Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Anak Teknik Mesti Tahu Soal Ini, Kenapa Piringan Rem Cakram Punya Banyak Lubang?

Lubang pada rem cakram bukan semata-mata pajangan apalagi tempat kunci. Ada fakta yang tersembunyi dibalik lubang rem cakram

Rem cakram memiliki fungsi untuk memperlambat laju motor. Selain untuk mengeluarkan panas, rem ini mampu mengatasi gejala rem blong. Rem cakram ini dianggap lebih baik daripada rem tromol.

Ciri-ciri dari rem cakram adalah memiliki bentuk menyerupai cakram dengan lubang-lubang di sekitar area cakram. Terkadang banyak orang berpikir lubang di rem cakram untuk tempat gembok kunci. Padahal fungsinya bukan buat itu. Kalau cuma buat tempat gembok, kasihan sama design engineer, udah bikin capek-capek kok cuma jadi pajangan doang.

Pada prinsipnya, diameter piringan dan lebar kampas mempengaruhi performa rem menjadi pakem. Tetapi diameter piringan dan lebar kampas nggak bisa dibuat sembarangan. Rancangan tersebut harus menyesuaikan dengan kapasitas meisn motor yang mau dibuat.

Untuk kamu yang belum tahu kenapa rem cakram ada lubang-lubangnya, disini ada penjelasannya.

1. Lubang pada rem cakram berfungsi untuk mengurangi panas akibat gesekan

autoevolution.com

Lubang-lubang yang ada di rem cakram berfungsi untuk mengurangi dan mengeluarkan panas karena gaya gesek yang terbentuk ketika kita ngerem. Setiap kita mengesekan benda dengan gaya yang besar maka timbul gesekan, gesekan tersebut mengeluarkan panas. Piringan rem tersebut bersentuhan langsung dengan kampas rem.

Selain sarana mengurangi panas, setiap motor memiliki jenis lubang yang berbeda-beda. Bahkan jumlahnya nggak sama persis, tergantung desain dari pabrik itu sendiri. Alasannya adalah untuk menyeimbangkan besar tenaga mesin yang dihasilkan sehingga mempengaruhi kapasitas daya remnya.

2. Lubang rem cakram bisa juga untuk menghalau kotoran

autoevolution.com

Gesekan yang terjadi antara piringan cakram dengan kampas rem dapat meninggalkan kotoran dan debu yang menempel. Kotoran dan debu tersebut sangat halus akan terbuang dari sela-sela lubang di piringan cakram. Perlu diketahui, kotoran dan debu tersebut berasal dari partikel logam halus.

Kotoran dan debu halus tadi perlu dibersihkan, jika sampai nempel di piringan cakram mengakibatkan kotoran dapat mengendap dan mengurangi performa pengeraman serta menimbulkan suara bising.

3. Bobot rem cakram menjadi lebih ringan

freepik.com

Adanya lubang pada piringan cakram membuat bobot menjadi lebih ringan. Secara visual saja bisa terlihat kok. Tetapi pengurangan bobot piringan juga nggak membuat berat motor jadi meningkat.

Jadi begitulah alasan dibalik piringan rem cakram yang banyak lubangnya. Tentu ada pendekatan teknisnya, bukan cuma alasan untuk mempercantik motor atau sebagai tempat gembok kunci.

Sumber : idntimes.com | otomotif.kompas.com | otomotifnet.gridoto.com | kurio.id

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”