Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Bapak Internet Telah Meninggal Dunia, Berikut 5 Fakta Tentang Lawrence Roberts

Orang ini menjadi sosok dibalik terciptanya internet. Nggak ada beliau kamu nggak bisa nyontek ketika UAS close book

Pada penghujung 2018, dunia dikagetkan dengan meninggalnya Lawrence Robert pada tanggal 26 Desember silam pada usia ke 81. Ia merupakan sosok dibalik tercitpanya internet. Ia merupakan insinyur komputer asal Amerika Serikat. Untuk mengenang sosok beliau, berikut fakta-fakta tentang Lawrence Robert.

1.Lawrence Roberts merupakan lulusan MIT

Lawrence Robert, atau biasa disebut Larry Robert merupakan lulusan dari Massachusetts Institute of Technology. Ia mengambil program studi teknik elektro. Gelar sarjana (1959) , master (1960) dan doktor (1963) ia selesaikan di satu tempat. Setelah selesai studi doktor, ia bekerja di Laboratorium Lincoln MIT di Lexington, Massachusetts, tempat ia belajar jaringan komunikasi.

2. Lawrence Roberts mulai kerja di ARPA pada tahun 1965

Pada bulan Februari tahun 1965, Larry Robert mendapat kontrak kerja dari Badan Proyek Penelitian Lanjutan (ARPA), yang sekarang berganti nama menjadi Badan Proyek Penelitian Lanjutan Pertahanan (DARPA), untuk mengembangkan jaringan komputer ekeperimental.

Pada bulan Oktober tahun yang sama, Larry Robert berhasil menghubungkan komputer di Laboratorium Lincoln ke komputer mainframe di  System Development Corporation di Santa Monica, California.

3.Lawrence Roberts mulai menerapkan konsep jaringan komputer ketika membaca makalah tentang "jaringan komputer intergalaksi"

Lawrence Roberts terinspirasi membuat jaringan computer to computer ketika membaca makalah J.C.R. Licklider tentang intergalactic computer network. Ia ditunjuk Robert Taylor, kepala kantor teknik pemrosesan informasi APRA sebagai perancang proyek. Sampai Roberts bertemu Wesley Clark dan menyarankan untuk menggunakan komputer kecil untuk menangani jaringan,

Singkat cerita, ia berhasil mengimplementasikan ARPAnet, dan merangkul peralihan paket data yang revolusioner untuk mengatasi traffic.

4. Setelah keluar dari ARPA, Lawrence membentuk sistem jaringan Internet Protocol (IP)

Setelah meninggalkan ARPA pada tahun 1973, Lawrence Roberts tidak berhenti berinovasi. Ia membantu perusahannya, Telenet untuk mengkomersilkan teknologi packet switching. Pada tahun 1983, ia menjadi ketua dan kepala eksekutif NetExpress. NetExpress merupakan perusahaan yang memproduksi perangkat jaringan dengan protokol asynchronous transfer mode (ATM)

Protokol ATM mulai berubah ketika pada tahun 1993 sistem ATM diganti oleh Internet Protocol (IP). Sistem ATM mulai ia tinggalkan pada tahun 1998.

5. Selain Internet Protocol (IP), Lawrence Roberts mengembangkan router IP

Tahun 1999, Lawrence Roberts mendirikan Caspian Networks, yang mana ia mengembangkan router agar bisa menerima segala jenis pesan untuk memprioritaskan. Namun pada tahun 2004, ia keluar dari Caspian Networks dan mendirikan Anagran Inc., dimana ia juga mengembangkan router IP.

Karena kontribusinya ia mendapat Charles Stark Draper Prize dari National Academy of Engineering pada tahun 2001.

Begitulah fakta yang bisa disimpulkan tentang Lawrence Roberts, sang bapak internet. Jika tidak ada jasa beliau maka kita nggak bisa stalking IG mantan.

sumber : engadget.com | britannica.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”