Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Brace Yourself, Berikut 6 Tahap Registrasi UTBK SBMPTN 2020 yang Harus Kamu Lalui

Yok yang mau ikut SBMPTN tahun ini harus melalui UTBK dahulu. Bagi yang belum tahu caranya registrasi, langsung aja ikuti cara-caranya yang telah tertera.

Bagi yang belum lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau belum sempat daftar, jangan khawatir karena masih ada SBMPTN yang pendaftarannya telah dibuka mulai bulan Februari 2020.

Mekanismenya masih seperti sebelumnya yaitu dengan single sign on (SSO) dengan membuka portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Setelah mendaftar, kamu harus mengikuti tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan jadwal yang telah ditentukan.

Berikut urutan jadwal UTBK tahun 2020

  • 7 Februari - 5 April 2020 : Pendaftaran LTMPT
  • 30 Maret - 11 April 2020 : Pendaftaran UTBK
  • 20 - 26 April 2020 : Pelaksanaan UTBK (Total ada 14 sesi, sehingga dalam satu hari terdapat dua sesi)
  • 12 Mei 2020 : Pengumuman UTBK

Untuk SBMPTN, pendaftaran baru dibuka pada tanggal 2 sampai 13 Juni 2020. Dan pengumuman bisa dilihat pada tanggal 30 Juni 2020.

Perihal UTBK dan SBMPTN adalah dua hal yang nggak dapat terpisahkan, maka ada 5 tahap yang harus diperhatikan agar bisa daftar SBMPTN dan menjadi mahasiswa PTN kelak.

1. Membuat akun LTMPT

housing.com

Semua peserta wajib memiliki akun LTMPT untuk mengikuti seleksi perguruan tinggi negeri. Baik itu SBMPTN dan SNMPTN, keduanya membutuhkan akun LTMPT untuk pendataan. Kalau nggak registrasi maka nggak bisa ikutan tes.

Jika sudah punya akun LTMPT, tinggal masuk dan lakukan tahap selanjutnya.

2. Verifikasi

kompasiana.com

Setelah membuat akun dan login, tahapan selanjutnya adalah verifikasi data calon peserta. Isilah data-data yang diperlukan, pas foto dan mulai verifikasi data.

3. Pendaftaran UTBK dan pembayaran

arabnews.com

Agar bisa mengikuti UTBK, calon peserta harus mengisi lokasi Pusat UTBK PTN, jenis ujian dan sesi/ jadwal ujian agar bisa memdapatkan slip pembayaran melalui bank yang tersedia. Batas pembayaran adalah 1 x 24 jam, jadi kamu harus segera membayar setelah melakukan pendaftaran.

Berdasarkan LTMPT, ada dua jenis biaya yang bisa kamu pilih yaitu kelompok Sainstek dan Soshum sebesar Rp. 200.000 dan kelompok Campuran sebesar Rp. 300.000. Tinggal pilih aja.

4. Cetak kartu ujian

e-sbmptn.com

Setelah mendapatkan bukti pembayaran dari transaksi, berikutnya adalah mencetak kartu UTBK lewat "Pendaftaran UTBK" dari Portal LTMPT. Disarankan utnuk mencetak kartu berwarna. Dan bawa kartu tersebut pada selama ujian berlangsung.

5. Siapkan kelengkapan dokumen ketika ujian

sandrosantilliautonoleggio.com

Berdasarkan situs resmi LTMPT, setiap peserta harus harus membawa kelengkapan dokumen sebagai berikut.

1. Untuk lulusan SMA sederajat dari tahun 2018, 2019 harap membawa ijazah

2. Untuk lulusan SMA sederajat tahun 2020 harap membawa Surat Keterangan Identitas Pelajar dari sekolah asal, dengan memuat identitas diri dan foto berwarna terbaru yang telah ditandatangani oleh kepala sekolah serta cap stempel yang sah.

6. Jangan sampai datang terlambat

pexels.com/@fecundap6

Terakhir yang terpenting adalah kamu harus datang sesuai jadwal yang telah disepakati. Karena percuma susah-susah daftar, nyiapin kebutuhan ujian tetapi nggak datang ke lokasi ujian. Jika kamu nggak tahu lokasi ujian ada baiknya cari tahu dahulu sehari sebelumnya.

Nantinya hasil nilai UTBK akan disetor PTN untuk mengetahui apakah kamu layak menjadi mahasiswa di PTN incaranmu kelak. Selamat berjuang.

Sumber : edukasi.kompas.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”