan jadi gelap karena nggak ada sumber cahaya ketika malam hari.

9. Steve Jobs

cnbc.com

Steve Jobs memiliki kisah yang membuatnya terpuruk selama mendirikan peurusahaan Apple. Dahulu ia pernah berselisih dengan dewan direksi yang membuat ia dipecat dari Apple. Selama keluar dari Apple, ia berbelok ke Pixar, perusahaan animasi yang ia akuisisi. Pada masa tersebut merupakan periode kreatifnya.

Pada tahun 1997, ia kembali ke Apple dengan menyumbang ide-ide brilian seperti iPod, Macbook, iPad dan iPhone. Dan sering berjalannya waktu nama Steve Jobs mulai naik lagi ke khalayak dunia.

Dari semua kisah mereka ada satu persamaan yaitu terus tancap gas sampai membuahkan hasil.

Sumber : interestingengineering.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”