Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Bagaimana Cara Meningkat Torsi Motor Stepper Tanpa Mengubah Ukuran Frame?

Motor stepper bisa ditingkatkan torsi dengan cara menambah panjang motor itu sendiri. Menunpuk rotor dan stator sehingga terlihat lebih panjang dari sebelumnya

Motor stepper adalah komponen favorit untuk aplikasi kontrol gerak karena pengoperasiannya sederhana, penentuan posisi yang bagus dan murah. Pada pengoperasiannya dengan sistem open loop, motor stepper bagus pada penggunaan kecepatan rendah, gerak repetitif dan beban terdefinisi dengan baik.

Motor stepper menyediakan kontrol sisi akurat tanpa ada feedback (umpan balik), umumnya. Biasanya poros motor step membuat gerakan sudut diskrit yang besarnya, pada dasarnya sama ketika diberikan catu daya DC.

Satu pulsa digital menyebabkan satu peninkatan gerakan sudut untuk motor step. Adanya peningkatan pulsa digital, motor step dapat berputar. Pada pulsa tertentu, motor dapat bergerak ke posisi yang tepat.

1. Motor stepper dikelompokan berdasarkan ukuran frame

learn.adafruit.com

National Electric Manufacturers Association (NEMA) menetapkan standar ukuran frame untuk pilihan di antara berbagai ukuran motor yang lebih mudah. Motor stepper dikelompokan berdasarkan ukuran frame, contohnya adalah ukuran "11" dan "23". Nomor pada frame menunjukan ukuran dari motor stepper. Untuk ukuran "11", maka dimensi motor tersebut adalah 1.1 x 1.1 inci. Sedangkan ukuran "23" berarti 2.3 x 2.3 inci.

Pengaturan standar dari NEMA memungkinkan pemakai berpindah dari produsen motor stepper tanpa harus mengubah braket pemasangan, kopling dan pemasangan komponen lainnya. Tetepi realitanya, beda produsen memiliki beda karakteristik walau ada dua motor dengan ukuran yang sama.

Panjang poros dan keberadaan flat untuk digunakan dengan variasi set sekrup di antara vendor. NEMA sendiri nggak menentukan karakteristik kelistrikan semacam jumlah kabel timah atua impedansi . Semua kembali ke pada kebijakan perusahaan.

2. Ukuran frame yang ideal adalah 8, 11 dan 14

machinedesign.com

Frame dengan ukuran 8, 11 dan 14 sangat cocok untuk perangkat-perangkat premium seperti perangkat medis, peralatan otomatisasi laboratorium, printer, ATM, peralatan pengawasan, dan elektronik konsumen. Ukuran motor stepper yang lebih besar biasanya digunakan pada mesin-mesin industri.

Motor stepper berukuran besar menghasilkan torsi yang besar daripada motor berukuran kecil. Walau pada kenyataannya torsi besar nggak selalu bagus untuk mesin pada ruangan tertentu. Namun jika batas primer adalah diameter motor , torsi bisa ditingkatkan dengan cara menambah panjang motor.

3. Perpanjang motor dapat meningkatkan torsi

learn.adafruit.com

Untuk membuat motor stepper dengan torsi tinggi bisa dengan cara menumpuk rotor dan stator sehingga panjang motor bertambah. Perbedaan panjang tumpukan motor stepper membuat orang memiliki kebebasan untuk memilih komponen. Terkadang  motor berukuran panjang, dan di sisi lain motor lebih pendek dengan frame yang lebih besar.

Motor stepper ultra high merupakan solusi lain dari meningkatkan torsi pada ukuran frame tertentu. Cara ini meningkatkan torsi sebesar 25 hingga 45% pada motor stepper yang identik dengan motor konvensional. Dengan kata lain, motor stepper jenis ini menghasilkan torsi besar yang cukup tanpa harus mengatur ukuran frame.

Adanya peningkatan desain magnet memungkinkna motor stepper menghasilkan torsi lebih besar berdasarkan variasi permeabilitas magnetik yang terjadi pada gigi rotor dan stator, Jarang terjadi penambahan magnet antar gigi untuk meningkatkan variasi permeabilitas magnetik.

4. Dengan torsi yang sama, motor konvensional harus lebih panjang dari motor stepper

lastminuteengineers.com

Sebagai contoh, motor stepper konvensional berukuran 34 dapat menahan torsi sebesar 5,9 N-m. Sedangkan torsi ultra-tinggi dari motor yang sama mampu menghasilkan torsi sebesar 9 N-m. Sebagai perbandingan, motor konvensional untuk mencapai peringkat torsi yang sama membutuhkan 31% motor lebih panjang.

Walau torsi dan kecepatan motor adalah faktor yang penting dalam memilih motor stepper, jangan abaikan juga ukuran, panjang dan jenis frame motor. Motor terlalu besar lebih menguntungkan tetapi mudah panas. Sedangkan motor terlalu kecil nggak menghasilkan torsi untuk keandalan kontrol gerak.

Perhatikan juga panjang tumpukan dan desain motor stepper untuk meningkatkan torsi pada saat berpindah ke frame lebih besar itu nggak layak. Dan begitulah cara meningkatkan torsi motor stepper tanpa memperbesar ukuran frame.

Sumber : machinedesign.com | engineeringjobs4u.co.uk

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”