Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Bersyukur Karena Nggak Harus Ngulang Matkul, 10 Permasalahan yang Cuma Dialami Oleh Mahasiswa Teknik Manapun

Mahasiswa teknik adalah mahasiswa yang setiap semesternya selalu mengucapkan syukur. Bersyukur ketika nggak harus ngulang matkul di semester depan.

Memutuskan kuliah di fakultas teknik adalah pilihan kebanyakan orang, tak terkecuali di Indonesia. Karier yang stabil adalah salah satu alasan mengapa jurusan ini banyak peminatnya.

Sebagai jurusan tersulit di dunia, para mahasiswa teknik pastinya berhadapan dengan permasalahan dan dinamika kuliah. Tetapi dinamika inilah yang menjadi ciri khas mahasiswa teknik dimanapun mereka berada.

1. Setiap saat selalu ditanya kenapa ambil jurusan teknik?

gettingsmart.com

Semua maba pasti dapat pertanyaan ini dari dosen pada awal perkuliahan. Pertanyaan sederhana ini belum tentu bisa dijawab dengan lancar. Tujuannya adalah biar maba disadarkan realita sesunguhnya perkuliahan teknik seperti apa dan harus bagaimana.

2. Capek-capek ngitung tapi tetep nggak ketemu hasil akhirnya

fool.com

Perkuliahan teknik didominasi oleh permasalahan matematis. Bahkan beberapa permasalahan membutuhkan lebih dari satu persamaan untuk penyelesaian. Yang bikin ngenes adalah ketika sudah ngitung panjang lebar tapi tetap nggak ketemu hasilnya, walau pakai kalkulator sekalipun.

3. Mau ngajak main? Sorry, kami harus begadang untuk garap tugas

inc.com

Terlepas dari cara mengatur waktu, mahasiswa teknik nggak bisa lepas dari begadang. Baik ngerjain laporan, tugas, gambar A1 dan sebagainya yang berhubungan dengan perkuliahan.

4. Target nilai matkul = yang penting nggak ngulang semester depan

businessinsider.com

Mayoritas mahasiswa teknik nggak terlalu mengejar ambisi untuk mendapat nilai tinggi. Bagi mereka selama nggak ngulang semester depan sudah lebih dari cukup. Dibilang kenapa, ya karena kuliah teknik memang sulit. Tetapi bukan berarti mahasiswanya nggak belajar sama sekali.

5. Ekspetasi berbanding terbalik dengan realita

blog.creativesafetysupply.com

Banyak mahasiswa terjebak dalam ekspetasi mereka sendiri ketika mengambil kuliah teknik. Hal ini dipengaruhi oleh budaya populer yang masuk ke dalam imajinasi mereka. Faktanya adalah tidak semua yang ada di film bisa diterapkan di dunia nyata.

Untuk bisa menerapkan itu, setiap mahasiswa harus mempelajari dasar-dasar teoritis dahulu. Dan mereka harus bisa mengaplikasikan pada hal-hal sederhana dahulu sebelum lari ke benda-benda milik Tony Stark.

6. Belum selesai nyatet materi, langsung dihapus sama dosen

polyvision.com

Masalah yang sering dialami waktu dikelas adalah catatan belum kelar dan dosen main hapus begitu aja. Apalagi kalau nyatat persamaan matematika, bisa lebih lama lagi. Solusinya adalah harus belajar stenografi, cara menulis cepat dan ringkas.

Selain itu, cari tahu inti dari materi yang dipaparkan untuk memudahkan mencatat. Kalau tetap nggak paham, langsung aja foto. Kan gampang.

7. Mulai ragu ditengah-tengah perkuliahan

in.news.yahoo.com

Keraguan mulai muncul ketika masuk di fase-fase tengah menuju akhir akibat sulitnya mengikuti perkuliahan teknik. Banyak mahasiswa yang ngalamin gejala serupa. Tetapi itu bukan berarti akhir dunia.

Supaya nggak berlarut-larut, ajak diskusi temanmu soal perkulaihan, Kalau temanmu sama-sama bingung, nggak ada salahnya nanya ke dosen. Kan pada akhirnya kamu juga yang ngerasain manfaatnya.

8. Ditinggal lulus sama teman satu tongkrongan/ kelas

society19.com

Walau kamu dan temanmu masuknya bareng bukan berarti kalian otomatis juga lulus bareng. Ada berbagai faktor yang menyebabkan mahasiswa bisa telat lulus. Apapun alasannya, sebisa mungkin tetap selesaikan kuliah teknikmu. Telat satu dua semester masih bisa, kalau lebih dari itu maka ada permasalahan yang harus segera diselesaikan.

9. Mulai masuk pada saat-saat merasa pengen menyerah

bgr.com

Menurut penelitian dari Harvard, kuliah teknik merupakan perkulaihan tersulit di dunia. Akan ada masanya dimana mahasiswa ingin menyerah dari teknik. Tetapi banyak juga yang mengurungkan niatnya untuk nyerah karena teringat kembali alasan mereka memilih teknik.

Jika ada di kondisi seperti itu, santai aja dulu tetapi jangan sampai berhenti. Gali lagi potensimu yang lain. Dan temukan motivasi baru untuk mendapatkan gelar Sarjana Teknik.

10. Ada kebanggaan tersendiri ketika bisa lulus kuliah

tangerine.ca

Mau kamu kuliah di kampus manapun, ketika bisa lulus maka ada kebanggan tersendiri. Khususnya kamu para calon penyandang Sarjana Teknik.

Dari 10 masalah ini, mana yang sedang kamu alami saat ini?

Sumber : gineersnow.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”