Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Bukan di Pegunungan, Daerah dengan Udara Terbersih Di Bumi Ada di Antartika

Peneliti dari Colorado State University menemukan bahwa udara terbersih di bumi berada di Samudra Antartika. Indikasi ini menunjukan jika daerah tersbeut bebas aktivitas aerosol dari manusia

Tim peneliti dari Colorado State University (CSU) menemukan fakta bahwa ada daerah dengan udara terbersih di bumi. Penelitian ini telah dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS)

Daerah yang dimaksud adalah dimana aktivitas manusia sangat sedikit. Temuan ini menunjukan bahwa daerah tersebut bebas dari aerosol seperti pembakaran bahan bakar fosil, pembuangan limbah dan sejenisnya. Daerah tersebut berada di atas Samudra Antartika.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah mengapa bisa samudra antartika merupakan daerah dengan udara terbersih di dunia.

1. Peneliti menggunakan bakteri untuk melakukan pengujian

expertvagabond.com

Tim peneliti dari Colorado State University yang dipimpin oleh Professor Sonia Kreidenweis menggunakan bakteri di udara untuk mengetahui karakteristik lapisan terbawah dari atmosfer. Pengujian ini dilakukan karena dugaan bahwa Samudra Antartika merupakan tepat dengan udara terbersih di dunia.

Thomas Hill, yang merupakan anggota dari tim peneliti mengutarakna jika aerosol yang mengendalikan karakteristik dari awan di daerah selatan sangat berkaitan dengan proses biologis laut, sedangkan Antartika merupakan daerah yang terisolir dari penyebaran mikroorganisme di daerah selatan benua dan proses pengendapan nutrisi.

2. Aerosol yang dihasilkan manusia nggak bergerak ke arah selatan

nationalgeographic.com

Hasil penelitian dari Colorado State University menunjukan jika aerosol yang dibuat oleh manusia nggak bergerak ke arah selatan melalui udara, khususnya ke wilayah Antartika. Hal ini menunjukan bahwa udara di Samudra Antartika merupakan daerah dengan udara terbersih di bumi.

Untuk pembuktian secara de facto, tim peneliti mencoba merasakan langusung udara di area Samudra Antartika pada saat melakukan perjalanan dari Tazmania, Australia. Kemudian tim melakukan analisa mikroba di udara, yang bisanya tersebar angin ribuan kilometer.

Dari hasil studi mereka, menyatakan jika udara tersebut dapat dikatakan "benar-benar murni"

Jadi jika selama ini kita berpikir bahwa udara terbersih itu adalah udara di pagi hari atau daerah hijau. Jawabanmu kurang tetap, masih ada yang lebih bersih lagi yaitu di daerah Antartika dan sekitarnya/

Sumber : cnbcindonesia.com | interestingengineering.com | kompas.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”